Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - Mini Portable Selfie


Selfie drone, atau kalau di definisikan adalah sebagai sebuah drone yang fungsi utamanya digunakan untuk melakukan swafoto atau selfie. Drone untuk selfie ini menjadi satu kategori drone baru selama perkembangannya. Kalau anda mungkin pertama kali mendengar JJRC Elfie yang namanya mirip atau hampir sama dengan kata “selfie” ya memang JJRC Elfie adalah drone Selfie pertama khususnya dari JJRC. JJRC Elfie menjadi beberapa target penghobby drone kelas mainan, karena pada jamannya drone kecil yang sudah berkamera masih sedikit, ditambah JJRC Elfie juga memiliki bentuk tubuh yang sudah foldable sehingga mudah dibawa kemana – mana. maka dari itu tidak seperti kebanyakan drone yang harganya mahal ketika sesudah rilis, setelah beberapa waktu, pasti harganya akan turun. Tapi kalau JJRC Elfie ini admin perhatikan tetap memiliki harga yang stabil dalam waktu yang cukup lama, karena pada saat itu memang belum banyak drone selfie yang menjadi saingannya.



Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Admin juga memperhatikan beberapa imbasnya ketika banyak merk drone baru yang juga mengeluarkan drone selfie ketika JJRC Elfie masih menjadi primadona. Tapi drone – drone baru datang dengan fitur baru serta harga yang lebih kompetitif, membuat JJRC Elfie mulai ditinggalkan. Akibatnya, beberapa pengguna dan seller yang terlanjur beli Elfie dengan harga lama tetap menjualnya dengan harga lama alias mahal. Belum lagi JJRC Elfie yang lama terkenal agak susah dikendalikan, maklum saja karena itu juga drone generasi awal dari JJRC yang mobile controlled. Maka dari itu JJRC lalu mengeluarkan JJRC Elfie generasi 2. Dan akhirnya JJRC mengeluarkan lagi drone selfie yang benar – benar baru, dari segi desain, fitur dan juga mode penerbangannya.


Drone ini memiliki nama JJRC H59 Ferry. Drone ini kalau dilihat sekilas memang lebih terlihat seperti Cooling Pad untu laptop ya. Dengan desain yang terlihat berat karena seluruh badannya Nampak terbalut body yang tentu saja berbahan plastic. Drone ini makin persis cooling pad dengan bentuk propellernya yang memiliki 8 blade. Ukuran propellernya juga tidak terlalu besar, namum untuk menghasilkan tenaga yang optimal, JJRC H59 Ferry mendapatkan motor yang cukup besar untuk sebuah mini drone, sehingga dengan perpaduan 8 blade propeller, JJRC H59 Ferry dapat terbang dengan normal. Drone ini selain sudah altitude hold, dia juga sudah dilengkapi dengan optical flow sensor, sehingga harusnya ketika ada hembusan angin kecil yang biasanya dapat membuat drone “drifting” alias geser terbawa angin, tidak akan terjadi lagi. Untuk fitur selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:
- Optical Flow Positioning and altitude hold mode function to ensure stable flight.
- With new eight-blade propeller to ensure a steadier flight.
- With 1080P adjustable camera to capture the landscape from an bird eye view.
- APP motion control, simple to control and easy to use.
- With Wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- One key takeoff and landing.
- Expanding memory, external T card can support 64G expansion.


Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasinya dapat anda lihat dibawah ini:
Brand Name: JJRC
Item NO.: H59
Frequency: 2.4G   
Quadcopter Battery: 7.4V 500mAh Lipo (Included)
Control mode: APP control
Camera: 1080P For Recording,720P For Transmission
Charging time: about 40mins
Flying time: 5-6 mins
Remote Distance: 20m       
Color: Dark Grey
Quad's Size: 11.1*11.1*2cm                      
Quad's Weight: 110g
Package Size: 18.9*13.7*3.7cm




