Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS

Kalau kemarin admin sudah bahas drone GPS dan sudah menawarkan kamera 4K gadungan, sekarang admin punya saingannya nih. Sebelumnya kita flashback sebentar tentang drone yang kemarin kita bahas, yaitu 4DRC F3 drone tersebut memang sangat bagus di sisi desainnya, bentuknya, dan tampilannya. Hanya saja ketidak jelasan spek seperti pada kamera yang sebenarnya juga hanya sekitar 720p yang dibentangkan jadi 4K sudah gitu, drone tersebut tidak memiliki slot microSD pula, jadi kalau ingin mendapatkan hasil video yang lancar tanpa frame dropping, kita harus terbang dan FPV di jarak yang dekat supaya sinyal Wifi-FPV nya bisa lebih stabil. Dan untuk kali ini, admin menemukan penantang atau sekaligus drone saingan dari 4DRC F3.


Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones

Drone ini memiliki nama JDRC JD-22S, kalau sebelumnya anda sudah pernah membaca ulasan admin mengenai JDRC JD-20. Yap itu masih satu produsen atau satu brand. Drone ini juga termasuk ke dalam jenis foldable drone karena lengannya juga bisa anda lipat untuk menjadi lebih portable sehingga mudah disimpan. Selain itu, untuk desain dasarnya, lagi – lagi JD masih menirukan desain Mavic Family. JDRC JD-22S ini masih menggunakan motor brushed, dimana pasti ada suatu saat motor ini akan melemah dan tidak bekerja sebagaimana mestinya, terlebih kalau anda sering menerbangkannya dalam waktu yang lama di satu waktu.



JDRC JD-22S sudah dilengkapi dengan GPS. Jadi meski dia masih menggunakan motor brushed, drone ini masih bisa melawan angin kecil untuk tetap mempertahankan posisinya. Karena kita tau dia menggunakan motor brushed, jadi jangan mengharapkan dia punya kekuatan yang besar untuk bisa melawan terpaan angin. Dan tentu, dengan adanya GPS, anda jadi memiliki fitur standar drone GPS seperti Return to home yang bisa anda aktifkan dari tombol, atau akan aktif secara otomatis ketika drone kehilangan sinyal remote, atau ketika baterai drone mulai benar - benar menipis. Selain itu terdapat fitur advanced seperti circle me, follow me dan way point. Fitur – fitur tadi menggunakan GPS sehingga drone tanpa GPS tidak akan memiliki fitur tersebut, dan selain itu menurut iklannya, berikut fitur lengkap dari drone JDRC JD-22S:
- HD FPV Flight
Equipped with WiFi camera which transmits the videos in real-time
- Altitude Hold Mode for Stable Flight
With air press altitude hold positioning system, the flight is more stable, bringing clear photos
- Headless Mode
In this mode, you needn't know drone's head position
- 360-degree Flip Function
Just press one key, you can see an aerobatic flight
- High / Middle / Low Speed Switchable
Choose the speed which you need, help you control your drone better
- One Key Takeoff / Landing
Without complex operation, just press one key to achieve flying or landing
- One Key Return
Press one key, the drone will return the original flying place, the flight is more safe



Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones

Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS



Product parameters:
Material: ABS electronic components
Wheelbase: 28cm
Aircraft size: 38 x 33 x 7.5cm
Aircraft battery: 7.4V 1200mAh ( included )
Charging time: 120 - 150 minutes
Flight time: 16 minutes
Remote control battery: 4 x AAA ( not included )
Remote control distance: 200-300 meters
Flying height: 100 meters
WIFI transmission distance: 50 - 70 meters
5G WIFI transmission distance: 150 - 250 meters

Resolution:
Display on the phone without card: 4K ( 3840 x 2160 )
Via memory card: take picture 2560 x 1440, record 2560 x 1440 ( memory card must be purchased by yourself, support iOS 6 or above and Android high-end system )
WiFi real-time FPV camera ( 720P / 1080P / 5G 1080P / 2.5K / 5G 2.5K )

Specs
Brand: JDRC(JINGDATOYS)
Model: JD-22S
Material: ABS/PS, Electronic Components
Type: Quadcopter
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 360 degrees spin, Forward/backward, Headless Mode, Height Holding, One Key Landing, One Key Taking Off, Sideward flight, Turn left/right, Up/down
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level


Connectivity
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,5.8GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Compatible with Additional Gimbal: No


