Spesifikasi Drone Eachine EX5 - Mirip Mavic Mini

 Kemunculan DJI Mavic Mini lagi – lagi membuat produsen drone lainnya merasa tertarik untuk membuat “replika” nya. Replika disini seperti biasa, hanya sebatas di bagian desain yang dibuat mirip sehingga mungkin beberapa konsumen menjadi tertarik untuk membelinya, terlebih dengan kata – kata iklan yang terkesan meyakinkan. Padahal seperti biasa juga, kalau drone yang masih di kelas mainan, fitur dan kemampuannya ya jangan terlalu diharapkan. Karena kasus orang awam yang membeli drone mainan karena tergiur dengan tulisan di iklan juga termasuk banyak, terlebih di pasar online karena konsumen tidak bisa mencoba dan melihat secara langsung barangnya. Sehingga sebenarnya sangat disayangkan karena banyak dari konsumen yang sudah berharap terlalu tinggi, namun ketika barang sampai dan dicoba hasilnya hanya kekecewaan.

Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones


Maka dari itu, salah satu cara untuk mengetahui apa yang akan anda miliki adalah dengan cara membaca ulasan dari OmahDrones. Karena disini kami menulis yang sebenarnya kalau itu gimmick ya admin bilang gimmick, kalau itu jelek ya admin bilang jelek, kalau itu bagus tentu admin bilang itu bagus.


Nah pada kesempatan kali ini admin Omahdrones mau membahas tentang drone yang sekilas mirip dengan drone DJI Mavic Mini. Drone ini adalah dari Eachine dengan nama Eachine EX5. Drone ini memang sekilas mirip dengan Mavic Mini, dengan warna yang juga khas si mini, dia juga memiliki desain foldable arm, sehingga tentu akan membuat Eachine EX5 menjadi portable dan mudah dibawa bepergian. Drone ini beratnya hanya sekitar 200 gram saja, meski begitu dia sudah dilengkapi dengan GPS dan sudah menggunakan motor brushless tipe 1406. memang tidak terlalu besar namun admin rasa ini sudah sesuai dengan spesifikasi dan beban yang dimiliki oleh Eachine EX5.


Untuk fitur yang ditawarkan juga termasuk banyak, seperti yang bisa anda lihat dibawah ini:

-GPS/GLONASS double mode

-4K HD adjustable camera

-5G long-distance WiFi image transmission

-Headless mode

-Optical flow positioning mode

-Real-time image transmission

-Intelligent follow

-Surround flight

-Waypoint flight 

-Trajectory pointing flight

-Folding portable fuselage

-One key return

-One key take-off/landing

-Gesture shooting

-Remote control photo and video recording

-Brushless motor

-Speed Switch

-Electric fence

-Aircraft retrieval function

-MV functions: filters, video effects, add background music, picture / video sharing

-About 229g Ultralight: No registration is required, which meets the safety weight requirements of micro drones in most countries and regions

 

Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones



sedangkan spesifikasi teknisnya bisa anda simak pada tabel dibawah ini:


Description:

Eachine EX5 RC Quadcopter Size 24.9x29x5.5 cm(Unfoldable)   14x8.5x5.7cm(Foldable)
Weight About 229g
Motor 1406 Brushless Motor
Maximum Remote Control Distance 1000m
Max Flying Time 30mins
Max Flying Speed 7m/s
Max Flying Altitude 120m
Max Ascent Speed 5m/s
GPS Following Distance  5-20m
Gesture Shooting Distance About 2m
Working Frequency  2.4GHz
Positioning GPS + GLONASS+Barometer
Support Mobile Device Your mobile phone Wi-Fi needs to support IEEE 802.11 a/b/g/n/ac, that is, 5G band WLAN
Recommended Configuration iOS 8.0 and above;  Android 5.0 and above
Optimal configuration (2k support) iOS 9.0 and above;  Android 8.0 and above
Camera Camera 4K Electronic Adjustment Camera
View Angle 150°
Pitch Rotation Range -90°---0°
Focal length -
Resolution 4K: 3840*2160 
Frame Rate  25 fps
Image Transmission Image Transmission  1080P
Distance 1000m/200m(Option)
Photo/Video Resolution 3840*2160 
Image Following Distance 1-5m
Battery Capacity 2200 mAh
 Voltage 7.4V 
Weight 80.5g
Charging Time 300mins
Remote Control Operating Frequency  2.4GHz
Maximum R/C Distance 1KM 
Battery 1.5V AAA Battery
Mode Mode1&Mode 2 (Switchable)
Charging

USB


Eachine EX5 memiliki baterai yang lumayan besar untuk ukuran drone sebesar ini, dengan tegangan 7.4 Volt dan kapasitasnya sebesar 2200mAh. Dengan baterai ini, rata – rata dengan satu baterai anda bisa terbang selama 15 menit, tetap kondisi dimana anda terbang serta cara terbang anda bisa mempengaruhi lama terbang. Serta untuk melakukan pengisian ulang enaknya disini anda bisa melakukan recharge menggunakan kabel USB Bawaan yang dihubungkan ke USB Wall Charger yang setidaknya memiliki arus 2Ampere sehingga proses recharge bisa lebih cepat. Dalam pembelian, biasanya anda mendapatkan opsi untuk beli dengan 1, 2 atau 3 baterai, terlebih apabila anda membeli melalui online marketplace global yang biasanya dikirim dari gudang china langsung.


Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones


Di bagian remote control nya, sekilas sama dengan beberapa drone Eachine yang lainnya, misalkan Eachine e58 yang berjaya pada masanya. Di remote ini terdapat beberapa tombol fungsi yang sudah memiliki icon di tiap tombolnya sehingga harusnya bisa memudahkan kita untuk menghafal fungsi tiap tombolnya. Untuk jarak jangkauannya, karena remote ini masih tergolong remote basic atau dasar, meski di tabel spesifikasi tertulis bisa hingga 1KM. Namun kalau menggunakan remote dasar seperti ini maksimal mungkin hanya bisa 500m saja kalau minim interferensi sinyal. Apabila anda terbang di tempat yang banyak interferensi sinyal 2.4GHz ya otomatis jarak jangkauan terbangnya akan turun drastis karena sinyal akan bentrok di frekuensi yang sama, meski menggunakan channel yang berbeda. Dan terakhir, remote ini masih menggunakan baterai sekali pakai yang biasanya dijual terpisah. Akan lebih baik apabila anda juga menggunakan baterai AA yang rechargeable sehingga lebih go green karena tidak membuang baterai bekas terlalu banyak.


Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones


Untuk kameranya, pertama yang akan admin katakan adalah, disini kameranya bisa dibilang SAMA seperti kamera milik Eachine E58. Jadi benar – benar masih basic, dan tidak jernih kalau kata admin. Meski anda bisa benar – benar mendapatkan video 4K dalam hal ini ukuran panjang x lebar videonya yang benar – benar resolusi 4K. Tapi kalau kualitas videonya sama seperti kamera 1 atau 2 MP ya sama saja kan. Jadi itu hanya gambar ukuran mungkin 720p yang dibentangkan menjadi 4K. Itulah yang banyak memakan korban, dikira ukuran 4K itu pasti bagus. Padahal belum tentu. 


Untuk peningkatannya sih kamera ini bisa digerakkan tilt dari remote, dan Wifi-FPV nya juga menggunakan koneksi Wifi 5G alias Wifi 802.11ac, jadi kalau smartphone anda belum support Wifi 802.11ac otomatis anda tidak bisa menikmati Wifi FPV sekaligus merekam video atau mengambil foto dari drone Eachine EX5. Itu karena sayangnya drone ini tidak memiliki slot MicroSD alias drone ini tidak memiliki DVR yang fungsinya merekam video langsung ke microSD yang dipasang pada drone. Jadi kalau FPV pakai drone ini mending juga tidak terlalu jauh untuk menjaga kekuatan sinyal supaya video yang didapatkan tidak ada gangguan seperti frame dropping atau malah frame freeze.


Dan satu masalah lagi, kalau anda tetap record 4K dengan drone ini, dan koneksi Wifi-FPV serta processor smartphone anda tidak mumpuni, anda akan mendapatkan masalah ketika record dan save, karena proses “pelebaran” ukuran ke 4K itu dari aplikasi, jadi kalau processor smartphone nya tidak mumpuni akan terjadi lag dan bahkan video bisa saja tidak tersimpan. Maka amannya sih tetap record di resolusi 720p saja bagi anda yang mungkin sudah terlanjur membeli drone ini.


Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones


Di tiap pembeliannya, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x EX5 RC Quadcopter

1 x Remote Controller

1 x 7.4V 2200mAh Battery

2 x Propellers(1A+1B)

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x User Manual



kesimpulan dari admin omahdrones, untuk Eachine EX5 ini, sungguh mengherankan, karena dengan spesifikasi yang super nanggung ini, mereka hanya menawarkan GPS Brushless nya saja, padahal hampir tiap konsumen membeli drone itu ya untuk mengambil video aerial entah apapun tujuannya. Kalau kameranya seperti ini ya pantas saja mereka memberikan gimmick yang cukup besar di bagian 4K dan adjustable tilt nya.


Spesifikasi Drone Eachine EX5 - OmahDrones


Untuk harganya juga terlalu mahal kalau admin lihat, rata – rata drone ini dibandrol sebesar 1.7Juta untuk satu paket standar. Dengan rentang harga sebesar itu anda bisa mendapatkan drone GPS Brushless yang minimal juga memiliki DVR kamera.