Spesifikasi Drone Eachine E010

Ukuran sebuah drone bukan serta merta menjadi tolak ukur seberapa menyenangkannya drone tersebut. Drone dengan ukuran kecil, yang biasa disebut mini drone, pocket drone, dan sebagainya yang juga sebenarnya termasuk dalam kategori mainan atau Toy, ternyata juga memiliki daya Tarik tersendiri untuk beberapa pilot. Beberapa orang menggunakan drone mini untuk latihan terbang, lalu ada juga yang memodifikasinya sehingga menjadi drone antimainstream, dan beberapa pilot juga suka dengan mini drone karena ukurannya yang kecil namun bisa terbang gesit dan terkesan tidak bisa diam atau anteng. Dari sekian banyak merk drone berukuran kecil sudah bisa dengan mudah anda dapatkan di Indonesia khususnya, dan bahkan produsen drone Eachine pun juga tidak mau kalah dengan produk drone mininya yang satu ini.


Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones



Apalagi bila bukan Eachine e010, drone yang ukurannya hanya sekitar 9 x 9 cm ini justru bisa dibilang cukup laris di kalangan mini drone. Drone ini memiliki propeller 4 blade, berbeda seperti kebanyakan drone yang hanya menggunakan dual blade. Bentuk dasar dari frame Eachine e010 ini juga sudah meliputi propeller protector, sehingga apabila anda gunakan drone ini untuk latihan, anda tidak akan khawatir lagi ketika terbang dan tidak sengaja menabrak sesuatu, karena propellernya masih terlindungi dengan aman setidaknya di tiap sisinya. Bodynya pun juga bisa dibilang keren untuk drone sekelasnya, Eachine e010 memberikan body yang berbentuk layaknya sebuah kendaraan terbang pribadi dan seperti layaknya terlahir untuk racing.

 
Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones
Pilihan Warna Eachine E010

Untuk fitur yang dimiliki oleh Eachine e010, meski belum dilengkapi dengan kamera, namun anda sudah bisa mendapatkan beberapa fitur yang ada di drone besar, seperti headless mode, one key return, dan lain – lain. Sehingga bila anda menggunakan Eachine e010 untuk latihan terbang, anda juga bisa sekaligus mencoba beberapa fitur bawaan untuk kedepannya juga bisa anda terapkan untuk drone dengan kelas lebih tinggi nantinya. Spesifikasinya memang seperti mini drone kebanyakan, namun ada yang special dari drone ini, yakni anda bisa memodifikasi beberapa partnya sehingga menjadi lebih beda dari biasanya. Ada yang mengganti analog throttle nya, ada yang memotong propellernya sehingga menjadi dual blade. Ada juga yang menambahkan FPV camera di drone Eachine e010 ini. Dan yang tidak kalah keren, kamu juga bisa memodifikasi Eachine e010 sehingga bisa dikendalikan dengan remote DEVO.

Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones

Secara spesifikasi untuk detailnya anda bisa melihat dibawah ini:
Description:
Item name: Eachine E010 Mini Quadcopter
Quadcopter Size: 9.5X9.5X5CM
Box Size: 14X8.6X11CM
Gyro: 6-axis
Frequency: 2.4G
Channel:4CH
Battery: 3.7V (150MAH) (included)
Flight time: about 5 minutes
Charging time: 30 ~ 50 minutes
Flying distance: 30 meters

Function: up / down / left turn / right turn / forward / back / left side fly / right side fly / speed file/ 360° flip/ a key return / headless mode / memory function



Eachine e010 memang hanya memiliki baterai yang kapasitasnya sebesar 150 mAh saja mengingat ukuran drone ini juga sangat kecil. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa terbang dan bermain menggunakan Eachine e010 ini hingga dalam waktu selama kira – kira 5 menit. Tidak jauh berbeda juga dengan lama terbang drone sejenis seperti cheerson cx-10 series, karena pada dasarnya spesifikasinya juga sama. Dan ketika baterainya habis, anda tidak perlu charger khusus karena anda bisa melakukan charging dengan kabel USB bawaan yang anda hubungkan ke USB Port pada Komputer atau laptop, bahkan ada juga beberapa powerbank yang bisa digunakan untuk charging drone seperti ini juga sehingga lebih praktis. Untuk lama proses chargingnya kira – kira selama 30 – 50 menit sudah full, atau ketika lampu pada kabel usb sudah mati, itu tandanya sudah full.

 
Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones
Remote Eachine E010

Di bagian remotenya juga sama. Bila anda sudah membaca spesifikasi cheerson cx-10, mungkin anda bisa berkata bahwa remotenya sama. Memang benar, beberapa drone mini menggunakan transmitter mini yang lucu seperti ini. Entah siapa yang memiliki hak paten, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan, seperti misal pada remote bawaan Eachine e010 ini memiliki dua tombol lagi di sebelah kiri di bawah throttle. Dengan remote bawaan ini, anda bisa menerbangkan Eachine e010 hingga radius 30 meter. Kerennya, apabila anda bisa memodifikasi Eachine e010 ini, anda juga bisa mengendalikannya dengan remote DEVO juga. Sehingga mungkin jarak jangkauannya juga bisa lebih jauh untuk drone sekecil ini.

 
Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones
Eachine E010 Kit

Ketika anda membeli sebuah Eachine e010. Dalam tiap pembeliannya umumnya anda akan mendapatkan:
1x Quadcopter Eachine e010
1x Transmitters
1x USB charging cable
1x manual
4x extra propeller



Dengan drone sekecil ini, anda selain bisa belajar terbang, ternyata anda juga bisa memodifikasinya sehingga menjadi berbeda tampaknya. Mulai dari memodifikasi propeller bahkan juga ditambah kamera FPV. Namun sayangnya karena baterainya tergolong kecil, menurut para pilot yang sudah mencoba menambahkan kamera FPV pada Eachine e010, dia hanya bisa terbang tidak lebih dari 3 menit saja. Hal itu wajar, karena selain kamera FPV mengonsumsi daya lebih, juga karena dengan bobotnya yang sekarang Eachine e010 nya jadi lebih mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa terbang yang tentunya semakin menguras baterai lebih cepat.


Spesifikasi Eachine e010 - OmahDrones



Tapi semua itu memiliki daya Tarik masing – masing setiap pilot. Buktinya banyak juga yang suka memodifikasi atau sekedar berakrobat kecil menggunakan drone ini. Untuk harganya juga tergolong murah. Satu unit Eachine e010 ini memiliki harga berkisar Rp 250.000,- saja. Sehingga apabila hanya untuk coba – coba belajar menerbangkan drone akan sangat bersahabat dengan kantong karena dia memiliki harga dibawah satu juta. Belum lagi Eachine e010 ini memiliki beberapa fitur menarik.