Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS untuk Pemula

 Kebanyakan drone kelas mainan tidak dilengkapi dengan sistem navigasi yang mumpuni untuk membuat drone lebih “canggih” atau “cerdas” karena tujuan utama drone mainan yaitu hanya untuk hiburan dan kesenangan semata. Namun seiring permintaan peminat mainan RC khususnya RC yang Terbang seperti Drone Quad-Copter, banyak yang mencari drone murah dengan kata lain drone kelas mainan, namun sudah dilengkapi dengan GPS. Memang agak aneh saja karena umumnya harga GPS untuk navigasinya saja sudah terbilang mahal, apa tidak sayang dan sia – sia kalau dibundling dengan drone mainan yang harganya harusnya tetap ekonomis? Nah, kalau dilihat setidaknya ketika artikel ini admin tulis, sebelumnya admin sudah menulis beberapa ulasan tentang drone mainan yang sudah dilengkapi GPS juga ya, mungkin admin akan kumpulkan besok dalam satu postingan supaya lebih mudah untuk mencari refrensinya.


Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones


Dan di kesempatan kali ini, admin mau kasih tau lagi ada drone mainan yang sudah dilengkapi dengan GPS. Memang GPS yang ada pada drone ini masih GPS kelas bawah, selain untuk menekan harga drone nanti supaya tidak terlalu mahal, juga supaya tidak sayang aja sih, kalau drone mainan dikasih GPS yang bagus. Yang ada harga mahal, tapi kemampuannya masih sama saja seperti drone mainan pada umumnya seperti memiliki kekurangan pada motornya yang masih menggunakan motor brushed, serta baterai yang umumnya berkapasitas kecil. Drone yang akan kita bahas kali ini dari sebuah brand bernama Feilun.



Dengan nama Feilun FX176C1 drone ini masih menggunakan desain Quad-copter lama, masih menggunakan frame standar yang tidak bisa dilipat. Kalau dilihat sekilas, bentuknya memang mirip Bayangtoys X16, namun untuk yang satu ini, dia masih menggunakan motor brushed. Artinya kalau anda gunakan untuk terbang dalam waktu yang lama pada satu waktu, motornya bisa overheat, dan kalau overheat, paling parah, motor bisa rusak mati total. Itulah musuh utama drone dengan motor brushed, apalagi kita sebagai pemilik cuma taunya terbang terbang dan terbang aja.



Fitur utamanya, karena dia sudah dilengkapi dengan GPS, tentu anda bisa mendapatkan fitur return to home yang bisa dipicu dari remote, atau bisa juga terpicu secara otomatis ketika baterai mulai menipis dan ketika drone kehilangan koneksi dengan remote. Selain itu fitur standar seperti one key take-off/landing, headless mode dan juga bahkan juga ada fitur follow me yang bisa anda dapatkan ketika anda menggunakan aplikasi FPV Feilun FX176C1. Untuk fitur selengkapnya, anda bisa menyimaknya dibawah ini:


- GPS-based Fail-safe Return, One Key Return and Low Voltage Return

- 1MP WiFi camera + Altitude Hold for shooting clear photos and smooth videos

- Headless Mode effectively solves the problem of loss of orientation

- Intelligent flight modes are provided - Follow Me, Waypoints, Point of Interest etc.



Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones



Spesifikasi Drone Feilun FX176C1


Brand: FEILUN

Type: Outdoor, Quadcopter

Model: FX176C1

Features: Brushed Version, Camera, Radio Control, WiFi APP Control, WiFi FPV

Motor Type: Brushed Motor

Functions: Automatically Following, Fail-safe, Forward/backward, Headless Mode, Hover, Low-voltage Protection, One Key Automatic Return, One Key Landing, One Key Taking Off, Over-current Protection, Point of Interest, Sideward flight, Slow down, Speed up, Turn left/right, Up/down, Waypoints, WiFi Connection, With light

Size: Large

Satellite System: GPS

Max Speed: 8km/h

Built-in Gyro: 6 Axis Gyro

Kit Types: RTF

Level: Beginner Level

Age: Above 14 years old

Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control

Channel: 4.5-Channels

Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP

Control Distance: 100-300m

Detailed Control Distance: 200m

Compatible with Additional Gimbal: No

FPV Distance: 50m

Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)

Model Power: Built-in rechargeable battery

Battery: 7.4V 700mAh LiPo

Flying Time: 7mins

Charging Time.: 210 - 240mins

Camera Pixels: 1MP ( 960 x 720 )

