Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - GPS Brushless 5G Wifi FPV

MJX selaku salah satu brand RC yang cukup terkenal memang sudah wajar kalau mereka mengeluarkan banyak RC drone yang memukau dan memikat para pilot di seluruh dunia. Kalau dilihat kilas balik, pertama kali MJX populer di indonesia adalah karena drone MJX X101 nya yang dulu memang terlihat beda dari yang lain. Seiring berjalannya waktu, MJX juga terus mengeluarkan banyak sekali varian drone dan bisa dibilang sekarang MJX memiliki semua tipe Drone terutama Drone terbang, baik untuk kelas pemula, mainan, hingga semi professional. MJX masih fokus untuk menjadi produsen drone mainan jadi hingga artikel ini ditulis, MJX belum memiliki drone yang sepenuhnya benar – benar kelas professional.



Mulai populernya foldable drone, atau drone yang bisa dilipat, membuat MJX juga tidak ingin ketinggalan momentum ini untuk mendapatkan lebih banyak peminat. Maka dari itu, MJX mengeluarkan drone foldable yang juga memiliki ukuran kecil. Beratnya yang hanya sekitar 200gram saja, membuat drone ini juga tidak perlu didaftarkan ketika hendak diterbangkan. Banyak negara memiliki aturan seperti itu, jadi misal ada drone dengan bobot diatas 300gram, maka anda harus mendaftarkan dulu drone anda ke pemerintah setempat, kalau ijin sudah keluar baru anda bisa menerbangkannya. Nah, drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah MJX Bugs 7 atau B7.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones

Drone ini memiliki ukuran yang kecil, mungkin bisa anda bandingkan dengan DJI Spark, bedanya MJX Bugs 7 ini memiliki foldable arm. Si kecil ini sudah menggunakan motor brushless, jadi anda tidak perlu khawatir dengan overheat, karena durability motor brushless itu lebih kuat meski anda gunakan berjam – jam nonstop. Dia memiliki setidaknya dua navigasi, yaitu melalui optical flow sensor dan juga GPS. Optical Flow sensor bisa anda gunakan ketika anda terbang indoor, ketika cukup susah mendapatkan sinyal GPS, dan ketika menggunakan optical Flow, jangan terbang terlalu tinggi juga karena kamera optical flow nanti bisa loss track dan sama saja drone tidak bisa mempertahankan posisinya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones


Fitur lainnya karena dia memiliki GPS, anda bisa return to home MJX Bugs 7 melalui remote, selain itu return to home juga bisa terpicu secara otomatis ketika drone mengalami lost signal, dan juga ketika baterai sudah menipis. Advanced feature seperti follow me, circle me dan way point juga tersedia dan bisa anda gunakan melalui aplikasi FPV MJX Bugs 7. dan untuk fitur yang ditulis oleh MJX bisa anda lihat dibawah ini:
-Optical Flow Positioning: The built-in optical flow sensor that gets the real-time optical flow information and makes integrating computations.
-Follow me: The drone's camera will lock on your mobile phone, when using this function, the drone will track you automatically and capture your movement with paticular aerial view.
-Point of interest: Set a specific building, object or position as your point of interest. With point of interest, your drone will continuously circle clockwise around the present point.
-5G WiFi 4K HD Camera: The wide-angle lens, which made up of a number of optical lens elements, makes it possible for the camera to capture sharp and vivid image with expansive background
 


Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones



Spesifikasi Drone MJX Bugs 7



Item Name Specification
MJX Bugs B7 
RC Quadcopter
Brand: MJX
Item Name: Bugs B7
Item No.: B7
Color: Black
Mode: Mode 2 (Left Hand Mode)
Wheelbase: 175mm
Quadcopter Size:140x75x55mm (the arms folded)
                               240×235×55mm (the arms not folded)
Quadcopter Weight: 249g
Max. Ascent Speed: 3m/s
Max. Descent Speed: 2m/s
Max. Flying Speed: 32km/h
Max Flying Time: 15mins
Max. Limit Height: 120m
Flight distance limitation: App can be set
Wind resistance level: <4 level
Hovering Accuracy Range: Vertical ±0.3m,Horizontal ±0.3m(Indoor routine environment, within 3 meters height)
                                            Vertical ±0.3m,Horizontal ±0.5m(Outdoor 3 meters above normal environment)
Motor: 1306 2750KV Brushless Motor
ESC: 4A Brushless 
Built-in Positioning Sensor: GPS/Optical Flow/Barometer
EIRP: 20dbm
Remote Controller
Operating Frequency: 2.4G
Maximum Remote Control Distance: 300m
Transmitter Battery: 1.5V 2 X AA(Not Included)
Using Time: About 12h
4K HD Camera
Item Name: 4K 5G Wifi Camera
APP: M RC PRO
Effective Pixels: 4K 
Image Transmission: 720P@20FPS
Video Transmission System: 5G WiFi(802.11.ac)
Image Transmission Range: 200-300m
Video Frames: 20fps
Lens Angle: 120°
Aperture: F/2.5
Focal Length: 3.6mm
Sensor: 1/2.7 inch  CMOS
Local Video Frame Rate: 4K@16fps,2.5K@25fps
Camera Adjustable Angle: 0° to -90°
Max Photo Resolution: 3840*2160
Max Video Resolution: 3840*2160
Supported SD Cards: Micro SD Card Class 10 And Above (Not included)
Max. Expansion: 32GB
Battery
Capacity: 1500mAh
Voltage: 7.6V
Battery Weight: 74g
Flying Time: About 15mins
Charging Time: About 150mins
Ambient Temperature: 5 ~ 40 Celsius
Charger
Input: 5V/2-2.1A
Output: 7.6V/2A
Operating Temperature Range: 5 ~ 40 Celsius
Weight & Dimensions
Product weight:  249g
Package weight:1.05KG
Product size (L x W x H): 24×23.5×5.5cm
Package size (L x W x H): 21.7*18.5*12.7cm





