Spesifikasi Drone Magic Speed X53

 Berbagai cara dilakukan oleh produsen drone untuk membuat produknya laku. Tak jarang sebuah produk memiliki banyak sekali varian yang semata – mata untuk menyesuaikan dengan konsumen yang hendak membeli drone. Beberapa produsen memberikan varian kamera, biasanya seperti tanpa kamera, dengan kamera 2MP, atau dengan kamera 5MP. Dan tak jarang juga ada produsen yang memberikan varian sebuah drone dengan GPS dan non GPS, atau dengan optical flow sensor dan tanpa optical flow sensor. Dengan adanya varian yang banyak seperti itu, bukan hanya untuk memberikan opsi untuk para calon pembeli, namun juga sebagai penekan harga supaya harga jual drone bisa lebih murah, sehingga pembeli mau membelinya, seperti misal harga drone dengan kamera 2MP lebih murah dari kamera 5MP, maka pembeli akan beli drone dengan kamera 2MP di brand dan tipe yang sama.


Spesifikasi Drone Magic Speed X53 - OmahDrones


Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, adalah drone buatan Magic Speed. Sebenarnya Magic Speed memiliki beberapa seri yang juga sudah ada beberapa yang admin bahas di omahdrones, dan kali ini yang akan kita bahas adalah Magic Speed X53. Kalau anda lihat dari gambar diatas, bentuknya sekilas mirip seperti Syma X5HW, karena ukurannya pun bisa dibilang sama, baik motor dan propellernya. Jadi misal anda membeli drone ini dan butuh suku cadang seperti motor, gearbox atau propeller, anda bisa pakai kata kunci X5HW untuk mendapatkan sparepart tersebut. Untuk penjelas, drone ini masih menggunakan motor brushed dan masih termasuk ke dalam kategori drone mainan.




Untuk fiturnya, tentu Magic Speed X53 sudah memiliki fitur standar drone altitude hold seperti one key  take-off/landing, headless mode dan lain – lain. Dan disinilah mungkin key featurenya, karena Magic Speed X53 ini memiki banyak sekali varian, mulai dari yang altitude hold standar hingga ada yang dilengkapi dengan GPS. Untuk harganya tentu juga beda, dan kalau anda beli yang versi GPS. Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti Return to Home, Follow me dan circle me. Jadi karena banyak varian, jangan sampai anda salah pilih, seperti anda pilih karena harganya murah tapi tanpa baca deskripsi kalau itu versi non GPS, nanti yang ada anda akan kecewa. Karena kebanyakan iklan Magic Speed X53 hanya menonjolkan versi GPS nya, seperti list fitur yang ada dibawah ini:


Function: One Key To Auto-Return, Height Holding, Hover, Access Real-Time Footage, Auto-Takeoff.

GPS assisted flight: Provides you with accurate positioning details of your drone.

Built in Return-to-Home (RTH) function: the drone will automatically return to home precisely when its battery is low or the signal is weak.

Hrizontal fixed height / one button emergency stop / one button return / light control / headless mode / one button takeoff / one button landing / forward / backward / left and right turn / left and right side fly and other full-scale operation of ordinary functions.


