Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - GPS Foldable


Pada beberapa postingan sebelumnya, admin pernah membahas tentang drone yang bentuknya mirip termos air panas, di desain memanjang mirip termos dengan maksud memberikan fitur Foldable untuk lengan – lengannya, sehingga lengan yang membentang dapat dilipat dan menjadi lebih ringkas. Nah pada kesempatan kali ini, admin juga akan membahas drone serupa, tapi kali ini dia dari Le Idea, perusahaan ini memang termasuk pendatang yang baru namun memiliki sambutan yang cukup baik, sebab drone – drone buatan mereka memiliki fitur yang menarik terutama di saat mereka mengeluarkan drone baru, drone sekelasnya memang sedang digandrungi oleh banyak peminat. Seperti misalkan LeIdea Idea7 yang bentuknya mirip DJI Spark. Dengan fitur yang setidaknya sudah mirip di beberapa sisi, Le Idea Idea7 juga bisa disebut Spark Low Budget, karena memang harganya juga lebih murah kalau dibandingkan dengan DJI Spark.


Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Yang akan kita bahas pada kesempatan ini, adalah Le-Idea Idea9. Seperti gambar yang dapat anda lihat diatas, drone ini memiliki bentuk yang memang mirip dengan drone yang lalu, tapi kalau Le-Idea Idea9 ini memiliki beberapa kelebihan, terutama di bagian mesin, karena drone ini lumayan berat, maka dia menggunakan motor yang ukurannya lebih besar juga supaya mendapatkan power yang cukup untuk menerbangkan Le-Idea Idea9. Alasan dia memiliki bobot yang berat, karena selain semua komponen ditempatkan dalam satu wadah di tengah, Le-Idea Idea9 ini juga memiliki modul GPS didalamnya.



Selain sudah dilengkapi dengan GPS,  dia juga memiliki kamera bawaan yang kemampuannya akan admin jelaskan dibawah nanti. Drone ini mengusung desain propeller yang menghadap kebawah, memang dengan desain seperti ini drone akan terlihat menjadi lebih garang. Tapi untuk desain Le-Idea Idea9 ini, nampaknya justru menjadi kelemahannya, sebab jarak propeller ke tanah sangatlah dekat, sehingga anda tidak direkomendasikan untuk mendarat di tempat yang tidak benar – benar rata, karena nanti dikhawatirkan ketika mendarat ada permukaan yang menabrak propeller yang bisa menimbulkan masalah nanti seburuk – buruknya kalau motornya tidak jadi seret, lemah, bisa juga sampai mati.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Untuk fitur dari Le-Idea Idea9, dapat anda lihat dibawah ini:
-2.4 GHz transmission equipped with 6 axis gyro, stable flight
-1080P HD WiFi wide-angle camera, could be manually adjusted
-Automatic trajectory flight
-low / medium / high speed
-Automatic reset function
-Built-in GPS
-Dual control mode: control can be done using a mobile phone or remote control.
-One key return: coming back once press it
-One key takeoff/landing
-Emergency stop.
-Electronic switch                                                                                                   
-Night light: night light
-Headless mode: no need to worry about direction                                                      
-Box pack batteries
-SD slot available
-Number of frames: 20FPS



Spesifikasi Le-Idea Idea9

Quadcopter Weight(g): 291g
Battery: 7.4V 1200mAh
RC battery: 4*AA
Charging Time: 180-200min
Flying time: 12min
RC Distance: 200m
Frequency: 2.4G
Camera: 1280 resolution, 5MP, adjustable
Wifi transmission: Yes



Drone ini memiliki baterai dengan tipe proprietary, alias baterainya didesain khusus untuk Le-Idea Idea9. Sehingga untuk mencari baterai cadangannya, anda harus tanya ke penjual drone ini ketika anda membelinya, kalau tidak, anda bisa tanya langsung ke Le-Idea mengenai spare baterainya. Baterai ini memiliki tegangan 7.4 Volt dengan kapasitas sebesar 1200mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Le-Idea Idea9 hingga 12 menit. Meski lama terbang juga tentunya dipengaruhi dengan lokasi dan situasi dimana anda terbang, dan juga dipengaruhi oleh cara terbang anda juga. Sedangkan untuk lama pengisian ulangnya sekitar 2 jam saja biasanya sudah penuh, memang kadang charging time di spesifikasi tertulis teralu lama kalau anda bandingkan dengan praktik, dimana indicator pengisian baterai bisa menjadi tanda kalau baterai sudah full.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Untuk remote control atau transmitternya, Le-Idea Idea9 juga menggunakan transmitter model kloningan dari controller DJI Mavic Series. Dengan dua buah antenna palsu, itu berarti remote control ini masih menggunakan antenna internal, sehingga jarak jangkauannya mungkin hanya bisa sampai 200 meter saja. Karena ini drone sudah memiliki GPS, maka ketika anda sudah kesulitan mengendalikan drone ketika koneksinya buruk, anda bisa menyuruhnya pulang dengan fungsi Return to Home. Tombol yang ada pada remote ini memang tidak semua tombol memiliki label dari pabrik, sehingga mungkin anda perlu memberinya label sendiri untuk mempermudah meghafal dan mengetahui tiap fungsi tombol yang ada.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Di bagian kamera, Le-Idea Idea9 ini dilengkapi dengan kamera yang sudah cukup bagus. Bila dilihat dari spesifikasi, Le-Idea Idea9 memiliki kamera dengan lensa 5MP. Kalau untuk mengambil foto, anda bisa mendapatkan foto berukuran 5MP sedangkan untuk merekam video, anda bisa mengambil video dengan resolusi 1080p. dan foto serta video yang anda ambil, akan tersimpan langsung ke dalam microSD yang sebelumnya harus sudah anda pasang di bagian kamera ini, sehingga hasil dari video anda akan terbebas dari lag akibat frame dropping dan frame freezing.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Kamera Le-Idea Idea9 ini juga bisa anda atur tiltingnya secara manual ketika akan terbang, sayangnya kalau anda tilt kameranya agak tinggi saja, nanti akan terlihat propeller bagian depan di kamera. Ya ada yang suka ada yang tidak kalau perihal ini.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Tiap pembelian Le-Idea Idea9, umumnya anda akan mendapatkan item:
1x Quadcopter
1x Battery
1x Remote controller
1x USB cable
1x User manual
1x Screwdriver
4x Blade
1x GPS instruction



Mungkin kesimpulan untuk si termos Le-Idea Idea9 ini, dari segi fitur sudah cukup bagus, mulai dari sudah dilengkapi dengan GPS, membuatnya memiliki fitur follow me, circle me, way point, return to home. Kameranya juga sudah cukup bagus untuk sebuah drone kamera ber GPS, kekurangannya mungkin hanya di bagian peletakan propellernya, andai kakinya lebih panjang, mungkin akan lebih bagus terutama bagi anda yang tidak selalu terbang dari landing pad drone. Atau tempat dengan permukaan yang benar – benar halus.

Spesifikasi Drone Le Idea Idea9 - OmahDrones


Untuk harganya, Le-Idea Idea9 ini di beberapa online marketplace dibandrol sebesar 94USD, atau kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat artikel ini ditulis, itu setara dengan 1.3Jutaan. tidak heran kalau harganya diatas satu juta, kalau dia memiliki GPS dan kamera yang sudah cukup bagus untuk drone di kelasnya.