Baterai bawaan dari MJX Bugs 7 ini memiliki tegangan 7.6Volt. Dengan kapasitas sebesar 1500mAh, rata – rata anda bisa menerbangkan MJX Bugs 7 selama 15 menit untuk satu baterai. Lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh bagaimana cara anda terbang. Karena baterai ini bentuknya paten atau proprietary, kalau mau beli baterai cadangannya mungkin agak susah atau memang susah. Tapi kabar baiknya, ketika anda membeli drone ini, ketika pembelian, biasanya anda bisa memilih bundle dengan 1, 2 atau 3 baterai. Dan kalau saran admin sih tentu lebih baik beli dengan 3 baterai sekaligus supaya lebih mantep terbangnya karena tidak hanya bergantung pada satu baterai saja. Kalau anda beli dengan banyak baterai, biasanya anda juga akan mendapatkan charging doc, jadi dalam satu waktu, anda bisa merecharge 2 baterai sekaligus. Untuk powernya, masih menggunakan USB, jadi paling tidak gunakan kepala Charger atau Wall Charger dengan arus 2 ampere supaya pengisian baterainya lebih cepat dan optimal.



Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones

Lanjut ke bagian remote, MJX Bugs 7 ini memiliki remote yang desainnya lagi – lagi mirip dengan controller mavic series, bahkan di tengah remtoenya juga terdapat LCD yang interfacenya juga mirip. Disini bedanya adalah letak dimana smartphone untuk monitor FPV berada di bagian atas. Remote ini memiliki 2 antenna, dan satu diantaranya merupakan antenna eksternal sungguhan, anda bisa mengetahui itu antenna asli karena disitu terlihat ada kabel yang keluar dari badan remote ke antenna. Dengan remote ini, kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa mengendalikan MJX Bugs 7 dalam radius 300 meter. Dan tentu jarak terbang juga dipengaruhi dimana anda terbang, kalau disitu banyak interferensi sinyal, tentu jarak terbang bisa menurun. Dan yang perlu diperhatikan pada remote ini, kalau anda ingin terbang dengan mode GPS. Jangan lupa saklar GPS mode nya dalam keadaan on. Karena kalau tidak ya sama saja, drone bakal terbawa angin. Saklar ini berada di sisi samping remote.



Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones

Untuk kameranya, MJX Bugs 7 di klaim memiliki kamera yang bisa merekam dalam resolusi 4K. Ya memang benar kali ini. Tapi itu hanya sekedar resolusi. Bukan kualitas. Jadi kalau anda mengambil video resolusi 4K dan 1080p. Kualitas gambarnya sama. Hanya resolusi yang berbeda dan ukuran file 4K yang pasti membengkak. Kalau saran admin sih mentok – mentok ambil saja resolusi 1080p ketika menggunakan drone ini. Dan jangan lupa pakai MicroSD yang bagus. Minimal class 10. slot microSD nya berada di sisi kiri drone. Jadi ketika mengambil gambar dan video, anda bisa mendapatkan file ori tanpa gangguan seperti ketika disimpan langung menggunakan koneksi FPV. Dan untuk frekuensi FPV nya sendiri, dia masih menggunakan Wifi-FPV berfrekuensi 5GHz atau Wifi 802.11ac. Jadi sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support untuk Wifi 802.11ac atau kalau tidak, anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV sama sekali.



Tiap pembelian drone MJX Bugs 7, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 X RC Quadcopter
1 X Transmitter
1 X 7.6V 1500mAh Battery(the battery quantity can be chosen)
1 X Charger 
1 X USB Cable
4 X Propeller
1 X Screwdriver
1 X Manual



menurut admin, MJX Bugs 7 cocok sekali untuk dimiliki. Karena ukurannya yang kecil, dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi karena MJX adalah brand yang bagus selama ini. Dan kualitas kameranya walaupun belum professional, tapi kalau dibandingkan dengan drone Brushless GPS lainnya, MJX Bugs 7 bisa dibilang memiliki kamera yang lumayan bagus kualitasnya. Jadi untuk survey – survey udara saja sudah bisa bagus.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 7 B7 - OmahDrones

Untuk harganya, terakhir admin lihat di beberapa online marketplace kelas internasional, MJX Bugs 7 ini dibandrol sebesar 190USD. Yang kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, itu sama saja sebesar 2.7jutaan. Kalau dari harga segitu, dapat drone berukuran kecil dan kemampuan banyak. Bukankah layak sekali untuk dibeli.