Spesifikasi Drone LSRC XD1

 Kalau bicara soal drone replika, mungkin kita akan menemukan banyak sekali drone yang desain nya me replika drone DJI Mavic Pro generasi pertama. Tidak bisa dipungkiri karena pada waktu rilisnya, DJI Mavic Pro menjadi primadona bagi banyak pilot, sehingga wajar saja kalau produsen mainan drone juga tidak mau kehilangan momentum karena kepopulerannya. Sehingga mungkin bisa dibilang hingga admin menulis artikel ini, DJI menjadi patokan desain drone – drone mainan. Dimana ada DJI seri baru, bentuk baru, desain baru, pasti kedepannya ada drone mainan yang bentuknya mirip dan begitu pula dengan gimmick – gimmick pemasarannya supaya mereka mendapatkan penjualan yang tinggi tentunya. Itulah mengapa sebagai konsumen kita ada baiknya selalu selektif dalam membeli drone sesuai kebutuhan yang sesungguhnya.

Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Dan di kesempatan kali ini, admin omahdrones akan membahas sebuah drone yang bentuknya meniru bentuk dari DJI Inspire. Kalau dilihat pada gambar diatas, mungkin anda berfikir kalau drone ini ukurannya besar, padahal drone ini termasuk dalam kategori mini drone, ukurannya kecil hanya 12 x 12 cm saja. Sehingga mulai sekarang jangan terlalu berekspektasi pada drone yang satu ini.


Si kecil ini dari brand yang lumayan terkenal, yakni LSRC, dengan nama pasar LSRC XD1. Drone ini memiliki bobot yang ringan juga, meski terlihat lengannya seperti terbuat dari besi yang berat, namun lengan ini terbuat dari alumunium, jadi tergolong ringan walau dalam peforma terbangnya jadi lebih terbatas juga seperti ketika anda lakukan flip, drone akan terasa “keberatan” jadi ketika flip dia akan turun terlalu curam, lalu dia akan naik lagi dengan tenaga yang lebih untuk kembali ke ketinggian sebelumnya. Drone ini juga di iklankan dengan banyak fitur, tapi admin omahdrones ingatkan jangan terlalu mudah terkecoh, bisa dilihat dibawah ini untuk daftar fiturnya,


Features:

- The drone is mini in size, small in size, and easy to carry.

- Equipped with altitude maintaining mode function, optical flow fixed point positioning function, stable flight.

- In headless mode, there is no need to adjust the position of the aircraft before flying.

- Alloy structure, pressure resistance and drop resistance, with a novel appearance.

- The built-in 4K pixel high-definition camera allows you to capture stunning scenery while flying

- Equipped with WiFi function, it can connect to applications and APK systems, and can take photos, videos, and real-time transmission through mobile apps.

- Draw a flight path on the screen, and the drone will fly autonomously along the designated path.

- 2.4GHz anti-interference technology, allowing multiple people to use it simultaneously without interference.

- Four channels, capable of ascending, descending, forward, backward, left flight, right flight, and 360 ° rolling.

- Six axis gyroscope for smoother flight and more convenient control.


Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi teknisnya bisa anda simak dibawah ini:

Brand Name: LSRC

Item NO: XD1

Material: Plastic, Metal, Electronic Components

Color: Black

Gyro: 6-axis

Frequency: 2.4G

Channel: 4CH

Motor: 716 Coreless Brushed Motor

Quadcopter Battery: 3.7V 600mAH LiPo Battery (Included)

Flying Time: 8-12 minutes (no interference)

Charging Time: 90 minutes

Remote Control Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)

Transmitter Battery: 3 x AAA Battery (NOT Included)

Remote Control Distance: About 100m (no interference)

FPV: 2.4G WiFi

Image Transmission Distance: 30m (no interference)

Camera: 480P Dual Camera

Mobile Device System Version: IOS 8.0 and above, android4.0 and above

Quadcopter Size: 120 x 120 x 70mm

Quadcopter Weight: 60g

Package Size: 19 x 19.5 x 9.5cm

Package Weight: 376g


Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Sebagai mini drone, LSRC XD1 memiliki baterai yang juga mini, dengan desain khusus untuk mempermudah lepas pasang ke drone, baterai ini masih 1 cell, 3.7Volt jenis Li-Po dan kapasitasnya sebesar 600mAh saja. Dengan satu baterai ini anda bisa menerbangkan LSRC XD1 selama 8 – 12 menit kalau mengacu pada tabel spesifikasi. Dalam praktiknya, tentu lama terbang akan dipengaruhi oleh cara terbang anda. Dan mengingat LSRC XD1 adalah mini drone, sangat disarankan untuk menerbangkannya di dalam ruangan supaya tidak mudah terbawa angin, karena meski sudah memiliki sensor optical flow, motor pada drone ini juga tergolong lemah jadi akan tetap mudah terbawa angin. Dan untuk pengisian ulang baterai, dalam tiap pembelian anda akan mendapat sebuah kabel USB to microUSB, anda bisa gunakan kepala charger dibawah 1 ampere karena baterainya juga kecil, bahkan anda juga bisa charge melalui port USB pada komputer atau laptop yang biasanya memiliki arus 500mA.


Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Di bagian remotenya, bisa dilihat dari gambar diatas, bentuknya mungkin bisa dibilang memang desain untuk drone “mainan” dengan fungsi dasar seperti layaknya remote drone altitude hold pada umumnya. Remote ini menggunakan 3 buah baterai ukuran AAA, untuk lebih go green, anda bisa gunakan baterai rechargeable jadi ketika baterai habis, anda tinggal perlu lakukan pengisian ulang. Sedangkan untuk jaraknya, tentu tidak jauh, apalagi ini mini drone yang bagusnya diterbangkan didalam ruangan. Kalau menurut tabel spesifikasinya, anda bisa menerbangkan LSRC XD1 dalam radius 100 meter tanpa interferensi dengan remote ini.

Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Untuk kamera, lagi – lagi tentu saja mereka menaruh gimmick di iklannya, namun kalau dilihat pada tabel spesifikasi, terlihat mereka menulis 480p dual camera, disini mungkin mereka jujur karena sensor kamera drone kelas mainan memang bagusnya merekam di resolusi 480p hingga 720p saja. Tetapi itupun masih belum sepenuhnya dimiliki oleh LSRC XD1, nampaknya dia hanya dilengkapi sensor kamera 0.3MP saja, jadi hasil gambar dan videonya benar – benar apa adanya. Dan juga disini belum ada slot untuk microSD jadi semua gambar dan video yang anda ambil, akan langsung tersimpan pada smartphone anda melalui koneksi Wi-Fi FPV yang masih menggunakan frekuensi 2.4GHz.


Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


Dalam pembelian LSRC XD1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x XD1 RC Quadcopter

1 x Remote Controller

1 x 3.7V Battery

1 x USB Charging Cable

4 x Spare Blade

1 x Screwdriver

1 x User Manual

1 x Storage Bag



Spesifikasi Drone LSRC XD1 - OmahDrones


kesimpulan admin untuk drone LSRC XD1, dari desainnya memang cukup keren, namun dengan spesifikasi yang sangat dasar, drone ini mungkin bisa cocok untuk anda yang sekedar ingin mainan terbang sehingga fokusnya hanya di terbang kesana kemari didalam ruangan, atau ketika cuaca mendukung tidak ada angin, anda bisa terbangkan di luar kalau memiliki halaman yang agak luas.