Sebagai mini selfie drone, JJRC H59 Ferry mendapatkan baterai yang tegangannya tergolong besar untuknya yakni 7.4Volt. dengan kapasitas baterai sebesar 500mAh, jadinya anda tetap mendapatkan baterai yang ukurannya kecil, dan dapat dimasukkan di badan JJRC H59 Ferry tentunya. Dengan baterai ini anda juga dapat menerbangkan JJRC H59 Ferry dalam waktu standar drone mainan, yakni sekitar 5 menit saja sekali terbang. Dan sayangnya ketika pembelian, anda hanya akan mendapatkan satu buah baterai saja, sehingga untuk mencari baterai cadangannya, anda harus mencarinya sendiri baik di marketplace atau di tempat lain. Untungnya, baterai yang digunakan adalah baterai universal dengan port putih. Sehingga anda hanya harus mencari baterai yang tegangan dan kapasitasnya serta bentuknya sama supaya dapat dimasukkan ke dalam body drone. Tapi biasanya dengan keyword tambahan “JJRC” anda bisa dengan mudah menemukan baterai – baterai original buatan JJRC.

Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Biasanya, drone selfie menggunakan smartphone untuk menerbangkannya. JJRC H59 Ferry ini juga sama. Bedanya, adalah di fitur barunya. Kalau biasanya kita menggunakan mode terbang biasa dengan 2 joystick virtual. Kalau di JJRC H59 Ferry, kita mendapat 2 opsi mode terbang, yakni dengan 1 tangan, atau dengan 2 tangan. Kalau mode 2 tangan ya seperti biasa. Nah, di mode 1 tangan ini anda bisa menerbangkan JJRC H59 Ferry lebih mudah, dengan 1 joystick dan g-sensor pada smartphone anda. Anda sudah bisa menerbangkan JJRC H59 Ferry. Mode 1 tangan ini sebenarnya adalah bentuk virtual dari controller JJRC Elfie generasi 2. Dan untuk jarak terbangnya, disini juga tergantung dengan kemampuan Wifi smartphone anda. Semakin bagus dan kuat Wifi anda, tentu semakin jauh kalau dibandingkan dengan Wifi smartphone biasa. Tapi, mengingat JJRC H59 Ferry adalah drone selfie, maka lebih baik jangan terbang jauh – jauh supaya terhindar dari fly away.



Yang baru dari JJRC H59 Ferry ini juga pada teknik controlingnya. Anda bisa mengatur arah drone depan jadi belakang dan sebaliknya. Patokannya adalah kamera. Anda ingin kamera berada di belakang drone atau di depan drone. Dengan hanya perlu menekan tombol bertuliskan 180 di layar FPV smartphone anda.

Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Yap, FPV tetap ada, namanya juga drone selfie. JJRC H59 Ferry ini di iklankan dapat mengambil video dengan resolusi sebesar 1080p. memang kalau dilihat ukurannya memang 1080p, tapi kualitas kameranya seperti masih menggunakan lensa 2MP yang bagusnya di resolusi 480p. untuk penyimpanan foto dan video, anda disediakan slot MicroSD di bagian belakang drone, yang dapat anda pasang MicroSD, sehingga anda akan mendapatkan gambar dan video yang bebas lag akibat frame dropping atau freezing dari koneksi Wifi. Fitur lain dari kamera JJRC H59 Ferry adalah dapat anda atur tiltingnya hingga 90 derajat ke bawah.

Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian JJRC H59 Ferry, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x JJRC H59 RC Quadcopter
1 x USB Charging Cable
1 x Battery(7.4V 500mAh Lipo )
2 x Manual



Kesimpulan admin untuk JJRC H59 Ferry, mungkin kalau anda ingin mencari drone selfie kelas mainan yang memiliki fitur baru, JJRC H59 Ferry bisa menjadi refrensi anda. Bentuknya yang kecil juga masih memberikan poin portable sehingga tentu dia dapat anda bawa dan simpan di tempat yang tanpa ribet.


Spesifikasi Drone JJRC H59 Ferry - OmahDrones


Untuk harganya, setelah admin tinjau di beberapa marketplace online skala internasional, JJRC H59 Ferry dijual dengan harga berkisar di 69USD atau setara dengan 960ribuan. Harganya memang tergolong mahal untuk sebuah drone selfie kelas mainan yang juga tidak memiliki transmitter fisik dari pabrik. Apakah JJRC ingin mengulang cerita JJRC Elfie pertama untuk urusan harganya? Yang jelas JJRC H59 Ferry masih termasuk drone dibawah satu juta.