Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini

 Drone ekonomis, yang memiliki harga relatif terjangkau memang menjadi primadona banyak orang. Terutama bagi pemula yang merasa mulai tertarik untuk menerbangkan drone. Daya tarik lainnya seperti model drone juga turut serta menjadi “pemikat” antara sebuah drone kepada calon – calon pembelinya, oleh karena itu banyak produsen drone berusaha membuat desain drone yang menarik untuk bisa memikat para pembeli untuk membeli drone buatan mereka. Dan hingga saat artikel ini ditulis, sudah banyak sekali brand atau merk drone dipasaran indonesia, bahkan ada di antaranya tidak memiliki brand yang jelas, namun nyatanya tetap laku di pasaran karena mungkin harga yang juga masih bisa bersaing. Selain harga, fitur yang ditawarkan juga turut serta menjadi salah satu faktor apakah drone tersebut bakal menarik di mata calon pembeli atau tidak.


Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones



Kalau drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini sebenarnya ini adalah salah satu drone kelas mainan untuk pemula yang sudah memiliki kamera Wifi-FPV. Wah kayaknya lengkap juga nih fiturnya, tapi jangan terlalu ber ekspektasi terlalu jauh. Adalah Drone buatan LSRC dengan nama seri LS-MIN Drone ini termasuk ke dalam kategori mini drone juga, dengan ukuran super kecil sekitar 10 x 10 cm saja. Dan si kecil ini juga punya desain foldable arm sehingga ketika drone ini lengan nya di lipat, akan berukuran sekitar segenggaman orang dewasa saja. Drone ini juga masih menggunakan motor brushed sehingga kalau digunakan terlalu sering apalagi dalam satu waktu, motornya bisa cepat rusak karena overheat.




Kalau fiturnya, tidak terlalu banyak sebenarnya, seperti dia masih belum memiliki navigasi jadi kalau sedang hovering dan terkena terpaan angin. Drone ini akan mudah terbawa angin. Jadi saran admin ya drone ini lebih enak untuk terbang indoor karena ukurannya yang kecil, tenaganya juga tidak terlalu besar apalagi untuk melawan angin. Untuk fitur standar seperti one key take-off/Landing, headless mode dan one key return juga masih ada disini. Bahkan ada fitur flipping dan speed switch juga, jadi untuk drone kelas mainan, lumayan banyak fitur yang sudah ada di drone ini, dan untuk fitur lebih lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:


- Foldable arms, small size, easy to carry.

- With altitude hold mode function, flight is stable.

- In headless mode, there is no need to adjust the position of the aircraft before flying.

- Easily find your way home using the one-button back function.

- Built-in 500W pixel /4K pixel HD camera. Surprisingly, it can capture stunning pictures and videos from the sky.

- With WiFi function, it can be connected to applications, APK system, and take photos, videos, and real-time transmission through mobile phone camera images.

- Draw a flight path on the screen, the drone will fly autonomously along the specified path.

- 2.4GHz anti-interference technology.

- 4 channels for ascent, descent, forward, backward, left flight, right flight and 360°roll.

- Six-axis gyroscope, smoother flight and more convenient control.

- LED lights make flying more spectacular, especially in the dark.



Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones



Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN



Brand Name: LANSENXI

Item NO.: LS-MIN

Material: ABS Plastic & Electronic Components

Color: Black, Grey White (Optional)

Gyro: 6-axis

Frequency: 2.4G

Channel: 4CH

Motor: 716 Brushed Coreless Motor

Battery: 3.7V 650MAH Lipo Battery (Included)

Transmitter Power: 3 x AAA Battery (Not Included)

Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)

Flying Time: about 11-13mins

Charging Time: 40 minutes

RC Distance: 50-80m

FPV Distance: 30-50m

FPV: WiFi

Camera: 1080P-5.0MP Camera,4K Camera (Optional)

Resolution: 500W-1080P, 4K

Camera Angle: Fixed at 25°

Quadcopter Size: 10*5*12.5*3cm (Unfolded)

                           8*6.5*3cm (Folded)

