Spesifikasi Drone XT105 - Brushless Pemula

 Baru pembukaan postingan kali ini, admin omahdrones langsung mau nyinggung soal gimmick yang di awal tahun 2024 ini makin menjadi – jadi di dunia RC Drone yang umumnya didominasi oleh bentuk Quad-Copter dengan desain foldable. Gimmick yang ingin admin singgung disini adalah gimmick di bagian spesifikasi dan deskripsi di iklan yang bisa admin bilang itu tidak benar tapi juga tidak salah. Seperti resolusi kamera yang memang benar 4K tapi kemampuan sebenarnya mentok kelihatan bagus di resolusi 720p karena masih pakai sensor yang ala kadarnya. Lalu ada juga yang iklan dengan EIS tapi tidak ada EIS sama sekali, dan ada pula yang di iklankan memiliki stabilizer mechanical seperti gimbal, pada aslinya hanya sistem servo yang kurang sensitif.

Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Dan pada kesempatan kali ini admin omahdrones juga mau bahas drone ber gimmick seperti kejadian di atas. Dengan tau spesifikasinya, kami harapkan anda jadi tidak mudah terjerumus pada iklan yang hasilnya nanti mungkin bisa membuat anda kecewa setelah membeli barangnya karena tidak sesuai ekspektasi. Kali ini drone yang akan kita bahas memiliki nama XT105, drone ini tidak memiliki Brand yang tertempel jelas jadi ketika anda menemui di marketplace online banyak yang hanya menuliskan “Drone XT105” di judul iklannya.


Kalau hendak melihat fungsi dan fitur yang ditawarkan, anda bisa lihat daftar dibawah ini:

1. The front lens is placed with wide-angle 4K high-definition WIFI, the bottom high-definition lens with optical flow can switch the camera angle,

2. Two axis pan tilt stabilization design with wider shooting angles

3. The height fixing function has the height keeping mode function, and the optical flow positioning and fixed-point function has stable flight.

4. Ultra long endurance 3.7V 1800mAh Li ion battery, which can last about 22 minutes,

5. Customize the route.  You can draw the picture you want to fly on the APP

6. APP mobile phone control, Back with one key, headless mode, ascending and descending, forward and backward, left and right side flight

7. Hand gesture photography, optical flow positioning, brushless motor, ultra long endurance, obstacle avoidance head assembly, which can stop when encountering obstacles without colliding with them

8. Brushless motor provides more powerful power and longer service life

9. The size and weight of the product are light, and the body weight is 159g, which can circumvent the national aviation control (some countries require certification or registration for UAVs over 250g, and 159g can eliminate the challenge of certification and registration)

10. 2.4GHz anti-interference technology, six axis gyroscope, more stable flight, more convenient control.

11. Low battery alarm, the remote control will give an alarm sound when the battery is low

12. The dazzling lights on the body make the drone shine even brighter at night


Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Sebenarnya drone ini sudah cukup bagus disisi mesinnya, karena Drone XT105 sudah menggunakan motor brushless, namun demi menekan budget produksi sehingga drone ini bisa masuk ke dalam kategori drone murah, maka bisa dibilang Drone XT105 ini sadar diri, dan cukup memiliki satu kelebihan saja yaitu di motor brushless nya. Paling tidak disini anda bisa bebas dari rasa takut akan motor yang bisa overheat seperti drone dengan motor brushed yang mudah sekali overheat lalu mati dibagian motornya. Selain itu Drone XT105 tidak lebih dari drone mainan yang sangat standar, tidak ada sistem navigasi, meski dibantu dengan optical flow yang juga terbatas kemampuannya, paling tidak anda bisa terbang rendah dan bersenang – senang dengan Drone XT105.


Untuk terbang indoor, Drone XT105 juga dilengkapi dengan sensor obstacle avoidance di 4 sisi, yakni depan belakang kiri dan kanan, jadi ketika drone berhadapan dengan objek seperti dinding maka drone akan stop dan tidak akan bisa lanjut mendekati dinding. Sensor ini juga masih kelas dasar menggunakan infrared, jadi hanya bisa optimal mendeteksi ketika digunakan didalam ruangan dan mendeteksi objek solid yang besar, seperti dinding.

Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Spesifikasi Drone XT105 dapat anda simak dibawah ini:

Description:

Pressure sensor: Height setting

Positioner: Optical flow positioning

Motor: 1503  brushless motor

Electric regulation: 4000/KV

Image transmission receiving method: 2.4 WIFI

Lens: Self stabilized electronic anti shake lens

Remote control battery: AA* 3 to be purchased separately

Capacity of smart lithium battery: 3.7V 1800mAh

Control distance (Free interference and no occlusion): 100M

Flight time: About 22 mins

Charging time: About 1.5 hours

USB Charging: 5V

Product size: Folding: 14*8*6 CM   Open: 25*24*6 CM

Take-off Weight: 159g

Camera parameters Pixel: 4K/6K D Camera

The camera lens can be adjusted by -45°--90°

Wifi image transmission distance: (Free interference and no occlusion) About 30m

Focal length: 50X

Frame rate 25 fps

Hand gesture shooting/video reconization: 1-5M

8K: Video resolution(Front camera) 1920*1080P

Photo resolution(Front camera) 5780*2890 P



Drone XT105 memiliki baterai desain khusus, dengan tegangan 3.7 Volt dan kapasitasnya sebesar 1800mAh, baterai ini dapat anda gunakan untuk terbang selama 22 menit kalau menurut tabel spesifikasi, durasi terbang dapat berbeda – beda, terlebih ada faktor seperti kondisi angin ditempat anda terbang, serta cara terbang anda. Dan untuk melakukan pengisian ulang, anda bisa dengan mudah menghubungkan baterai ke kepala charger dengan kabel charger bawaan. Untuk kepala chargernya, anda bisa gunakan setidaknya charger 5V 1Ampere. Sebelum melakukan pengisian ulang, admin omahdrones sangat merekomendasikan untuk melakukan coolingdown dulu jadi ketika baterai sudah dingin, baru kita lakukan recharge.


Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Lalu remotenya, masih seperti remote drone mulai era 2020, desain sudah persegi panjang kecil minimalis, ditambah semua tombol fungsi juga diletakkan di satu antar muka. Di bagian tengah remote juga bisa kita lipat ke atas sebagai phone holder. Untuk sumber tenaganya, remote ini membutuhkan 3 buah baterai ukuran AA, jadi admin omahdrones bisa sarankan untuk menggunakan baterai rechargeable sehingga ketika baterai sudah habis, anda bisa tinggal recharge, sehingga anda juga bisa ikut go green karena tidak membuang limbah baterai sekali pakai. Untuk jarak terbangnya, menurut tabel spesifikasi, disitu tertulis anda bisa menerbangkan Drone XT105 sejauh 100meter, disini mereka jujur karena drone mainan umumnya memiliki radius terbang yang kecil, sehingga himbauannya jangan terbang terlalu jauh mengingat Drone XT105 juga mudah terbawa angin kalau anda terbang di luar ruangan.

Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Kamera yang dipasang pada Drone XT105 termasuk unik, untuk kemampuannya sepertinya sensor kamera yang digunakan masih sangat alakadarnya, sekitar 0.5 – 1MP karena mereka tidak menyebutkan spesifikasi kamera lebih detail. Disini juga tidak ada slot untuk microSD jadi semua gambar dan video yang anda ambil akan tersimpan langsung ke smartphone anda. Artinya, anda akan dapat video sesuai apa yang anda lihat di live FPV. Kalau lag ya nanti video hasilnya lag juga, frame dropping, frame skipping atau freezing juga. Jarak FPV juga tidak bisa jauh, karena frekuensi Wi-Fi-FPV dan frekuensi remote nya sama yakni 2.4 Ghz, jadi disini himbauannya tetap, jangan terbang jauh – jauh untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi-FPV yang optimal.


Yang unik disini, dalam fungsi yang mereka iklankan tertulis 2 axis stabilization, seakan memiliki 2 axis gimbal, padahal kenyataannya hanya kamera yang bisa anda gerakan secara remote di bagian Tilt dan Roll nya, bisa dilihat bahwa dalam iklannya pun ada kesalahan karena mereka malah menulis 2 axis pan & tilt, bukan roll & tilt. Dan untuk gimmick – gimmick lainnya seperti 4K video dan seterusnya, bisa kita skip karena kita tau itu gimmick semata.

Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


Dalam pembelian Drone XT105, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x XT105 RC Quadcopter

1 x Remote Controller

1 x 3.7V 1800mAh Lipo Battery

4 x Spare Propellers

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x Manual




Untuk mendapatkan Drone XT105 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone XT105

Link mati? bisa Lapor Disini



Spesifikasi Drone XT105 - OmahDrones


kesimpulan admin untuk Drone XT105, meski banyak gimmick, bukan berarti drone ini langsung di blacklist. Drone ini masih cocok untuk anda yang sedang belajar terbang. Paling tidak disini ada ornamen LED di bagian depan yang lumayan berwarna. Serta motor brushless yang harusnya akan lebih awet daripada drone dengan motor brushed.