Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE


MJX setelah mengeluarkan seri B2 atau Bugs 2 yang sudah dilengkapi dengan GPS. mereka ternyata mendapatkan respon yang positif dari para penghobby drone RTF di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Terutama bagi para pencari drone GPS yang sudah menggunakan motor brushless. Di awal kemunculannya, MJX B2 series, yakni B2C dan B2W menjadi saingan baru Bayangtoys yang sudah lebih dulu mengeluarkan drone GPS yang sudah menggunakan motor brushless. Meski kemampuan GPS pada MJX Bugs 2 series sudah cukup bagus, namun fungsi GPS hanya untuk melakukan penguncian posisi terbang saja, sehingga drone dapat mempertahankan posisi meski dia diterpa angin sekalipun. Maka dari itu, MJX mungkin ingin memberikan suatu peningkatan pada fungsi di Bugs 2 supaya makin lengkap dan memanjakan pilotnya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones

Dari masalah itulah, MJX memberikan solusi dengan mengeluarkan drone baru dengan nama MJX Bugs 2 SE atau bisa juga dipanggil B2 SE. drone ini baik dari bentuk dan spesifikasinya sebenarnya masih sama dengan MJX Bugs 2 yang biasa. Dengan motor brushless 1806 1800KV, dan dengan ESC 8A membuatnya sebenarnya bisa menjadi drone yang gesit baik dalam manuver atau dalam kondisi sprint horizontal. Kalau untuk perbedaan secara fisik, MJX Bugs 2 SE memiliki warna yang berbeda dari Bugs 2 series lainnya, MJX Bugs 2 SE memiliki warna silver yang mungkin bertujuan menambahkan kesan elegan dan lebih futuristic.



Untuk peningkatan yang ditambahkan pada MJX Bugs 2 SE sebenarnya tidak banyak, hanya menambahkan fungsi yang dapat dilakukan dengan bantuan data dari GPS, yakni adalah fungsi follow me, circle me dan juga waypoint mode. Mengingat ketika perilisan B2 series waktu itu, fitur ini belum begitu popular, maka mungkin maksud MJX mengeluarkan MJX Bugs 2 SE adalah suatu cara untuk mereka supaya produknya tetap bisa bersaing dengan drone – drone baru yang memiliki spesifikasi mirip di kelasnya. Untuk highlights selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini:
Highlights
1806 1800KV Motors: Equipped with 4 1806 1800KV brushless motors, make your flight more powerful.
1080P 5G WiFi Camera: Built-in 1080P 5G Wi-Fi camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
Altitude Hold Mode: With altitude hold mode function provides stable flight.
GPS Auto Positioning: With GPS auto positioning system, accurate positioning location, perfect advanced follower.
Up to 18min Flying Time: 7.4V 1800mAh high capacity battery support maximum flying times 18 mins, which saturates all your desires about flying postures of an aerial drone.
With One Key Return: With One key to return function makes it easily to find the way home.
6-Axis Gyro: 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
LED Lights: With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.



Spesifikasi MJX Bugs 2 SE

General               
Brand: MJX
Item No.: Bugs 2 SE
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Propeller Type: 187mm
Wheelbase: 310mm
Motor: MT 1806 1800KV Brushless Motor
ESC: 8A
Quadcopter Size: 41 x 41 x 8cm
Quadcopter Weight: About 440g
Camera: 1080P
Camera Sensor: 1/3.06 Inch; CMOS; 8MP
Max Video Recording Resolution: 1080p@25fps
Battery: 7.4V 1800mAh
Transmitter: GR6221A
R/C Distance: About 600m
Flight time: around 16-17 minutes
Charging time: around 300 minutes
Maximum flight speed: MAX 10M/S
Quiescent Current: =0.4mA
Working current: =20A
Motor current: =6A



FPV Parameter:
Working current: Built-in 5.0V
Operating Voltage: 350-1000mA
FPV Range: 200-300m
Image Resolution: 1920*1080
Viewing Angle:110°
Image Compression Format: MP4
Maximum Transmission Mumber: 25FPS
WIFI Frequency: 5G
APP: BUGS GO
Package Size: 43 x 14 x 29.5cm
Package Weight: About 1.362kg

