Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Brushless GPS 3axis Gimbal

 Semakin kesini C-Fly nampaknya mulai mencoba untuk memberikan drone professional untuk konsumen, dimulai dari munculnya C-Fly Obtain yang pada masanya bisa menjadi salah satu drone brushless GPS yang bisa dibilang worth in price, plus bentuknya bisa benar – benar menyerupai DJI Mavic. Kali ini C-Fly kembali menawarkan drone yang tidak kalah bagusnya dengan drone – drone keluaran di awal tahun 2022. 


Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


Drone ini bernama C-Fly Faith 2. generasi 2 dari Faith series, yang di ulasan kali ini saya akan lebih membahas pada varian C-Fly Faith 2S, dimana ini adalah versi upgrade dari C-Fly Faith 2 yang memiliki beberapa upgrade atau fitur yang lebih lengkap di sisi hardware. Utamanya adalah range atau jarak terbang yang dalam iklannya bisa sampai 7KM.


Seperti yang bisa dilihat pada gambar yang sudah omahdrones sertakan pada postingan kali ini, C-Fly Faith 2S sudah menggunakan motor brushless, dengan berbagai sensor tambahan juga, seperti di bagian bawah dari drone ini juga memiliki 2 sensor, yakni sensor optical flow, dan juga sensor ultrasonic. Sensor ultrasonic pada drone ini dimaksudkan untuk membantu sensor optical flow yang pada dasarnya adalah sebuah kamera, ketika sensor optical flow akan menjaga drone akan tetap ditempat meski tidak ada sinyal GPS, lalu sensor ultrasonic digunakan untuk fitur altitude hold, atau dimana drone akan mempertahankan ketinggian ketika hovering.


Untuk tabel spesifikasinya, anda bisa menyimaknya dibawah ini:


Item Specification
C-fly FAITH 2S RC Quadcopter Take-off Weight 525g
Size

Unfolded: 182 X 255 X 74 mm
Folded: 170 X 108 X 74 mm

Maximum ascent speed 5m/s (sports gear)
3m/s (normal file)
2m/s (stable gear)
Maximum descending speed

3.5m/s (sports file)
3m/s (normal file)
1.5m/s (stable file)
3m/s (Return mode)

Maximum horizontal flight speed 17m/s (sports gear)
10m/s (normal file)
5m/s (stable gear)
12m/s (Return mode)
Charging time < 5h (using 5V 2A power adapter)
Flight Time 35mins
Battery 3100mAh Lipo 3S
Remote Control Distance 7KM
Wind Resistance Level 6 wind resistance, support sea flight
SD Card Support
Operating Tenperature 0~40°C
Camera Main image sensor Main control Ambarella A12 ; Sensor SONY 1/2.6 CMOS;
Main photo size 5120*3840 (20 million)
Photo shooting mode Single shooting, continuous shooting, time-lapse shooting
Main camera recording resolution 3840×2160
Maximum stream of main camera video 60Mbps
Support file system FAT32(<=32GB) /exFAT(>32GB)
Image Format JPEG /JPEG+DNG
Video format MP4
Support memory card type MicroSD card, maximum support 128GB, transmission speed up to UHS-I Speed Grade 3 Micro SD card.
Gimbal Gimbal 3-axis gimbal brushless motor for mechanical stabilization
Controllable rotation range Pitch: -90° to 0°
Stable system 3 axis (pitch +30/-120°, roll ±35°, direction ±30°)
Image Transmission Mobile App C-Fly 2 
Real-time image transmission 720P
Aerial mode Fade mode, surround mode, skyrocket mode, spiral mode
Mobile phone system version requirements Andrio 5.0 or above, IOS 9.0 or above
Distance 7KM


Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


C-Fly Faith 2S ini memiliki baterai bawaan berkapasitas 3100mAh, 3S atau dengan tegangan 11.4V. Dengan baterai ini, dalam tabel spesifikasi tertera bahwa kita bisa terbang hingga 35 menit. Walau tentu saja lama terbang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti angin di lokasi terbang dan juga cara terbang kita sendiri. Dari beberapa sumber yang omahdrones dapat, dengan 1 buah baterai ini kita bisa terbang rata – rata selama 23 menit, lebih pendek daripada waktu terbang yang tertera di tabel spesifikasi. Lalu karena baterai ini desainnya khusus hanya untuk drone ini, maka ketika pembelian juga akan mendapatkan charging dock namun tanpa power adaptor, dan karena baterai ini memiliki kapasitas yang cukup besar, sangat disarankan menggunakan kepala charger USB dengan arus minimal 2Ampere sehingga proses recharging bisa lebih cepat.

Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


Lanjut ke bagian remote controller, disini C-Fly Faith 2S memiliki controller yang simple dan masih mengadopsi desain remote dari DJI Mavic, namun pada remote ini tidak memiliki LCD yang bisa menampilkan informasi. Tombol yang ada pada remote ini pun tergolong simple, hanya ada beberapa tombol fungsi penting saja, seperti auto take off/landing, return to home, switch untuk gps on/off, dan juga tombol untuk mengatur Gimbal kamera. Selain itu main feature dari C-Fly Faith 2S juga ada di remote ini, karena sekarang kita bisa menghubungkan remote ke smartphone dengan kabel data bawaan dari C-Fly Faith 2S. Mirip seperti drone kelas professional, sehingga untuk FPV kita tidak perlu menggunakan Wifi smartphone kita lagi. Selain itu, seperti yang sudah admin katakan di awal tadi, dengan remote ini anda bisa mengendalikan C-Fly Faith 2S hingga 7KM kalau menurut tabel spesifikasi atau juga menurut iklan dari C-Fly Faith 2S ini.


Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


Nah untuk kameranya, C-Fly Faith 2S juga mulai menunjukkan ke “professional” an nya di bidang pengambilan gambarnya. Itu dibuktikan karena C-Fly Faith 2S memiliki sensor kamera yang cukup bagus untuk kelasnya. Dan untuk mengambil video juga sudah bisa menangkap resolusi 4K 30FPS dan gambar yang dihasilkan itu benar – benar 4K, jadi tidak 1080p yang dibentangkan jadi 4K, yang ada hasilnya cuma menuh – menuhin microSD padal kualitasnya sama aja dengan 1080p. Meski fitur manual kameranya masih tidak selengkap DJI, namun ada beberapa fitur yang patut di acungi jempol untuk drone di kelas ini, seperti memiliki kemampuan digital Zoom, dan drone yang satu ini sudah dilengkapi dengan 3axis Gimbal. Sehingga gambar yang dihasilkan sudah halus. Untuk metode penyimpanannya, kalau anda berniat mengambil gambar full 4K, C-Fly Faith 2S juga sudah support microSD hingga 128GB, pastikan pakai microSD yang bagus supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika sedang merekam video.


Koneksi FPV pada C-Fly Faith 2S juga sudah lebih advance lagi, kita tidak menggunakan Wifi smartphone untuk bisa FPV, karena disini kita bisa menghubungkan smartphone dan remote dengan menggunakan kabel bawaan sesuai konektor yang dipakai smartphone kita, sehingga nanti yang menangani koneksi FPV adalah remote, sehingga harusnya koneksi FPV jadi lebih kuat sehingga jangkauan terbang dan FPV nya bisa lebih jauh lagi.


Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


Ketika pembelian C-Fly Faith 2S, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:

1 xFAITH 2S Drone

1 x remote control

1 x backpack

4 x Propeller Screw

1 x USB Charging Cable

1 x battery

1 x charger


Untuk sebuah drone yang mungkin bisa dibilang Professional sih kalau admin bilang, mengetahui fitur yang dimiliki oleh C-Fly Faith 2S sangat lengkap. Namun kalau dibandingkan dengan mavic pro misalnya, tentu C-Fly Faith 2S masih dibawahnya kalau dibandingkan secara head to head. Baik dari fitur secara teknikal atau fitur di bagian softwarenya.


Untuk mendapatkan C-Fly Faith 2S ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli C-Fly Faith 2S

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone C-Fly Faith 2S - Omahdrones


Untuk harganya, terakhir admin cek C-Fly Faith 2S di beberapa online marketplace global, dia dibandrol sebesar 400USD atau kalau di rupiahkan, itu setara 5jutaan. Ya kalau dibandingkan dengan Mavic Pro generasi pertama aja harganya sudah bisa dibilang lebih murah C-Fly Faith 2S. Jadi mungkin ini bisa jadi salah satu refrensi drone brushless GPS yang ramah di kantong namun memiliki fitur yang lumayan banyak.