Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - Wifi FPV Optical Flow

Drone untuk pemula sejatinya bakal terus dicari oleh para pemula. Dan kalau dilihat dari perkembangannya makin kesini, drone untuk pemula sudah memiliki beberapa fitur bawaan yang mempermudah si pilot untuk menerbangkannya. Berbeda dengan jaman admin dulu belajar menerbangkan drone. Dengan drone serba manual karena belum menjamurnya drone altitude hold. Dan juga untuk sebuah drone manual harganya pun masih terbilang tidak murah. Namun kalau untuk sekarang, di pertengahan tahun 2020 waktu admin menulis artikel ini. Sepertinya untuk mendapatkan sebuah drone untuk pemula tidaklah sesulit jaman admin dulu. Sekarang, kita bisa menemukan banyak sekali drone yang cocok untuk pemula, dengan harga yang juga bisa dibilang lebih bersahabat.



Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones





Dan untuk kesempatan kali ini, admin mau membahas drone buatan ZLRC yang dimana brand ini sebenarnya memiliki beberapa produk yang sempat booming seperti ZLRC Beast yang menjadi pilihan karena sudah menggunakan motor brushless dan GPS. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah drone kelas mainan untuk pemula dengan nama pasarnya ZLRC SG107. Mungkin, di beberapa tempat anda hanya akan melihat SG107 saja, jadi justru brand ZLRC nya tidak di tonjolkan. Nah, drone ini bisa ditebak, kelas mainan, menggunakan motor brushed yang rawan sekali rusak kalau sudah overheat karena digunakan terlalu lama dalam satu waktu. Jadi harap hati – hati, karena sekarang banyak drone kelas pemula diberi baterai besar, padahal masih menggunakan motor brushed.


Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones

ZLRC SG107 ini memiliki beberapa fitur bawaan, seperti varian yang bisa anda pilih ketika pembelian, ada varian biasa, dan varian optical flow sensor. Kalau mau lebih aman, bisa pilih varian dengan optical flow, karena secara teknisnya, drone bisa lebih anteng dengan mempertahankan posisi menggunakan kamera optical flow yang menghadap kebawah. Tak cuma itu, ZLRC SG107 juga dilengkapi dengan fitur standar seperti altitude hold, speed switch, dan untuk fitur lebih advanced dia bisa melakukan smart follow dengan image tracking hingga memiliki fitur MV Effect segala yang bisa dibuka atau anda pilih melalui aplikasi FPV nya. Untuk fitur dari ZLRC sesuai sumber bisa dilihat dibawah ini:
- Switchable Dual Camera: Front camera and bottom camera can be switched by remote controller
- Optical Flow Dual Positioning: Equipped with optical flow Locator in the horizontal direction and fixed air pressure in height direction to achieve accuracy, hover to make the picture clearer.
- Modular battery: The battery adopts modular design, which is easy to install and replace.
- Gesture interaction: Free up your hands for a big picture and get together to take a group photo.
- Smart Phone Control: More ways to play in the APP.
- HD Video Transmission




Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones

Spesifikasi drone ZLRC SG107




Product material: ABS
Adjustable angle camera: adjustable camera by transmitter, 90 degree
Phone size (max): 5.5 inch
Remote control battery: 2 x AAA batteries (not included)
Frequency: 2.4GHz
Battery: 3.7V 1200mAh (included)
Control distance: about 150M
Flight time: about 15 minutes
Charging time: about 3 hours
USB charging (3.7V): yes
Product size: 28 x 22 x 5.5cm (expanding), 12 x 7.5 x 5.5cm (folding)
Image transmission distance: 80CM
Image follow: 1-3M
Tap Flight: yes
Camera lens: 120 degree
Hand gesture shooting / video recognition: 1-3M
Photo / video share: v
Photo resolution: 4096 x 3072P
Video resolution: 2048 x 1080P
Frame rate: 20fps



Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones

seperti yang admin katakan di awal tadi, kebanyakan drone untuk pemula sekarang justru diberi baterai yang besar kapasitasnya dengan tujuan bisa terbang lebih lama. Ya memang benar, tapi efek sampingnya motornya bisa overheat. Ya kalau motornya bagus bisa lebih tahan, kalau dapat motor yang jelek, tentu saja bisa cepat rusak. Baterai yang dimiliki drone ini masih baterai 1S atau ber tegangan 3.7Volt saja, namun kapasitasnya lumayan besar yaitu 1200mAh. Dan menurut tabel spesifikasi, dengan baterai ini anda bisa terbang hingga 15 menit. Kalau untuk cari aman sih, paling tidak 15 menit itu dibagi 2 sesi terbang dengan sekali jeda untuk cooling down motornya agar tidak terlalu panas. Untuk mengisi ulang baterai, seperti biasa nanti anda akan diberi kabel USB ke microUSB, enaknya disini, anda juga bisa menggunakan kabel MicroUSB seperti untuk merecharge smartphone pada umumnya. Lebih praktis karena kalaupun kabel bawaanya rusak, anda tetap bisa recharge dengan mudah.





Remote dari drone ini memiliki desain super minimalis. Bentuknya mungkin mirip sebuah kotak tempat kacamata. Di remote ini memiliki grip di kanan dan kirinya, dan untuk menghidupkan remote ini, caranya tinggal buka saja gripnya lalu remote akan otomatis on. Grip ini juga berfungsi sebagai phone holder untuk anda menikmati Wifi-FPV. Remote ini memiliki antenna palsu yang fungsinya hanya sebagai aksesori saja, dan untuk jarak jangkauannya, kalau melihat pada tabel spesifikasi, ZLRC SG107 bisa anda terbangkan hingga radius 150meter, mungkin masih masuk akal ketika anda menerbangkannya di wilayah tanpa interferensi sinyal, tapi kalau di kawasan tersebut terdapat sinyal frekuensi sama yakni 2.4GHz, maka tentu nanti akan terjadi interferensi yang mengakibatkan jarak jangkauan dronenya mengecil.



Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones
Sebagai drone untuk pemula, ZLRC SG107 termasuk lengkap karena sudah dilengkapi dengan kamera yang sudah bisa Wifi-FPV. Meski masih sekedar Wifi-FPV yang basik, dengan kata lain, apa yang anda foto dan rekam, akan langsung tersimpan ke smartphone melalui koneksi Wifi, jadi jangan kaget kalau hasil videonya nanti akan terdapat gangguan seperti lag akibat frame dropping. Karena hal itu bisa terjadi sebab frekuensi Wifi-FPV yang digunakan sama dengan frekuensi remote control yaitu 2.4GHz. Meski begitu, dalam iklannya, ZLRC SG107 disebut bisa mengambil gambar ber resolusi 4K. Ya memang benar sih, tapi itu hanya gambar yang “diperbesar resolusinya” dari resolusi awal yang mungkin hanya 720p saja. Jadi jangan berharap mendapatkan gambar dengan kualitas yang mantap dan tajam kalau mau membeli drone ini.

Spesifikasi Drone ZLRC SG107 - OmahDrones


Dalam pembelian drone ZLRC SG107, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:


1 x Drone,
1 x Remote Control,
1 x Battery,
1 x USB Charging Cable,
1 x Screwdriver,
4 x Spare Blade,
1 x English Manual




kalau menurut admin, ZLRC SG107 ini memang cocok dijadikan salah satu pilihan untuk anda yang masih pemula. Dengan harga yang lumayan terjangkau, anda bisa mendapatkan drone yang sudah bisa Wifi-FPV, dan juga sudah dilengkapi dengan optical flow sensor. Kalau mau dibandingkan dengan drone sekelasnya misal Eachine E58, disitu ada plus minusnya, karena si E58 tidak punya optical flow, tapi punya slot microSD untuk kamera. Sedangkan ZLRC SG107 tidak punya slot microSD, tapi dia memiliki optical flow sensor.




Untuk harga kisarannya, terakhir admin survey di beberapa marketplace kelas internasional. Disana rata – rata drone ini dibandrol sebesar 51USD versi lengkap dengan tas. Kalau diubah ke kurs rupiah, mungkin setara dengan 700 Ribuan. Masih tergolong drone dibawah satu juta tentu saja, jadi drone ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dari banyaknya drone yang cocok untuk pemula.