Battery
Battery: 7.4V 1200mAh

Dimensions and Weight
Product weight: 0.2450 kg
Package weight: 0.9400 kg
Product size (L x W x H): 38.00 x 33.00 x 7.50 cm / 14.96 x 12.99 x 2.95 inches
Package size (L x W x H): 25.00 x 21.00 x 9.50 cm / 9.84 x 8.27 x 3.74 inches




sebagai drone GPS, JDRC JD-22S memerlukan baterai yang tegangannya mumpuni, maka dari itu, dia menggunakan baterai 2S sebagai sumber tenaganya, dengan total tegangannya 7.4 Volt dan kapasitasnya bisa dibilang lumayan, yaitu 1200mAh. Dengan satu baterai ini, kalau menurut tabel spesifikasi, anda tercatat bisa terbang hingga 16 menit, namun tentu lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti cara terbang anda misalnya. Ya paling tidak rata – rata dengan satu baterai kita bisa terbang selama 10 menitan lah. Sudah cukup bagus untuk sebuah drone bermotor brushed, sebab kita perlu cooling down motornya agar tidak overheat. Jadi misal anda punya baterai lebih dari 1, sebaiknya tiap sehabis terbang, lakukan cooling down sekitar 15 menit supaya motornya bisa lebih awet. Nah, untuk metode recharging, anda bisa menggunakan semua kabel microUSB karena di tiap baterai sudah terdapat “Charging module” sehingga anda bisa menggunakan kabel microUSB sama ketika anda hendak recharge smartphone anda.


Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones

Untuk remote controlnya, tidak banyak yang spesial dari ini karena dari desainnya saja juga masih meniru desain dari mavic family. Disitu juga ada dua antenna yang fungsinya hanya sebagai hiasan saja, jadi untuk jarak jangkauannya tidak terlalu jauh, meski dalam tabel spesifikasi tertulis, anda bisa terbang hingga 300 meter jauhnya, namun sebenarnya jarak terbang itu bervariasi tergantung dimana anda menerbangkan drone ini. Misal anda terbang di tempat yang banyak interferensi sinyal dengan remote ini yaitu 2.4GHz, tentu jarak jangkauan terbangnya juga ikut menurun. Penambahan icon pada tiap tombol juga sangat memudahkan pengguna ketika menggunakan remote ini, namun yang disayangkan adalah dia masih memakai baterai ukuran AAA sebanyak 4buah. Akan lebih bagus kalau menggunakan baterai rechargeable sehingga ketika baterai habis, kita bisa recharge dan sekaligus go green.


Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones

Untuk kameranya, dalam iklan, JDRC JD-22S dikatakan bisa mengambil Video berresolusi 4K, tapi ya sama saja, sensor kamernanya masih kelas rendah, kalau saran admin sih, tetap ambil resolusi 720p saja sehingga walaupun kualitas gambarnya tetap sama saja, setidaknya anda bisa menyimpan lebih banyak video karena resolusi 720p memiliki ukuran yang lebih kecil dalam file size nya. Bayangkan saja kalau anda ambil resolusi 1080p hingga 4K, tapi kualitas gambarnya sama saja dengan 720p, udah ukuran filenya besar, gambarnya juga nggak jernih. Buang – buang space di microSD saja. Dan yap, JDRC JD-22S ini memiliki slot MicroSD di bagian belakang kameranya. Sehingga anda bisa menyimpan foto dan video yang anda ambil secara langsung tanpa perantara Wifi-FPV, sehingga anda bisa mendapatkan video ori tanpa lag akibat frame dropping atau freezing.


Dan yang tak kalah penting, Wifi-FPV yang digunakan drone ini adalah 5G Wifi, yaitu Wifi 802.11ac. Jadi sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support dengan Wifi 802.11ac karena kalau tidak, anda tidak akan bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan drone JDRC JD-22S ini.


Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones

Dalam tiap pembelian, anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
1 x Aircraft, 
1 x Remote Control, 
1 x 7.4V 1200mAh Battery, 
1 x USB Charging Cable, 
1 x Screwdriver, 
2 x Spare Blade, 
4 x Protection Ring, 
1 x English Manual




menurut admin, JDRC JD-22S bisa jadi lebih admin rekomendasikan untuk Drone GPS Pemula. Meski masih menggunakan motor brushed, setidaknya dalam pembelian anda bisa beli bundle dengan 3 baterai sekaligus serta carrying case. Selain itu, kamera yang sudah memiliki slot microSD itu yang admin rasa perlu, karena dengan itu, kita bisa mendapat video ori tanpa lag. 

Spesifikasi Drone JDRC JD-22S GPS - OmahDrones



Untuk harganya, terakhir admin lihat drone ini di marketplace kelas internasional, dengan bundle 3 baterai dan carrying case itu total hanya 100USD saja, atau sekitar 1.4jutaan kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini. Ya harganya sih bisa dibilang sepadan, karena nambah 1 jutaan lagi bisa dapat yang sudah pakai motor brushless.