Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K

 MJX RC memiliki beberapa varian atau mungkin semacam segmentasi juga dari produk – produk yang ditawarkannya. Sebelumnya, mimin omahdrones kira seri Bugs itu adalah seri Racing dari brand MJX, namun semakin bertambahnya waktu, Bugs series terkenal akan motor brushlessnya dikala banyak drone yang masih belum memiliki motor brushless. Semakin bertambahnya waktu lagi dan mulai bermunculan berbagai drone brushless GPS, MJX juga tetap mengeluarkan seri Bugs yang banyak sekali seri nya, sehingga kita sebagai konsumen bisa memilih drone apa yang paling cocok untuk kita, di brand MJX ini. Dari satu seri saja misalkan Bugs 3, juga mengalami beberapa upgrade seiring perkembangan waktu dan juga teknologi yang diterapkan pada dunia drone.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Dan untuk yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, omahdrones akan membahas sebuah drone MJX Bugs lagi namun dengan key feature yang mungkin bisa menyadarkan anda kalau drone inilah yang anda cari. Namanya adalah MJX Bugs 20 atau dikenal juga dengan MJX B20 EIS. Sesuai namanya, salah satu fitur kunci dari drone ini adalah sudah memiliki Electronic Image Stabilizer atau bisa juga disebut Electronic Image Stabilization, yang membuat hasil gambar menjadi stabil dan tidak ada jello atau getaran akibat pergerakan mesin drone. Untuk bentuknya, MJX Bugs 20 tidak memiliki desain foldable, dengan desain badan yang memanjang dan lengan yang membentuk huruf X, drone ini juga sudah menggunakan motor brushless dan juga GPS untuk positioning systemnya.



Drone ini juga memiliki banyak fitur, baik fitur bawaan yang bisa diaktifkan dari remote, atau fitur digital yang bisa diakses melalui aplikasi, beberapa fitur yang ditawarkan oleh MJX Bugs 20 seperti headless mode, Return to home, ada juga way point, follow me, orbit mode, dan yang tidak kalah keren dia juga memiliki LED di bagian bawahnya yang bisa di hidup atau matikan melalui remote control. Jadi misalkan anda terbang di tempat gelap, anda bisa menyalakan LED bawah ini dan drone akan terlihat benderang. LED ini berada di tengah badan drone bagian bawah jadi berbeda dengan LED indikator yang ada di setiap lengan drone.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa simak dibawah ini:

Specifications:

Brand: MJX

Model: B20 EIS

Item: RC drone

Color: Dark grey

Diagonal: 280mm

Max ascent speed: 300cm/s

Max descent speed: 200cm/s

Max speed: 40km/h

Operating temperature range: 0⁰c-40⁰c

Size: 33*31*12.5cm


Remote controller

Remote control frequency: 2.4Ghz

Remote control battery: 2* AA battery(not included)

Remote control distance: 600M


Battery for RC drone

Battery: 7.6V 3400mAh

Charging time: 330min

Fly time: 22min


Gimbal

Controllable range: Tilt 0~-90°


Camera

Photo resolution: 3840*2160

Video resolution: 3840*2160

Image sensor: 1/3in CMOS

Lens: FOV: 130°; Aperture: f/2.0; Focal length: 2.8mm

ISO range: Photo:100-3200(Auto)

           Video:100-3200(Auto)

Electronic shutter speed: Electronic shutter: 1/30s-1/10000s


APP

APP name: M RC PRO

WIFI Transmission: 5Ghz

Image transmission distance: 450M

Real-time image transmission: 720p@30fps

Latency: 200-300ms

Required mobile phone system: Android 4.4 above, iOS 9.0 above





MJX Bugs 20 memiliki baterai yang lumayan besar, dengan tegangan 7.6 Volt dan kapasitasnya sebesar 3400mAh, kalau menurut tabel spesifikasi, dengan satu baterai ini anda bisa terbang hingga 22 menit. Tentunya lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca di tempat anda terbang. Kalau cuacanya berangin, tentu motor akan bekerja lebih sehingga dia juga membutuhkan tenaga dari baterai yang lebih besar. Untuk pengisian ulangnya, disini pada tiap baterai sudah terdapat port USB Type-C, untuk kabel Chargernya juga sudah disertakan pada tiap pembelian, jadi yang perlu anda siapkan hanyalah Adaptor atau USB Wall Charger dengan tegangan 5V dan arusnya paling tidak 2Ampere untuk bisa mengisi baterai lebih optimal.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Untuk controller atau remote nya, dengan bentuk yang bisa dilihat pada gambar, masih menggunakan desain controller ala mavic series. Dan enaknya disini terdapat LCD display kecil yang menampilkan status realtime dari drone dan juga beberapa informasi seperti ketinggian dan juga jarak drone. Lalu di bagian samping juga terdapat tombol GPS On atau Off, sehingga ketika mengalami malfungsi seperti GPS yang tidak akurat sehingga menimbulkan efek drone jadi berputar – putar, anda bisa off kan GPS nya lalu segera mendaratkan drone dan lakukan kalibrasi kompas hingga drone bisa terbang normal lagi. Untuk jarak terbangnya, menurut tabel spesifikasi anda bisa terbang dalam radius sejauh 600meter, jarak yang masuk akal daripada mereka menulis jarak maksimal bisa ber kilo kilo meter namun pada kenyataannya tidak sesuai yang tertera pada tabel spesifikasi.