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones


Baterai pada MJX Bugs 2 SE juga masih sama seperti MJX Bugs 2 series yang biasa, dia dilengkapi dengan baterai bertegangan 7.4 Volt, dengan kapasitas sebesar 1800mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan MJX Bugs 2 SE sekitar 12 menit sekali terbang. Dan karena dia sudah menggunakan motor brushless, anda tidak perlu takut kalau motor akan terlalu panas karena anda gunakan berlama – lama. Cukup sediakan baterai cadangan dan anda bisa terus terbang hingga anda mendapatkan apa yang anda cari. Hanya saja, seperti yang kita ketahui bahwa baterai yang digunakan pada B2 series adalah baterai bertipe proprietary alias baterai yang dirancang khusus untuk MJX Bugs 2. Sehingga anda harus membeli baterai cadangan yang serupa kalau anda ingin mencari cadangannya. Tentu harganya biasanya juga lebih mahal kalau dibandingkan dengan baterai universal.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones


Remote MJX Bugs 2 SE juga masih sama seperti MJX Bugs 2 yang biasa. Dengan desain remote MJX generasi 2 yang lebih terlihat simple dan mewah. Semua tombol sudah memiliki label dan mudah dihafalkan, sehingga anda dapat dengan mudah menghafal tiap fungsi tombolnya. Sayangnya lagi – lagi di remote ini MJX masih memasang antenna palsu yang berfungsi tidak lebih dari sebuah hiasan saja, sehingga karena hanya menggunakan antenna internal, anda hanya mendapatkan jarak jangkauan yang terbatas untuk sebuah drone GPS yakni maksimal sejauh 500 meter. Di bagian bawah remote juga terdapat LCD kecil yang akan menampilkan beberapa informasi telemetri seperti jarak, ketinggian, jumlah GPS dan beberapa informasi lainnya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones


Di bagian kameranya, MJX Bugs 2 SE memiliki kamera yang sudah cukup bagus seperti MJX Bugs 2, dengan lensa 8MP dia dapat mengambil gambar dengan cukup bagus untuk sebuah drone semi professional. Hanya saja karena kameranya masih onboard, sehingga ketika terbang masih akan terjadi jelo dan tidak stablil mengikuti manuver drone. Dengan kamera ini, anda bisa mengambil foto dan video, bahkan tak Cuma itu, anda juga dapat melakukan FPV dengan koneksi Wifi. Wifi yang digunakan haruslah Wifi 5G alias Wifi 802.11ac. jadi sebelum membeli MJX Bugs 2 SE, pastikan smartphone anda support pada Wifi tipe 802.11ac



Selain itu, untuk kualitas video yang akan anda dapatkan, anda bisa mendapatkan video ber resolusi 1080p dengan framerate 25fps. Dan untuk hasil akhir videonya jangan khawatir, karena anda dapat memasukkan microSD pada bagian belakang kamera. Sehingga foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan ke microSD. Anda akan mendapatkan video original tanpa lag dan frame dropping.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones


Tiap pembelian drone MJX Bugs 2 SE, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x MJX Bugs 2 SE RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Battery
4 x Propeller
1 x USB Charger
1 x Phone Holder
1 x UV Sticker
1 x Screwdriver
1 x Balance Charging Box
1 x User Manual



Kesimpulan admin mengenai MJX Bugs 2 SE, mungkin dia tidak beda dari MJX Bugs 5W dari segi fiturnya. Jadi mungkin kalau anda tidak kebagian MJX B5W anda bisa membeli MJX Bugs 2 SE kalau ingin fitur yang serupa. Kalau perbedaannya? Jelas beda spesifikasi, silahkan anda bisa baca spesifikasi B5W di postingan Spesifikasi MJX Bugs 5W.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 2 SE - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, MJX Bugs 2 SE sudah tersedia di beberapa marketplace online internasional, dan setelah admin lihat pada saat admin menulis artikel ini, rata – rata MJX Bugs 2 SE dibandrol dengan harga sebesar 160 USD atau setara dengan 2.2 juta rupiah kalau sesuai kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis. Memiliki sebuah drone dengan fitur yang benar – benar bekerja seperti apa yang di iklankan memang menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.