Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - Mini Brushless GPS

 Mjx kembali hadir dengan drone baru yang menurut admin omah drones, desainnya lagi – lagi meniru desain dari Mavic Mini.  Drone kecil yang memang menjadi primadona banyak orang ini membuat banyak perusahaan drone membuat “replikanya” sehingga secara tidak langsung drone baru buatan mereka jadi ikut memiliki desain “mini” yang elegan dan harapannya tentu bisa laris dipasaran. Tapi apakah semua itu semulus yang diharapkan? Tentu tidak, karena yang terpenting bukan hanya “looks” nya saja tapi juga fungsi dan durability dari drone tersebut. Karena kalau cuma nyari yang sudah menggunakan motor brushless dan GPS, di mulai tahun 2022 juga sudah banyak drone brushless GPS dengan segala kelebihannya dan tentu juga segala kekurangannya.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones


Dan pada kesempatan kali ini, omahdrones akan membahas drone buatan mjx yang nama pasarnya itu MJX Bugs 19. seperti di awal tadi, drone ini megusung bentuk Mavic Mini, lagi lagi ya. Dengan ukuran yang juga tidak terlalu besar, harapannya adalah sisi portabilitasnya. Karena juga drone ini tentunya memiliki desain foldable, yang dalam pembeliannya juga mendapatkan carrying bag, terlihat drone ini memang diperhatikan betul tentang sisi portable nya. Drone ini juga sudah memiliki motor brushless dan GPS. Tetapi meski sudah brushless dan lebih efisien di sisi konversi tenaganya, namun perlu dilihat motor ini tidak terlalu besar yakni tipe 1503, sehingga kekuatannya juga tidak terlalu besar jadi kalau untuk terbang di cuaca berangin juga tidak begitu disarankan.



Beberapa fitur yang ditawarkan oleh drone ini, berdasar dari iklan MJX adalah sebagai berikut:


-Optical Flow Positioning: The built-in optical flow sensor that gets the real-time optical flow information and makes integrating computations.

-Follow me: The drone's camera will lock on your mobile phone, when using this function, the drone will track you automatically and capture your movement with paticular aerial view.

-Point of interest: Set a specific building, object or position as your point of interest. With point of interest, your drone will continuously circle clockwise around the present point.

-5G WiFi 4K UHD Adjustable Camera:The wide-angle lens, which made up of a number of optical lens elements, makes it possible for the camera to capture sharp and vivid image with expansive background



Serta untuk spesifikasi teknisnya, anda bisa simak dibawah ini:


Bugs B19 4K Drone

Brand: MJX

Item Name: B19

Wheelbase: 230mm

Quadcopter Expand Size: 310*270*56mm

Quadcopter Folded Size: 140*86*56mm

Color: Grey

Quadcopter Weight: 245g (Including Battery)

Max. Rising Speed: 3m/s

Max. Descent Speed: 2m/s

Max. Flying Speed: 40km/h

Max. Flying Time: 22mins

Max. Limit Height: 120m

Wind resistance level: <4 level

Max Flight Distance: Over 600m

Hovering Accuracy Range:

Vertical ±0.3m,Horizontal ±0.3m (Indoor routine environment, within 3

meters height)

Vertical ±0.5m,Horizontal ±1.5m(Outdoor 3 meters above normal environment)

Wind Resistance: level 4

Motor: 1503 Brushless Motor

ESC: 4A Brushless

Built-in Positioning Sensor: GPS/Optical Flow/Barometer


Remote Controller

Operating Frequency: 2.4G

Maximum Remote Control Distance: Above 600m

Transmitter Battery: 2*AA

Using Time: About 12h


Camera

APP: M RC PRO

Effective Pixels: 4K

Maximum Transmission Frame Rate: 720P@20FPS

Video Transmission System: 5G WIFI802.11.ac

Image Transmission Range: 300m

Lens Angle: 120°

Aperture: f/2.5

Focal Length: 3.6mm

Sensor: 1/2.7 inch CMOS

Local Video Frame Rate: 4K@16FPS,2.5K@25FPS

File system: FAT32

Shutter speed: 1/30s-1/10000s

ISO range:100 - 3200 for Video/Photo

Gimbal: Single Axis

Pitch Adjustment Range: 0° to -90°

Max Photo Resolution: 3840x2160

Max Video Resolution: 3840x2160

Supported SD Cards: Micro SD Card Class 10 And Above (Not included)

Max. Expansion: 32GB


Battery

Capacity: 1820mAh

Voltage: 7.7V

Battery Weight: 115g

Operating temperature: 5 to 40

Charging Time:

About 2.5h (Single Battery)(5V 2A)

