Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2

 Masih ingat dengan drone yang dulu terkenal dengan nama Xiaomi Fimi? Yang pada saat drone ini keluar menunjukan semua kemampuannya lalu banyak pilot yang menjadi tertarik untuk memilikinya. Drone ini mengalami banyak perubahan hingga pada saatnya dia terkenal dengan brand Fimi saja, tidak ada brand Xiaomi yang menempel lagi. Tiap rilisan baru, drone ini juga mengalami upgrade fitur baik di sisi software, ataupun hardwarenya. Drone ini bisa dibilang professional drone kalau dilihat dari kemampuannya yang bisa dibilang sudah advanced. Dan ditambah lagi Drone Fimi yang sekarang juga bisa di update firmwarenya, jadi lebih terasa lebih advance daripada drone semi professional yang firmwarenya tidak bisa di apa - apakan lagi.


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Fimi X8 SE 2022 V2, nama yang cukup panjang apalagi kalau anda masih pemula di dunia drone ataupun aeromodeling. Tapi setidaknya nama yang panjang ini bisa dihafal dan mudah dipahami karena tentunya Fimi tidak ingin menyusahkan konsumen kan tentunya.


Lalu, untuk anda yang sudah memiliki drone Fimi X8 seri lama, perbedaan yang terlihat menonjol ada di beberapa sisi, misalkan dari Fimi SE 2020 dengan yang 2022, terdapat upgrade seperti:

- Jangkauan FPV yang semakin jauh, dari 8KM menjadi 10KM (tulisan iklannya)

- Motor brushless yang lebih kuat, sehingga tetap bisa terbang stabil meski di cuaca berangin

- Battery bay atau tempat dudukan baterai yang lebih klop dan aman

- Infrared Sensor di bagian bawah

- 2 LED yang terang di bagian bawah

- Opsional modul speaker dan juga terdapat Lock, Release and drop

- SAR Mode

- Remote ID (belum jelas)


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Berbagai Komponen sudah mendapatkan upgrade dan tambahan komponen baru, sehingga drone ini bisa disandingkan dengan beberapa drone professional yang mungkin tidak memiliki fitur unik yang ada di Fimi X8 SE 2022 V2 ini seperti Modul speaker Release and drop, serta SAR mode nya. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda simak pada tabel dibawah ini:


Description:

Item 2022 V2 Version
X8 SE 2022 V2 Drone

Dimensions: 204 x 106 x 72.6mm(folded)

Diagonal size: 372mm

Item weight: 765g(with battery&propeller)

Color: White

Hover accuracy:  ±0.1m (Within the ultrasonic detecting range)

                            ±5m (when GPS Positioning is active) 

                             Horizontal: ±1.5m

Max ascending speed: 5m/s

Max descending speed: 4m/s

Max cruising speed: 18m/s

Maximum Flight Time (no wind): About 35mins (at 8m/s constant speed)

Wind resistance: Levels 8

Flying limit altitude: 800m

Satellites positioning systems: GPS+GLONASS+BEIDUO

Operating frequency: 2.400G-2.4835 GHz

System: 3rd gen RokLink

Latency: 130ms min

Rain proof: Moderate rain

RemoteID Compatibility:  Yes(built-in)

Operating temperature:0°C ~ 40°C

Remote Controller

Dimensions: 203.8x91 x 46.6mm

Weight :373g

Operating frequency: 2.400G-2.4835 GHz

Max controllable distance:  About 10KM

Battery : 3900mAh lithium battery

Nominal voltage: 3.7V
Input : 5V -2A  

Gimbal

Controlled rotation scope: 0°〜-90°Pitch angle

Angle control accuracy: ±0.004°

Stabilization: 3-axis gimbal

Camera

Lens: FOV 79°

Aperture: f1.6

Focal distance: 4.71mm

Effective pixels: 12M

Equivalent focal distance: 25mm

Sensor: 1/2.0" CMOS

ISO range: 100 - 6400 

Shutter speed: 32 ~ 1/8000S

Memory card: (maxiumum 256G) 

Recommended to use U3 Micro SD card 

Drone needs to be used with and SD card    

 (Product not containing SD card)   

Charger

Rated output :13.05V -3A

Rated power: 39.15W

Rated input: 100-240V~50/60Hz1.5A

Battery

Charging limit voltage: 13.05V-3A

Capacity: 4500mAh/51.3Wh

Voltage: 11.4V

Weight: About 270g

Release-and-drop plus megaphone module

Airthrow: max payload 200g

Megaphone: sound transmission range 100m





Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Baterai yang dimiliki Fimi X8 SE 2022 V2 ini lumayan besar, dengan tegangan 11.4V dan kapasitasnya  sebesar 4500mAh, baterai ini bisa menerbangkan Fimi X8 SE 2022 V2 selama 35 menit kalau menurut tabel spesifikasi, namun untuk lebih pastinya itu tergantung oleh anda, dimana anda terbang, karena kalau drone terbang ketika cuaca berangin tentu baterai akan lebih cepat habis karena ketika melawan angin dia tentu membutuhkan power lebih banyak dari baterainya. Sedangkan untuk proses pengisian ulang baterainya, di kelengkapan pembelian anda akan mendapatkan sebuah charger khusus untuk baterai Fimi X8 SE 2022 V2, jadi harusnya pengisian baterai akan lebih optimal karena menggunakan charger yang memang didesain khusus untuk baterai Fimi X8 SE 2022 V2.


