Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro


Bagi anda peneggemar drone buatan Syma. Kemarin anda pasti tidak ketinggalan dalam perilisan drone barunya yang sekarang juga sudah tersedia di Indonesia. Lebih tepatnya yang admin maksud adalah drone Syma X8Pro. X8 pro adalah drone buatan syma yang merupakan generasi baru dari keluarga X8 yang kini sudah dilengkapi dengan GPS. sehingga kelebihannya tentu ketika terbang, anda tidak takut lagi drone akan ikut terbawa angin saat diterpa angin. Karena umumnya drone kelas mainan tanpa GPS akan terbawa angin ketika menerima hembusan angin. Drone – drone kelas mainan yang kini dilengkapi dengan GPS juga makin bertambah banyak, mungkin suatu saat, GPS menjadi sebuah komponen yang wajib ada pada setiap unit drone bahkan ke drone yang kelasnya masih untuk mainan semata.



Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones

Tak hanya merk – merk terkenal seperti Syma, JJRC atau Eachine saja yang kini memberikan pilihan drone kelas mainan yang dilengkapi dengan GPS. merk – merk yang tidak terlalu terkenal, seperti Visuo misalnya, mereka juga mulai mengeluarkan drone kelas mainan yang ber GPS juga, namun untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas drone yang merknya baru lagi, mungkin anda juga belum pernah mendengarnya sebelumnya, yakni ATTOP dengan drone yang akan kita bahas adalah ATTOP W8 dan juga ATTOP W8 Pro. Bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya, akan kita coba bahas pada kesemaptan kali ini.



ATTOP W8 ini memiliki fitur bawaan yang kurang lebih sama seperti drone lain yang juga sudah dilengkapi dengan GPS tentunya. Dari GPS nya saja, anda bisa mendapatkan fitur Return to Home, ketika baterai melemah, ketika koneksi terputus, dan ketika anda suruh untuk pulang tentu saja. Lalu ada lagi fitur Follow me, Circle me hingga Way Point juga. Sayangnya, ATTOP W8 masih menggunakan motor brushed yang tidak cocok untuk terbang terlalu lama untuk sekali terbang, Kalau melihat fitur dari ATTOP, mereka malah hanya memberikan sedikti informasi seperti yang dapat anda lihat dibawah ini:
  • 2.4G 4CH transmitter and 6-Axis system for your easy and stable control.
  • HD camera can capture and record every beautiful and unforgettable moment.
  • Wifi control to realize real-time transmission for live video by pairing the mobile app to the drone wifi. 
  • With one key automatic return function, the plane can find the way home easily.
  • High capacity rechargeable battery ensure long flying time.
  • Altitude Hold, Headless mode, GPS positioning, WIFI camera


Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDronesSpesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi dari drone ATTOP W8 bisa anda simak dibawah ini:
Model: W8
Motor: Iron Core Motor
Frequency: 2.4GHz
Channel: 4-Channels
Camera: 720P/1080P Long / short Distance GPS
Drone battery: 7.4V 2700mAH Li-ion (included)
Controller battery: 4x AA (not included)
Flying time: max 13 mins
Charging time: 2-3 hours
Control distance: about 500m max
Material: plastic
Packing size: 39*15.7*31.2cm
Color: white

Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones


Baterai yang diberikan untuk drone ATTOP W8 ini memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt, dan dengan kapasitas sebesar 2700mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan ATTOP W8 hingga 13 menit kalau sesuai spesifikasi, namun rata – rata pilot menyatakan mereka hanya bisa tebang selama 8 menit sekali terbang satu baterai. Waktu yang sebenarnya sudah cukup pas untuk sebuah drone bermotor brushed untuk sekali terbang. Hanya saja, baterai yang digunakan ATTOP W8 berjenis proprietary, artinya anda hanya bisa menggunakan baterai yang memang dirancang untuk ATTOP W8. Mungkin anda bisa kesusahan mencari baterai cadangan untuk drone ini, jadi ketika membeli ATTOP W8 usahakan cari yang memiliki bundle bonus baterai, atau cari yang menyediakan baterai cadangan supaya setidaknya ketika baterai utama rusak, anda masih memiliki baterai cadangannya.

Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones


Di bagian unit kendali atau remote controlnya, ATTOP W8 memiliki desain remote yang bisa dibilang mirip beberapa desain remote drone dari merk lain. Remote yang simple dengan tombol yang tidak terlalu banyak, sayangnya tiap tombol di ATTOP W8 tidak memiliki label, sehingga mungkin anda bisa memberi label sendiri agar anda bisa mudah menghafal tiap fungsi dari tombol yang ada. Meski remote ini Nampak tidak memiliki antenna eksternal, namun ATTOP W8 ini dapat diterbangkan dalam radius sejauh 500 meter, kalau menurut spesifikasi yang ada, namun mengingat baterai yang dimiliki oleh drone ini terbilang kecil, karena disesuaikan dengan motornya juga, maka lebih baik jangan terbang jauh – jauh. Disamping itu, jarak jangkauan terbang juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang juga kan.



Di bagian atas remote juga dapat anda pasang phone holder. Dengan ini anda bisa meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV ketika anda menerbangkan ATTOP W8. Nah, untuk urusan pengambilan gambar, ada dua varian dari drone ini yakni ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro. Perbedaannya sebenarnya hanya terletak pada kualitas kameranya saja, kalau ATTOP W8 memiliki kamera yang sanggup merkam video di resolusi 1080p, kalau ATTOP W8 Pro, dia sanggup merekam video di resolusi 720p. seperti terbalik, namun begitulah ATTOP menamai mereka, mungkin saja ATTOP W8 Pro yang masih merekam di resolusi 720p justru memberikan hasil gambar yang lebih jernih. Kamera pada ATTOP W8 ini juga bisa anda tilt up atau down, dengan menggunakan tilt control pada remote secara mudah.

Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones


Ketika terbang, anda bisa melakukan FPV melalui smartphone anda yang menjadi monitornya. Selain itu untuk merekam dan mengambil foto. Anda bisa memasukkan Micro-SD ke badan kamera drone, sehingga foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di Micro-SD, otomatis anda akan mendapatkan file original yang terbebas dari gangguan seperti lag yang disebabkan oleh frame dropping dan frame freezing. Dan satu hal lagi, kamera ATTOP W8 menggunakan Wifi 5G sebagai koneksinya, jadi sebelum membeli, pastikan smartphone anda support Wifi 5G atau Wifi 802.11ac.

Spesifikasi Drone ATTOP W8 dan ATTOP W8 Pro - OmahDrones


Umumnya, ketika membeli drone ATTOP W8, anda akan mendapatkan:
1 x RC Quadcopter
1 x Drone Battery
1 x Transmitter
1 x USB Cable
1 x Camera
4 x Spare Propellers
1 x Manual



Kesimpulan admin mengenai ATTOP W8, bagi anda yang mencari drone mainan yang ukurannya besar, selain Syma X8 Pro, ATTOP W8 bisa menjadi pilihan anda. Sebenarnya ATTOP W8 memang saingan dari Syma X8 pro, karena bisa dilihat sendiri mulai dari bentuk hingga kemampuannya juga tidak beda jauh dengan Syma X8 Pro. Sehingga bagi anda yang ingin membandingkan secara langsung pun sebenarnya bisa – bisa saja. Terlebh kalau ATTOP W8 sudah masuk di pasaran Indonesia.



Untuk harga yang dipatok untuk ATTOP W8, setelah admin meninjau di beberapa marketplace internasional. ATTOP W8 ini dibandrol sebesar 155USD atau kalau dirupiahkan ketika artikel ini ditulis, setara dengan 2.2 Juta. Sebenarnya harganya lumayan mahal untuk sebuah drone GPS yang masih menggunakan motor brushed. Tapi ini harga kisaran yang artinya masih ada beberapa sumber yang menjualnya dengan harga yang lebih murah. Selain itu harga yang mahal bisa juga karena ada nya beberapa tambahan item seperti baterai cadangan misalnya.