Input: 5V/2A

Charging Type: Type-c Charging Cable


Weight & Dimensions

Product weight: 245g

Package weight:1.05KG

Product size (L x W x H): 310x270x56 cm

Package size (L x W x H): 25.5x8x22.5 cm

Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones



MJX Bugs 19 memiliki baterai bertegangan 7.7Volt dengan kapasitas 1820mAh. Nanggung sih kenapa tidak sekalian 2000mAh walau selisih lama terbangya juga tidak terlalu besar, atau bisa juga karena MJX mau membuat drone ini lebih ringan, mengingat di beberapa negara ada aturan untuk drone yang melebihi batas berat tertentu harus mendaftarkan drone nya terlebih dahulu agar bisa diterbangkan diterbangkan dengan legal. Dengan satu baterai kalau menurut tabel spesifikasi anda bisa terbang selama 22 menit, namun lagi, lama terbang dipengaruhi oleh kondisi dimana anda terbang serta bagaimana cara terbang anda. Kalau baterai habis, anda bisa melakukan recharge menggunakan kabel bawaan yang anda hubungkan ke USB Wall Charger dengan arus minimal 2 ampere untuk mendapatkan arus pengisian yang cepat sehingga bisa mempercepat waktu pengisian ulang baterai. Dalam pembelian biasanya juga terdapat opsi untuk beli dengan 2 atau 3 baterai sekaligus, terutama di marketplace global yang bisa kirim ke berbagai negara.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones


Di bagian remote controller, lagi – lagi MJX juga menirukan style remotenya Mavic Series, bahkan hingga ke grip atau pegangan bawahnya. Controller ini meski memiliki antenna external di bagian kiri, namun jarak terbangnya masih masuk akal kalau di lihat pada tabel spesifikasi yakni sekitar 600 meter. Jadi dari 2 buah antenna yang ada di remote ini satu antena nya asli, dan satunya lagi hanya hiasan semata. Untuk sumber tenaganya, remote ini mengguakan 2 buah baterai AA, ada baiknya anda gunakan baterai rechargeable sehingga ketika baterai habis, anda bisa recharge baterainya, yang perlu diperhatikan adalah tegangan baterai nya, lagipula sekarang sudah banyak baterai AA rechargeable yang memiliki tegangan 1.5V, sama seperti tegangan baterai AA sekali pakai. Remote ini juga memiliki LCD display di bagian tengah, jadi kita bisa melihat beberapa informasi seputar drone secara realtime melalui LCD ini.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones


Untuk kameranya, MJX mengiklankan kalau kamera ini memiliki 1 axis Gimbal. Tapi kemampuan gimbal ini hanya sekedar tilt up dan tilt down saja, memang sih mereka tidak bilang kalau ini gimbal stabilizer, jadi ya gambar yang ditangkap kamera masih tidak halus dan tetap ada jello atau goyangnya. Nah, kamera ini juga anehnya, kualitasnya lebih rendah daripada kamera MJX Bugs 16 Pro. Kualitas gambar di MJX Bugs 19 ini tidak lebih dari sebuah kamera yang optimalnya merecord video di resolusi 720p ala kadarnya. Meski begitu, di aplikasinya anda hanya mendapat dua opsi perekaman video yakni 4K dan 2.5K, jadi bener – bener tidak sepadan antara ukuran panjang kali lebar video dengan kualitas gambarnya. Di bagian bawah drone juga terdapat slot untuk MicroSD yang support hingga 32GB. Untuk mengambil gambar 2 – 4K kita perlu MicroSD yang bagus, tidak hanya sekedar class 10, karena kamera akan merekam gambar berukuran besar secara realtime yang itu membutuhkan jalur Write data yang tinggi. Hasil Videonya pun juga ukurannya besar dalam ukuran disknya, jadi percuma kan kalau ukuran gambarnya 4K tapi kualitas gambarnya seperti 720p tapi ukuran filenya ber puluh – puluh GB?



Drone ini juga sudah menggunakan Wifi 4G untuk Wifi FPV nya, jadi kalau smartphone anda belum support Wifi 5G atau Wifi 802.11ac, sayang sekali anda tidak bisa menikmati FPV di drone ini. Jadi sebelum membeli MJX Bugs 19, pastikan dulu smartphone anda support wifi 802.11ac agar bisa menikmati Wifi-FPV , mengatur kamera, kalibrasi dan menggunakan semua fitur advanced yang tersedia. Untuk jangkauan FPV nya sih juga tergantung dengan seberapa bagus Wifi yang ada di smartphone anda. Kalau modul Wifi 5G nya bagus tentu koneksi Wifi-FPV nya juga bisa lebih jauh.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones


Dalam tiap pembelian MJX Bugs 19, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

Package Included:(Standard Version)

1 X B19 Drone

1 X Transmitter

1 X Shoulder bag

1 X 7.7V 1820mAh Battery

1 X USB Charger

4 X Extra Propeller

1 X Screwdriver

1 X Manual



meski ada kelebihan dan kekurangannya, namun yang masih disayangkan itu memang tidak ada opsi untuk record di 720p, untuk efisiensi storage sehingga lebih worth untuk dibeli. Belum lagi ada beberapa kasus yang dimana drone ini susah di kalibrasi, meski sudah di kalibrasi kompas, tetap saja terkena toilet bowl effect, Namun bisa saja itu karena disana banyak interferensi magnetik juga kan. Jadi tetap, semua pilihan berada ditangan anda. Ingin meminangnya atau tidak.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 19 - OmahDrones


Untuk informasi harganya, di beberapa marketplace online baik yang lokal atau global, drone ini dibandrol antara 2 – 3 jutaan. Tergantung berapa baterai bawaan yang anda pilih. Dengan harga yang mungkin bisa bersaing dengan drone brushless gps mini lainnya, apalagi kalau durability nya bagus, karena kebanyakan drone sejenis memiliki durability yang pada dasarnya sama saja.