Package Weight: 269g/280g

Package Size: 22x15x6cm/22x12x6cm





untuk drone yang ukurannya kecil, mengejutkan karena dia memiliki baterai yang cukup besar, meski masih berupa baterai 1S yang tegangannya hanya 3.7Volt, tapi baterai ini memiliki kapasitas yang lumayan besar untuk sebuah mini drone yaitu sebesar 650mAh. Dengan baterai ini, kalau menurut tabel spesifikasi anda bisa terbang hingga 13 menit. Namun tetap saja lama terbang dari drone ini tergantung juga dengan bagaimana anda menerbangkan drone ini, serta situasi dan kondisi pun juga bisa jadi faktor lama terbang. Tipe baterai ini proprietary alias baterai khusus untuk drone ini saja, jadi kalau mau beli baterai cadangan, pasti akan sulit mengingat drone ini tidak begitu populer. Solusinya, beli saja dengan bundle 2 atau 3 baterai sekaligus ketika membeli drone ini, terutama dari marketplace kelas internasional, dimana biasanya ada banyak opsi yang bisa kita pilih karena penjualnya merupakan seller direct langsung dari pabrikannya.


Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones


Untuk unit kendalinya bentuknya sih mirip joystick untuk game, ya desain yang nyaman digenggam dan mudah dijangkau tiap tombolnya. Di remote ini terdapat banyak tombol untuk tiap fungsi yang dimilikinya, tiap tombolnya pun terdapat sebuah label yang bisa memudahkan pengguna untuk mengetahui fungsi dari tombol tersebut. Dan untuk jarak jangkauannya, remote ini sebenarnya adalah remote basic juga, jadi kemampuannya pun juga masih minim. Di tabel spesifikasi, jangkauan maksimal dari remote ini hanya mencapai 80 meter, namun di lapangan, jangkauannya bisa lebih menyusut karena interferensi sinyal lain yang sama – sama berfrekuensi 2.4GHz sama seperti frekuensi remote ini.


Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones



Di kameranya, kamera ini masih belum memiliki slot microSD sehingga semua gambar dan video yang anda ambil akan ditransfer melalui koneksi Wifi ke smartphone anda secara langsung. Ya anda akan mendapat resiko videonya jadi putus – putus karena koneksi Wifi-FPV yang frekuensinya sama seperti remote control yaitu 2.4GHz. Dalam iklan, mungkin LS-MIN ini tertulis memiliki kamera yang bisa mengambil gambar ber resolusi 4K, namun mengingat itu hanya “bahasa iklan” anda sebenarnya hanya mendapat kamera super basic, yang bener – bener kualitas dasar, jadi jangan harap anda akan mendapatkan gambar yang tajam seperti drone professional.


Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones



Tiap pembelian drone LS-MIN anda akan mendapatkan item berupa:

1 x LS-MIN Drone

1 x Remote Control

1 x 3.7V 650MAH Battery

1 x USB Charging Cable

4 x Spare Blade

4 x Protection Cover

1 x Manual






kesimpulan admin untuk drone ini, kalau anda ingin sekedar mencoba drone Wifi-FPV, drone ini layak untuk dibeli. Terlebih ukurannya yang kecil dan foldable arm juga. Sehingga anda bisa menerbangkannya di ruangan yang tidak terlalu besar seperti kamar anda sendiri misalnya. Tapi tetap hati – hati dengan baling – baling yang berputar karena kalau kena kulit ya tetap bahaya. Setidaknya di sisi harga, drone ini juga bisa jadi pertimbangan karena harganya bisa dibilang “bersaing” dengan mini drone mainan lainnya.


Spesifikasi Drone LSRC LS-MIN Mini - OmahDrones



Untuk rentang harganya, terakhir admin cek di situs marketplace kelas internasional, LS-MIN ini dibandrol sebesar 41USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, itu setara dengan Ribuan saja. Dengan harga sebesar itu, ada banyak drone sejenis yang mungkin bisa jadi pertimbangan lagi sebelum anda memutuskan untuk membeli drone kecil yang terjangkau.