Spesifikasi Drone 4DRC V20

 Ada beberapa orang berkata kalau hobby drone itu hobby mahal. Padahal, itu tergantung, kalau hobi yang dimaksud adalah hobi drone aeromodeling, atau drone fotografi, memang bisa dibilang mahal, secara komponen dan kualitas kamera yang digunakan untuk drone foto videografi harus bagus. Sehingga harganya memang fantastis, namun sebanding dengan hasil yang didapatkan. Disisi lain, kalau ada seorang yang hobi koleksi drone mainan, berhubung sekarang ini banyak sekali varian drone mainan yang dijual bebas, tentu uktuk sisi budgetnya lebih ringan yang drone kelas mainan, meski lama kelamaan juga bakal jadi keluar uang banyak untuk “koleksi”. Tetapi untuk seorang penghobi itu harusnya tidak masalah karena mereka akan memiliki kepuasan tersendiri.

Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Pertanyaannya, kalau yang masih pemula, ingin drone kecil, tergolong murah, dan memiliki bentuk yang eye catching atau keren beda dari yang lain. Kalau ini sih soal tampilan bentuknya saja jadinya, sehingga drone kelas mainan saja bisa menjadi pilihan karena secara kita juga mengesampingkan fitur – fitur yang ada pada drone professional. Karena banyak dari drone kelas mainan yang memiliki desain unik dan menarik, bahkan ada beberapa tipe yang memang dirancang untuk lebih baik jadi pajangan daripada jadi mainan. Mungkin karena sejatinya drone mainan memang ditargetkan untuk anak – anak, sehingga para produsen harus membuat drone dengan model dan bentuk yang menarik.



Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, ada drone dari 4DRC, dengan nama pasar 4DRC V20. Drone ini merupakan mini foldable drone, kelas mainan tentu saja. Drone ini di desain memiliki bentuk remote yang bisa menjadi docking sekaligus wadah untuk drone yang sangat keren untuk menjadi pajangan. Mini drone ini menggunakan motor brushed seperti drone mainan pada umumnya serta masih memiliki kemampuan dasar dan terbatas. Meski begitu drone ini juga cocok untuk kamu yang ingin latihan menerbangkan drone dan orientasi, karena 4DRC V20 memiliki lampu depan dan belakang yang warnanya berbeda, jadi harusnya bisa mempermudah kamu ketika belajar orientasi drone.



Untuk fiturnya, berikut info yang omahdrones dapatkan dari website 4DRC untuk drone 4DRC V20:

Features:

-New design, high appearance level cool products, integrated storage and assembly design.

- With a foldable arm, it is small and easy to carry.

- Has a high hold mode function to provide stable flight.

- With wifi function, you can connect to APP, APK system to take photos, video, and transfer images in real time through mobile phone camera.

- With track flight mode. You can choose the route you need.

- With gestures to take photos. mv music editing features.

- There are 3 cameras to choose from. Equipped with a 720P/1080P/4K wide-angle camera for a wide range of high-definition pictures and videos.

- No head mode, no need to adjust the aircraft position before flight.

- Anti-interference uses 2.4GHz technology.

- 4 channels that can be raised, lowered, forwarded, retreated, left-handed, right-handed and 360° rolled.

- Six-axis gyroscope for more stable flight and easy control.

- The four-rotor body is made of high-strength and engineering-resistant plastic, lightweight and durable.



Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Sedangkan di tabel spesifikasi, tidak terlalu lengkap namun sudah mencakup semua teknisnya yang bisa anda simak dibawah ini:

No.: V20

Frequency: 2.4G

Channel: 4ch

Gyro: 6 A XIS

Quadcopter battery: 3.7V lithium battery (included)

Transmitter battery: 3 x 1.5 AA battery (not included/Alkaline batteries cannot be used, only carbon batteries.)

Charging time: about 60-70mins

Flight time: 10-15 minutes

Remote control distance: 80-100m

Quadrilateral size: 16.5*18*4.5cm (arm is not folded)

10*6*4.5cm (folded with arms)




Baterai 4DRC V20 ini masih menggunakan baterai 1S alias 1 cell saja, dengan tipe baterai Li-Po bertegangan 3.7 Volt, dan kapasitasnya sebesar 1000mAh. Dengan satu baterai ini kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa terbang selama 10 – 15 menit, namun pada praktiknya, tergantung cara terbang anda juga, lama terbang yang didapat berkisar antara 6 – 8 menit dengan satu baterai. Nah, meski dalam pembelian anda bisa membeli dengan baterai lebih dari satu, namun mimin omahdrones sarankan untuk memberi jeda waktu terbang ketika pergantian baterai, karena drone ini masih menggunakan motor brushed, sehingga motor ini akan mengalami overheat kalau digunakan terlalu lama dalam satu waktu. Jadi berilah jeda waktu untuk cooling down motornya supaya bisa awet. Dan terakhir, untuk recharge baterainya, anda akan mendapatkan kabel usb bawaan untuk melakukan recharge baterai. Anda bisa gunakan USB Wall charger atau port usb pada komputer/laptop, bahkan powerbank yang support.


Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Untuk bagian remote controlnya, 4DRC V20 memiliki desain remote yang lucu dan keren, remote ini bukan hanya sebuah remote, seperti yang admin katakan di awal tadi, remote ini juga sebagai stand atau holder drone jikalau anda ingin memajang 4DRC V20 ini di ruang tamu atau dimanapun anda ingin memajangnya. Di sekeliling remote ini terdapat LED yang bisa dinyalakan bahkan ketika remote tidak digunakan, jadi hanya untuk memberi kesan mewah ketika anda menjadikan drone ini sebagai pajangan. Kalau untuk kemampuan remote ini sih masih sekedar remote dasar, kalau di data spesifikasi dia bisa mencapai radius 100 meter, namun admin rasa remote ini tetap enaknya digunakan dalam radius 30 meteran, berhubung dronenya juga kecil, sehingga kalau sampai fly away terbawa angin, anda akan kesusahan mencarinya. Jadi tetap himbauan admin untuk terbang di radius yang dekat saja kalau untuk mini drone apalagi kelas mainan. Sumber tenaga untuk remote ini menggunakan baterai ukuran AAA sebanyak 3 buah, ada baiknya anda gunakan baterai rechargeable sehingga mengurangi sampah baterai sekali pakai.


Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Di sisi kamera, drone ini memiliki banyak opsi, mulai dari non kamera, kamera 720p, 1080p, 2K, 4K hingga 6K dalam iklannya ya. Namun pada kenyataannya, semua kamera itu sama kualitas gambarnya. Dengan sensor yang mungkin berkisar 0.3MP – 1MP. Bahkan kalau di cek frame ratenya juga tidak 30fps, sehingga video hasilnya benar – benar seadanya. Ada juga versi dengan dual kamera, kamera utama yang didepan dan juga kamera yang ada di bawah body drone, mungkin maksud mereka ingin menjadikan kamera bawah sebagai optical flow sensor kedepannya. Lalu untuk penyimpanan gambar dan video, di kamera ini tidak terdapat slot microSD sehingga semua gambar dan video yang anda ambil akan tersimpan langsung ke smartphone melalui koneksi Wifi-FPV.



Sedangkan untuk Wifi-FPV yang digunakan masih menggunakan koneksi Wifi 2.4GHz sehingga harusnya semua smartphone bisa support melakukan Wifi-FPV dengan drone ini. Namun mengingat drone ini juga tidak memiliki microSD untuk menyimpan semua hasil rekaman kamera, jadi kemungkinan besar anda akan mendapatkan interferensi sinyal antara koneksi remote dan juga koneksi Wifi-FPV yang meski beda channel namun sama – sama berjalan di frekuensi 2.4GHz. Maka dari itu, terbang di jarak yang tidak terlalu jauh adalah kunci mendapatkan koneksi Wifi-FPV yang bagus.


Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Untuk kelengkapan ketika pembelian, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x V20 RC quadcopter

1 x Remote control

1 x 3.7V lithium battery

1 x USB charging cable

2 x spare blades

4 x protective covers

1 x screwdriver

1 x user manual



kesimpulan untuk 4DRC V20 ini mungkin kalau di sisi desain memang cukup menarik, dan juga kalau di lihat dari bentuk case nya juga lucu dan memang menarik. Meski di sisi fungsinya masih benar – benar basik. Jadi kalau sesudah beli dan nantinya anda bosan, anda masih bisa menjadikannya pajangan dengan remote sebagai case nya.


Spesifikasi Drone 4DRC V20 - OmahDrones


Di bagian info harganya, kalau di marketplace online global drone ini dibandrol sebesar 500 ribuan pada saat admin omahdrones menulis artikel ini, kalaupun ada seller indonesia yang menjual dengan harga lebih murah, pasti lebih sepadan dengan apa yang akan didapatkan. Karena untuk harga sebesar itu, di akhir tahun 2022 ini masih tergolong mahal untuk drone dengan spesifikasi basik seperti ini.