Penempatan tombol pada remote juga terbilang rapi, dengan tiap label di setiap tombolnya jadi mungkin bisa mempermudah kita ketika ingin menghafal tiap fungsi tombol yang ada di remote ini. Dan yang terakhir, kalau biasanya remote model seperti ini memiliki phone holder di bagian bawah seperti punya Mavic Series, kalau disini phone holdernya berada di bagian atas remote, anda harus menariknya agar bisa digunakan.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Kamera dari drone ini memang tertulis 4K pada iklannya, memang benar terdapat setting untuk resolusi 4K sehingga ukuran videonya benar – benar 4K kalau diukur dari panjang dan lebar video hasilnya. Namun kalau untuk urusan kualitasnya, admin rasa lensanya lebih cocok untuk mengambil gambar dengan resolusi full HD 1080p. Sehingga di sisi kualitas dan ukuran bisa lebih sepadan, karena kalau dibanding 4K, video 1080p lebih hemat space di storage dan juga lebih ringan ketika perekaman ke storage. 


Untuk FPV nya, MJX Bugs 20 menggunakan koneksi Wi-Fi FPV, dan wifi yang digunakan adalah wifi 802.11ac, atau bisa juga disebut Wifi 5G. Jadi sebelum anda beli drone ini, bisa lebih baik pastikan kalau smartphone anda sudah support wifi 802.11ac supaya anda tidak kecewa karena ternyata smartphone anda tidak support wifi 802.11ac. Karena otomatis kalau smartphone anda tidak support, anda tidak bisa menikmati fitur – fitur yang ada di Aplikasi FPV dari drone ini.


Meski terlihat memiliki Gimbal, namun pada kenyataannya kamera MJX Bugs 20 belum dilengkapi dengan gimbal mekanik, namun untungnya MJX memberi kamera ini dengan EIS atau Electronic Image Stabilization, jadi gambar yang diambil akan terlihat halus meski tanpa gimbal mekanik, hasil videonya pun bisa dibilang lumayan kalau dilihat dari sisi “kehalusan” video terlebih apabila kondisi di tempat anda terbang mendukung seperti tidak ada angin yang sering berhembus misalnya. Namun untuk bisa tilting, kita bisa mengatur tilt angle nya dari remote karena di modul kamera ini terdapat servo untuk mengatur tilt angle.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Umumnya, tiap pembelian MJX Bugs 20 ini anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:

1x RC drone

1x Remote controller 

1x Flight battery

4x Spare propeller

1x USB cable

1x Screwdriver

1x Other fitting package

2x User manual

1x Sticker


Untuk mendapatkan MJX Bugs 20 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli MJX Bugs 20

Link mati? bisa Lapor Disini


kalau menurut admin sih, MJX Bugs 20 bisa jadi pilihan ketika anda bener – bener ingin punya drone brushless GPS yang sudah memiliki kamera lumayan. Apalagi kalau harganya bisa bersaing. Bisa jadi MJX Bugs 20 banyak diminati meski desainnya mungkin bisa tersaingi dengan drone – drone sejenis yang sudah memiliki desain body foldable.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 20 EIS 4K - OmahDrones


Untuk mendapatkan MJX Bugs 20 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli MJX Bugs 20

Link mati? bisa Lapor Disini

Untuk harga kisarannya, terakhir admi lihat di lokal online marketplace sudah banyak yang menjual seri MJX Bugs 20. dan bisa dibilang rata – rata seller menjual dengan harga 2 jutaan hingga 2.5 jutaan. Padahal kalau disimak lebih lanjut, di rentang harga sebesar itu, ada banyak drone yang juga sudah GPS Brushless dan memiliki desain body foldable, sehingga lebih mudah ketika membawanya bepergian.