Spesifikasi Drone SMRC S30 - GPS Drone Pemula

Punya drone GPS. Adalah salah satu keinginan bagi beberapa orang. Terutama bagi anda yang baru tau kalau GPS itu sangat penting adanya untuk drone. Karena dengan adanya GPS. Drone bisa lebih mudah dikendalikan. Terutama ketika kita lost orientation, kita hanya perlu tekan tombol return to home, maka drone akan otomatis pulang ke tempat pertama ia take-off. Sebelumnya, drone yang memiliki GPS memiliki harga yang cukup mahal, karena biasanya drone yang sudah ber GPS itu memiliki kemampuan yang bagus meski belum termasuk drone professional. Namun sekarang, sebenarnya kalau kita bisa mencari, kita bisa menemukan drone GPS yang harganya ramah dikantong. Ini sangat berarti bagi orang – orang berdompet tipis seperti admin omahdrones.




Spesifikasi Drone SMRC S30 - OmahDrones




Ada beberapa drone GPS yang murah belakangan ini, salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Yaitu drone dari SMRC. Dan seri yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah SMRC S30. Drone ini memiliki style seperti DJI Phantom series. Dengan bentuk yang dibuat mirip dengan Phantom 4 namun dengan ukuran yang lebih kecil. Drone ini juga masih menggunakan motor brushed, jadi kalau bisa, tiap terbang juga pikirkan waktu seberapa lama supaya motornya tidak overheat dan rusak. Namun yang menjadi daya tariknya adalah karena SMRC S30 ini memiliki GPS didalamnya.


Dengan adanya GPS tersebut. SMRC S30 ini jadi memiliki banyak fitur advanced, seperti tentu saja return to home. Dimana SMRC S30 ini bisa pulang ke tempat pertama dia take-off, lalu dia juga bisa follow me, circle me dan way point menggunakan aplikasi FPV nya. Selain itu, ada beberapa fitur standar seperti headless mode juga. Untuk fiturnya memang dari SMRC nya sendiri juga tidak membeberakan banyak fitur seperti yang bisa anda lihat dibawah ini:
-4K Flagship Camera
-Electronic Stabilization Remote Control
-GPS Fixed-Point Hover Smart Home
-5G Image Transmission




Spesifikasi Drone SMRC S30



Item Name: SMRC S30 5G GPS 4K Aerial Photography Drone
Brand: SMRC
Color:  Grey/Black(Optional)
Battery: 7.4V 1300MAH Lipo Battery
Flight time: 15-18mins
Remote Distance: about 500m
Charging time: 100mins
Drone Weight: 500g
Drone Size: 27*27*12cm
Package Size: 31.4*8*24cm




SMRC S30 ini memiliki baterai bawaan tipe universal, jadi harusnya anda bisa mencari baterai cadangannya dengan lebih mudah. Spesifikasinya, baterai ini merupakan baterai Li-Po 2S biasa, yang tegangan totalnya 7.4Volt, dan kapasitasnya sebesar 1300mAh. Dengan satu baterai ini, anda bisa menerbangkan SMRC S30 selama kira – kira 12 menit. Tapi ingat karena SMRC S30 masih menggunakan motor brushed. Lebih baik 12 menit itu dibagi 2 sesi, jadi 6 menit 6 menit. Kenapa? Semata – mata untuk membuat motor tidak overheat dan hasilnya drone bisa lebih awet karena motornya tidak cepat rusak. Anda bisa mengisi ulang baterai ini menggunakan balance charger favorit anda, tapi kalau mau simple sih bisa pakai charger bawaan. Seperti biasa, charger bawaan hanya berupa Kabel USB Charger saja, jadi kalau saran admin, lebih baik gunakan kepala charger dengan arus minimal 1 ampere supaya pengisian baterainya bisa lebih optimal.



Spesifikasi Drone SMRC S30 - OmahDrones

Untuk remotenya, bentuk remotenya sungguh simple. Hanya kotak dan lagi dia meniru desain dari remote Mavic Series. Namun disini tidak ada gripper dan antenna walau hanya berupa aksesori. Jadi hanya ada phone holder saja. Meski begitu, di remote ini sudah terdapat banyak tombol fungsi dan iconnya, sehingga anda bisa mengetahui fungsi dari tiap tombolnya. Kalau di tabel spesifikasi, anda tercatat bisa mengendalikan drone hingga 500m atau 1KM, kalau dilogika saja tidak akan bisa, karena remotenya belum menggunakan antenna eksternal. Drone ini rata – rata hanya memiliki jarak jangkauan 100m saja dan lagi, jarak kendali juga bisa dipengaruhi oleh dimana anda sedang terbang, kalau disitu banyak interferensi sinyal nanti tentu jarak jangkauannya akan lebih pendek lagi.


Spesifikasi Drone SMRC S30 - OmahDrones

Kamera pada SMRC S30 ini sebenarnya sudah cukup untuk sebuah drone mainan yang dilengkapi dengan GPS. Sayangnya SMRC menambahkan gimmick 4K pada kamera ini. Ya memang bisa 4K tapi dalam bentuk Foto yang diperbesar. Jadi bukan resolusi asli dari kamera ini. Bahkan, disini tidak ada slot untuk microSD, sehingga semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan melalui transmisi Wifi-FPV ke smartphone anda. Artinya, anda juga akan beresiko mendapatkan hasil video yang putus – putus atau lag akibat koneksi Wifi-FPV yang tidak stabil. Maka dari itu, kalau bisa ya terbang jangan terlalu jauh kalau ingin kekuatan sinyalnya kuat terus.


Dan yang terakhir, Wifi-FPV drone ini menggunakan Wifi 802.11ac, sehingga sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support untuk Wifi 5G atau Wifi 802.11ac karena kalau tidak, ya anda tidak akan bisa menikmati Wifi-FPV di drone SMRC S30 ini.


Spesifikasi Drone SMRC S30 - OmahDrones

Untuk tiap pembelian SMRC S30, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Drone
4 x Propeller Protector
4 x Propeller
1 x Remote Controller
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x English Manual



kalau menurut admin, drone ini bisa menjadi drone uji coba sekaligus drone latihan untuk anda yang ingin merasakan bagaimana GPS bisa bekerja pada sebuah drone. Atau bagi anda yang ingin punya drone ber GPS dengan harga ekonomis, anda bisa memilih SMRC S30 ini sebagai salah satu refrensi.


Spesifikasi Drone SMRC S30 - OmahDrones


Untuk harganya sendiri, admin sudah cek di beberapa online marketplace kelas internasional, dan rata – rata drone ini dijual sebesar 70USD ketika admin menulis artikel ini. Dan itu setara dengan 1jutaan. Dengan harga sebesar itu saja anda sudah bisa beli drone ber GPS, dengan segala keterbatasannya tentunya. Seperti motor yang masih brushed serta controller yang mungkin anda tidak suka ketika memegangnya.