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Lanjut di bagian remote controlnya, umumnya anda akan mendapatkan remote putih yang desainnya khas dari Fimi, karena admin omahdrones belum pernah melihat desain remote seperti ini kecuali punya Fimi, ya walau ada beberapa yang mirip namun warnanya tidak putih seperti ini. Remote ini juga mendapatkan upgrade yang kalau Fimi katakan bisa melakukan FPV lebih jauh, itu berarti dia mendapatkan upgrade di bagian modul FPV nya baik pemancar sekaligus penerima. Kalau dilihat dari tabel spesifikasi, dengan remote ini anda bisa menerbangkan drone hingga radius 10KM. Memang terlihat berlebihan apalagi kalau dilihat dari kondisi tempat anda terbang, kalau banyak interferensi sinyal tentu akan mempersempit radius terbangnya. Apasih yang membuat Fimi kekeh sekali untuk bisa memiliki radius terbang yang jauh, itu karena mereka memberikan fitur SAR Mode jadi maksudnya ketika misal drone ini digunakan untuk keperluan SAR seperti mencari korban banjir atau erupsi gunung, kita bisa lebih mudah karena tidak perlu turun langsung di medan yang cukup berbahaya.


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Untuk kameranya, tentu sebagai drone professional Fimi X8 SE 2022 V2 ini memiliki kamera yang tidak main – main kualitasnya. Seperti kamera professional pada umumnya, anda bisa mengatur parameter seperti iso dan shutter speednya. Nah, kamera ini juga sudah bisa mengambil gambar resolusi 4K. Dan kualitas kameranya tidak usah khawatir, kestabilan gambarnya pun tidak perlu risaukan karena juga sudah dilengkapi dengan 3 axis gimbal. Tidak cuma itu, bahkan drone ini bisa mengambil video dengan bitrate yang cukup tinggi yakni bisa mencapai 100Mbps di resolusi 4K. Maka dari itu microSD yang di rekomendasikan adalah kelas U3 dengan kemampuan Write data yang tinggi. Kapasitas microSD yang didukung adalah 256GB, dan yang jelas pastikan anda menggunakan MicroSD yang asli.



Untuk FPV nya, anda tinggal perlu menghubungkan smartphone atau tablet anda ke remote menggunakan kabel bawaan yang di sesuaikan dengan device anda, misal microUSB, TypeC atau Lightning. Dan yang perlu diperhatikan adalah, pastikan anda menggunakan smartphone yang kuat, maksudnya yang memiliki spesifikasi cukup bagus karena aplikasi FPV untuk drone ini sangat memerlukan komputasi tinggi terlebih apabila anda ingin menggunakan fitur Active Track, jadi ada baiknya kalau menggunakan smartphone yang bagus sekalian untuk bisa menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh Fimi.


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones


Dalam tiap pembeliannya, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x RC Quadcopter( with camera)

1 x Transmitter

1 x Release-and-drop plus megaphone module(Option)

1 x 11.4V 4500mAh Lipo Battery

3 x USB Cable

4 x Propeller

1 x AC Cable

1 x Charger

2 x Manual


Untuk mendapatkan Drone Fimi X8 SE 2022 V2, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Fimi X8 SE 2022 V2

Link mati? bisa Lapor Disini


kesimpulan admin omahdrones untuk Fimi X8 SE 2022 V2 mungkin drone ini akan membuat sedikit kecewa bagi yang sudah membeli drone Fimi generasi sebelumnya. Itu wajar sih, karena banyak juga yang merasakan kekecewaan seperti itu bahkan untuk drone sekelas DJI juga. Namun yang namanya peningkatan teknologi dan perkembangannya tidak bisa berhenti di situ – situ saja, otomatis bisa jadi di tahun berikutnya, Fimi akan memberikan upgrade lagi bagi drone X8 nya atau malah bisa juga mengeluarkan drone baru yang lebih mendebarkan.


Spesifikasi Drone Fimi X8 SE 2022 V2 - OmahDrones

Untuk mendapatkan Drone Fimi X8 SE 2022 V2, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Fimi X8 SE 2022 V2

Link mati? bisa Lapor Disini

Untuk urusan harga sih, drone ini juga sudah banyak dijual di marketplace indonesia, terakhir admin pantau, drone ini dijual mulai 7 jutaan, namun harga tentu bisa berubah sewaktu – waktu karena harga itu di tangan seller kan.