Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - GPS Ready

 Drone GPS masih menjadi primadona setidaknya di saat admin menulis artikel ini. Ada banyak sekali brand dan tipe drone yang sudah dilengkapi dengan GPS. Bahkan tidak hanya drone professional saja namun banyak juga ternyata drone mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS. Meski terlihat agak tidak seimbang karena fungsi GPS nya terlalu “advance” untuk sebuah drone mainan. Tapi sebenarnya tidak begitu juga karena biasanya drone mainan yang ada GPS nya itu, GPS nya juga masih GPS kualitas rendah, jadi ya bisa dibilang GPS yang harganya juga paling “murah” namun tetap fungsional. Maka dari itu, kalau melihat drone mainan dengan GPS bisa dibilang mereka pakai GPS biasa, bukan GPS/GLONASS karena harganya ya beda jauh.


Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones


Bicara soal GPS, drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga memiliki GPS dan bisa dibilang itu adalah salah satu key feature dari drone ini. Uniknya lagi, drone ini dipasarkan oleh 2 brand berbeda, sehingga dia memiliki nama seri yang berbeda juga. Kalau dipasaran drone ini SMRC S20 dan juga YL S30. Drone ini sama bentuk dan sama spesifikasi karena pada dasarnya drone ini memang sama. Hanya dipasarkan oleh brand yang berbeda sehingga kedua drone ini memiliki nama yang berbeda juga. Drone ini sudah memiliki lengan yang bisa dilipat atau bisa dibilang “Foldable Drone” dan bentuknya sih mirip seperti DJI Spark.



Bedanya SMRC S20 Atau YL S30 ini masih menggunakan motor brushed dengan gearbox, jadi harusnya drone ini perlu perawatan yang lebih dibagian mesinnya terutama kebersihan dari debu atau pasir dan beberapa kotoran yang bisa menghambat dan merusak gear. Dengan adanya GPS, tentu anda bisa mendapatkan fitur advanced seperti return to home yang bisa dipicu dengan menekan tombol fungsi di remote, atau bisa secara otomatis terpicu ketika baterai drone mulai menipis serta ketika drone kehilangan koneksi dengan remote. Selain itu anda juga mendapat fitur follow me dan juga circle me. Untuk fitur standar juga masih ada, seperti flip misalnya, juga masih tersedia headless mode, serta switchable speed yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Untuk fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:


1. With one key to take off and altitude hold function, you can control it easily. 

2. With 1080P camera, it enables to take pictures and record videos.

3. 6-axis gyroscope that can have more stable flight and be easy to control. It has 3-level flight speed to switch which can make it more fun with flying.

4. 360 degree flips, around different directions to roll, rolling speed sensitive, accurate positioning.

5. With headless mode funtion, no need to adjust the position of aircraft before flying.

6. With the wi-fi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time camera image transmission over the phone.

7. GPS Intelligent Positioning and Return System.


Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones



Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30



Brand: SMRC 

Model: S20

Color: black&white

Material: ABS

Camera: 1080P wide angle

Flight time: 15-18 minutes

Charging time: about 120 minutes

Remote control: 2.4GHz  

Function: Up / Down, Forward / Backward, Flip Left / Right Flight, Sideways, Light Emitting Diode, Hold Mode, Headless Mode, One Auto Return Key

Remote control distance: 100M

Battery: 3.7V 1800mAh 

Remote controller powered by: 3*AAA Batteries, not included

Open size: approx.250*250*60mm

Foldable size: approx.135*100*60mm

Package size: 250 x 150 x 100mm 

Package weight: 805g






Drone ini menggunakan baterai 1S biasa, dengan tegangan total 3.7Volt, namun kapasitas dari baterai ini tergolong besar, yaitu 1800mAh. Kalau dilihat dari tabel spesifikasi, dengan baterai ini anda bisa terbang hingga 18 menit. Namun karena lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh cara terbang anda serta kondisi dimana anda menerbangkan drone ini, rata – rata untuk sekali terbang mungkin sekitar 10 menit untuk satu baterai. Perlu di ingat karena SMRC S20 Atau YL S30 ini masih menggunakan motor brushed. Sebisa mungkin jangan terbang terlalu lama dalam satu waktu. Kasihan motornya, kalau nanti overheat, hal terburuk yang anda alami adalah motornya mati total. Artinya anda harus mengganti motor tersebut untuk bisa terbang lagi. Dan karena baterai ini tergolong besar kapasitasnya, admin sarankan paling tidak gunakan Wall Charger dengan arus 1 ampere untuk melakukan pengisian ulang dengan kabel USB Bawaan.



Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones



Remote yang dimiliki oleh drone ini lumayan bagus, dengan bentuk yang masih meniru remotenya Mavic Series, disini anda juga mendapat remote dengan LCD di bagian tengahnya. Tombol fungsinya tidak terlalu banyak, jadi lebih ringkas. Dan di tiap tombol tersebut juga sudah terdapat icon fungsi sehingga anda bisa mengetahui fungsi dari tombol tersebut dengan lebih mudah. Antenna pada remote ini adalah antenna palsu yang fungsinya hanya hiasan semata. Jarak jangkauan drone ini kalau menurut tabel spesifikasi bisa sampai 100 meter. Dan untuk tes di lapangan itu tergantung dimana anda menerbangkan drone ini, kalau anda terbang di kawasan yang banyak interferensi sinyal 2.4GHz, tentu cakupan remote ini akan juga mengecil. Untuk phone holdernya, seperti biasa anda bisa menarik bagian bawah remote karena disitu terdapat penjepit untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV.


Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones




Drone ini memiliki kamera yang bervariasi sebenarnya, biasanya ada 720p dan 1080p. Kalaupun ada yang iklan 4K, kualitasnya juga tidak benar – benar 4K, nanti dari video ori yang cuma 720p di perbesar resolusinya aja. Dan di kamera ini juga belum terdapat slot untuk microSD, sehingga nanti semua foto dan video yang anda ambil akan tersimpan langsung ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV. Jadi kalau koneksi Wifi-FPV nya jelek, anda akan mendapatkan video yang tidak normal, seperti terdapat lag karena frame dropping, akibat dari koneksi Wifi-FPV yang tidak optimal. Jadi untuk mendapatkan video yang lancar, cara mengakalinya ya dengan jangan terbang terlalu jauh supaya sinyal koneksi Wifi-FPV nya tetap full bar.


Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones



Umumnya ketika anda membeli drone SMRC S20 Atau YL S30, anda akan mendapatkan kelengkapan seperti:

1 x RC Quadcopter 

1 x Remote Controller

3 x 3.7V 1800mAh battery

1 x USB Cable

4 x Spare Propellers

1 x Screwdriver

1 x Manual

1 x Case





menurut admin, sebenarnya drone ini bagus. Kalau ada versi motor brushlessnya sih bakal bisa bersaing. Karena dari desainnya yang mirip dengan DJI Spark, dan lengannya bisa dilipat. Namun sepertinya SMRC S20 Atau YL S30 ini masih ditujukan untuk pengguna yang masih mengejar GPS pada drone. Jadi dengan spesifikasi drone mainan tambah GPS, SMRC S20 Atau YL S30 ini bisa menjadi pilihan.



Spesifikasi Drone SMRC S20 Atau YL S30 - OmahDrones



Untuk harganya. Terakhir admin lihat, drone ini memiliki harga yang tergolong mahal. Dengan harga seri tertinggi, dengan carrying case, drone ini dibandrol sebesar 1.7Juta. Dengan harga sebesar itu, kalau anda beruntung, anda bisa mendapatkan drone GPS Brushless juga malah.