Spesifikasi Drone Magic Speed X53 - OmahDrones



Spesifikasi Drone Magic Speed X53



Color: black, white

Material: plastic

Net Dimensions(cm): 31.5*31.5*10

Model: X53

Channel Number: 4CH

Gyro: 6 Axis

Radio System: 2.4G

Support system: IOS & Android System Control 

Remote Control Distance(Meters): 100

Flight time(Minutes) : 8 Mins

Battery For Quadcopter: 3.7V 600mAh

Battery For Transmiter: 4×AA

Net Weight(kg) : 0.5

Shipping Weight(kg): 0.58





seperti Syma X5HW juga, drone ini masih menggunakan baterai 1S bertegangan 3.7Volt, kapasitas baterai bawaan ini sebesar 600mAh. Kalau anda beli versi GPS, kapasitas sebesar itu akan cepat habis kalau kata admin. Untungnya, baterai ini merupakan baterai universal sehingga anda bisa beli baterai cadangan yang mungkin kapasitasnya bisa lebih besar juga. Namun perhatikan juga apakah ukuran atau besar baterainya masih muat dimasukkan ke dalam tempat baterai di badan drone. Dengan baterai bawaannya kalau dilihat pada tabel spesifikasi, anda bisa terbang hingga 8 menit, namun tentu lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cara terbang anda serta kondisi dimana anda terbang. Untuk chargernya, seperti biasa anda hanya akan dibekali charger untuk baterai 1S dengan interface USB. Admin sarankan sih paling tidak gunakan kepala charger dengan arus 1Ampere supaya pengisian baterainya lebih cepat.


Spesifikasi Drone Magic Speed X53 - OmahDrones



Untuk remotenya, seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas, remotenya masih dengan style klasik. Dan sebenarnya LCD di bagian bawah itu hanya stiker. Jadi tidak ada LCD asli pada remote ini. Bahkan di tiap tombol fungsinya juga tidak terdapat icon atau label yang bisa memudahkan kita sebagai pilot. Jadi kita harus kasih label manual, atau kalau tidak ya ingat – ingat aja fungsi tiap tombolnya berdasarkan manual book drone Magic Speed X53. Dengan remote standar seperti ini biasanya kita bisa menerbangkan drone hingga 100 meter, namun kalau anda beli drone Magic Speed X53 yang versi non GPS, lebih baik jangan terbang terlalu jauh untuk mengantisipasi terjadinya Fly Away entah karena anda yang belum menguasai orientasi terbang drone atau faktor alam seperti tertiup angin. Nah di bagian atas dari remote ini juga bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor Wifi-FPV.


Spesifikasi Drone Magic Speed X53 - OmahDrones



Untuk kameranya, terdapat banyak pilihan juga, seperti versi non camera, dan tentu dengan kamera yang sudah support Wifi-FPV. Anda bisa mengambil gambar dan video sembari menikmati Wifi-FPV. Namun karena ini masih drone mainan. Jangan harap anda mendapatkan hasil gambar yang jernih dan tajam, bahkan anda juga masih akan mendapatkan video yang banyak guncangannya karena kameranya masih kamera seadanya juga. Bukan cuma itu, bahkan di seri kamera tertinggi, Magic Speed X53 ini tidak memiliki slot microSD di kameranya, sehingga semua foto dan video yang anda ambil akan langsung ditransfer melalui koneksi Wifi-FPV ke smartphone anda. Artinya, anda mendapatkan resiko video yang lag, putus – putus karena koneksi Wifi-FPV yang tidak bagus. Cara mudah menanggulanginya ya dengan jangan terbang terlalu jauh, jadi sinyal FPV nya tetap optimal.


Spesifikasi Drone Magic Speed X53 - OmahDrones



Dalam pembelian drone Magic Speed X53, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Propeller Guards 

1 x User Manual 

4 x Blades

1 x Battery For Drone

1 x Remote Controller/Transmmitter

1 x RC Quadcopter

1 x USB Cable





kalau menurut admin, disisi harga dan apa yang didapat, Magic Speed X53 ini bisa menjawab semuanya. Misal di rentang 500 ribu, anda sudah dapat drone wifi-FPV, nambah dikit, bisa dapat kamera yang lebih bagus, nambah lagi anda bisa dapat versi GPS. Jadi bisa benar – benar disesuaikan dengan budget yang anda punya. Dan sekali lagi ini masih drone mainan, bahkan dia juga masih pakai motor brushed. Kalau anda melirik versi GPS, sebenarnya ada banyak drone GPS yang masih pakai motor brushed lainnya karena admin juga udah pernah bahas di omahdrones.




Untuk harganya, admin udah bocorin diatas tadi, tapi kalau mau versi GPS dan kamera tertinggi, yaitu 5MP, meski udah 5MP ya tetap jangan berharap lebih dari kameranya. Nah, harganya itu kisaran 100USD atau 1.4 jutaan. Bisa dibandingkan dengan drone GPS bermotor brushed lainnya, harganya juga bisa dibilang bersaing sih kalau kata admin.