Video Resolution: 640 x 480

Product weight: 0.8000 kg

Package weight: 1.5100 kg

Product size (L x W x H): 41.00 x 41.00 x 14.00 cm / 16.14 x 16.14 x 5.51 inches

Package size (L x W x H): 47.00 x 28.00 x 10.50 cm / 18.5 x 11.02 x 4.13 inches



baterai yang digunakan untuk Feilun FX176C1 ini adalah baterai 2S bertegangan 7.4V yang kapasitasnya sebesar 700mAh. Kalau menurut tabel spesifikasi, dengan baterai ini anda bisa terbang hingga 7 menit. Namun sebenarnya lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh bagaimana cara terbang anda serta tempat dimana anda terbang. Kalau cuacanya agak berangin, tentu baterai akan lebih cepat habis karena drone akan memerlukan tenaga yang lebih untuk melawan angin. Ya, drone ini bisa melawan angin, namun tidak untuk angin yang besar mengingat motor brushed yang digunakan juga motor brushed kecil sehingga tenaganya juga tidak seberapa. Baterai ini sebenarnya universal, meski dari pabrik diberi semacam case, namun anda bisa menggunakan baterai 2S universal, selama ukurannya muat masuk didalam drone, anda bisa pakai baterai 2S tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah lama terbangnya. Admin rasa sekali terbang 10 menit lalu kasih jeda untuk “cooling down” motornya sebelum terbang lagi.



Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones



Di bagian remote. Feilun FX176C1 memiliki bentuk remote yang cukup keren dan garang kalau kata admin. Tapi bentuk remote seperti ini, kalau jarang dibersihkan juga akan mudah sekali kotor karena endapan debu di tiap sela – sela aksennya. Tombol di remote ini juga terbilang banyak, sayangnya disitu tidak ada icon atau label yang spesifik di tiap tombolnya, jadi anda harus menghafal fungsi dari tiap tombol, atau anda harus memberi label sendiri untuk mempermudah. Lalu untuk jarak jangkauannya, kalau di tabel spesifikasi bisa sampai 300 meter, ya kalau dirata – rata mungkin 100 meteran karena tergantung juga anda terbang di kawasan banyak interferensi sinyal atau tidak. Di bagian bawah remote juga terdapat LCD kecil yang akan menampilkan berbagai informasi seputar drone secara realtime. Dan yang terakhir, anda bisa menambahkan phone holder dibagian atas remote untuk meletakkan smartphone anda nanti.


Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones



Kamera yang disertakan pada drone ini termasuk kamera “apa adanya”. Mungkin untuk menekan harga juga, jadi Feilun hanya memberikan kamera bersensor 1MP saja. Dengan kamera sebesar itu, jangan harap anda bisa mendapat gambar yang besar dan jernih. Kamera ini hanya sebatas untuk “menampilkan gambar” saja sepertinya, atau ya sebagai aksesori tambahan pelengkap. Di kamera 1MP ini juga sudah terdapat Wifi-FPV nya, sehingga anda bisa menikmati Wifi-FPV dengan smartphone anda sebagai monitor FPV nya.



Disini tidak ada slot untuk MicroSD, sehingga semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung ditransfer ke storage pada smartphone anda. Jadi kalau koneksi FPV nya jelek, anda bisa mendapatkan gambar yang putus – putus karena lag di koneksi Wifi-FPV nya. Untuk mengakalinya ya terbang dalam jangkauan yang dekat saja, sehingga koneksi Wifi-FPV nya tetap terjaga.


Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones



Untuk tiap pembelian drone Feilun FX176C1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Quadcopter ( Battery Included )

1 x Transmitter ( with Mobile Phone Holder )

1 x USB Cable

1 x Screwdriver

4 x Spare Propeller

1 x Pack of Accessories





menurut admin, untuk sebuah drone GPS pemula, drone ini sudah cukup, setidaknya anda bisa mendapatkan drone ber GPS di harga 1 jutaan. Cuma yang admin tidak suka dari drone basic GPS seperti ini ya lama terbangnya yang tidak bisa dipaksa lama. Kalau dipaksa ya siap – siap nanggung resiko motornya rusak karena masih pakai motor brushed.


Spesifikasi Drone FEILUN FX176C1 GPS - OmahDrones



Untuk harga kisarannya, admin sudah cek di beberapa online marketplace kelas internasional, disana rata – rata drone Feilun FX176C1 ini dibandrol sebesar 120USD atau sekitar 1jutaan. Kalau untuk sekedar drone GPS, mungkin masih bisa dibilang sepadan dengan harga sebesar itu, tapi kalau ngejar kualitas kamera juga ya, tentu admin tidak menyarankan drone ini.