Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS


Semakin banyak orang awam yang ingin memiliki sebuah drone, sebenarnya membuat para produsen drone merasa senang karena dengan begitu, pembeli produk mereka akan meningkat. Namun mengingat statusnya yang masih newbie atau pemula di dunia drone, apalagi juga di bidang teknik elektronya, sehingga sang pilot hanya paham kalu dia bisa terbang namun tidak paham cara kerjanya, bukan tidak mungkin dia akan mengalami masalah seperti ketika drone rusak di bagian motor dan sebagainya. begitupula dengan karakteristik drone, drone tanpa GPS dan dengan GPS tentu berbeda, drone tanpa GPS akan dengan mudah terbawa angin karena ia tidak memiliki patokan posisi untuk hover diudara. Maka dari itu tidak heran, kalau seorang pilot yang belum tau apa – apa sudah beli drone, terbang diatas kena angin lalu terbawa dan akhirnya fly away dan hilang.


Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones


Maka dari itu, kalau untuk pemula, memang disarankan beli mini drone yang dapat diterbangkan didalam ruangan untuk belajar terbang dulu, lalu kalau sudah paham baru bisa terbang diluar ruangan namun dalam catatan tidak terbang tinggi – tinggi agar tidak terjadi fly away. Namun mungkin memang agak ribet mengingat di Indonesia jarang sekali terdapat hari yang tanpa angin alias tenang. Maka dari itu solusi untuk anda yang ingin terhindar dari Fly away, anda bisa beli drone ber GPS saja. mungkin anda langsung berfikir bahwa drone ber GPS itu biasanya sudah bermotor brushless serta dengan baterai minimal 7.4volt sehingga harganya diatas 2juta. Nah, berarti anda tidak salah masuk ke postingan kali ini.



Adalah FX-8G Master GPS. Drone buatan Fineco ini memang sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS. Peforma GPS nya juga tidak buruk, dia tidak mengalami “toilet bowl” ketika terbang di GPS mode, jadi normal anteng dan stabil seperti ekspektasi drone GPS yang baik. Drone FX-8G Master GPS ini masih menggunakan motor brushed, sehingga di akhir nanti dia memiliki harga yang lebih terjangkau daripada drone GPS yang menggunakan motor brushless, untuk fitur lengkap dari FX-8G Master GPS bisa anda simak dibawah ini:
  • Functions: Dual GPS system, Sideward flight, turn left/right, up/down, forward/backward, altitude hold, one key take off/landing, way point, Follow Me, spot landing, WiFi FPV, headless mode, one key return.
  • 720P HD camera: can capture and record every beautiful and unforgettable moment.
  • Altitude hold mode and dual GPS positioning: making it easier to control the drone for beginner and more stable for aerial photography.
  • One-key taking off/landing makes the operation more convenient and it is very suitable for novice operation.
  • Way point fly: The aircraft will fly automatically along the sequential points you set before.


Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones



Sedangkan spesifikasi lengkap dari FX-8G Master GPS bisa anda lihat dibawah ini:
Brand: Fineco
Item NO.: FX-8G
Item name: GPS Wifi FPV Drone
Remote controller: 2.4G and Wifi
Color: White
Camera: 720P
Control distance: About 100m
Drone battery: 3.7V 1500mAh lipo battery(55g)
Flying time: about 12mins
Charging time: About 100mins
Remote controller battery: 4 * AA battery(not included)
Product size: 332 * 332 * 102mm
Product weight: 200g



Meski sudah dilengkapi dengan GPS, ternyata FX-8G Master GPS masih menggunakan baterai 1S. alias baterai ini masih memiliki tegangan 3.7Volt saja, namun dengan kapasitas yang besar, yakni 1500mAh, membuat semua komponen mendapat supply energy untuk waktu yang lebih lama, sehingga si FX-8G Master GPS memiliki maksimum flight time hingga 12 menit. Berbeda dengan beberapa drone sekelas yang mugkin hanya 5 – 8 menit saja,. namun mengingat FX-8G Master GPS masih menggunakan motor bruhed, 1 x terbang 1 baterai saja, jangan langsung ganti baterai dan terbang lagi, karena karakteristik motor brushed kalau overheat sudah pasti rusak. Lagipula, baterai dari FX-8G Master GPS adalah tipe proprietary alias desainnya khusus hanya untuk FX-8G Master GPS, sehingga untuk mencari cadangannya juga lebih susah daripada baterai universal.

Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones


Di bagian remote control, FX-8G Master GPS memiliki remote yang bentuknya juga cukup elegan. Penempatan tombolnya juga rapi dan mudah dihafalkan tiap fungsinya, karena di tiap tombol sudah terdapat label untuk indicator tiap fungsi. Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan FX-8G Master GPS hingga jarak maksimal 100 meter, karena ia masih menggunakan transmitter yang spesifikasinya juga sama dengan drone kelas toys lainnya yang tidak menggunakan antenna external. Namun untuk drone bermotor brushed seperti ini, jarak 100 meter adalah jarak ideal untuk bermain. Ditambah pada bagian atas remote juga bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda nantinya.



Yap, seperti yang anda pikirkan kalau anda sudah mengira FX-8G Master GPS sudah bisa FPV. Tentu bisa,. Nah, kameranya sendiri dia bentuknya semi modular, sebenarnya bisa di lepas pasang namun dengan melepas baut dan kabel kameranya. Nah kamera ini ada dua versi yakni HD720p dan FHD1080p, jadi Tanya penjual dulu ketika anda mau beli drone FX-8G Master GPS terutama tentang kameranya. Nah, untuk tempat penyimpanan foto dan video, anda bisa memasukkan microSD ke bagian belakang kamera, sehingga video yang direkam akan langsung tersimpan dalam microSD di kamera. Anda akan mendapatkan video yang normal, tanpa lag atau putus – putus disebabkan oleh freezing frame atau frame dropping.

Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones


Fitur lain dari kamera adalah tilting. Angle kamera bisa anda atur mau tilt up atau tilt down sesuka anda menggunakan tombol yang sudah disediakan di bagian transmitter. ini adalah nilai lebih kalau anda membeli FX-8G Master GPS karena pada drone sejenis kebanyakan masih menggunakan kamera yang belum bisa diatur tilt anglenya.

Spesifikasi Drone FX-8G Master GPS - OmahDrones


Oke, ketika pembelian FX-8G Master GPS umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
1 * FX-8G RC Drone
1 * 720P HD Camera
1 * Remote Controller
4 * Propeller Protector
4 * Spare Propeller
2 * Landing Gear
1 * Cellphone Holder
1 * USB charger
1 * Screwdriver and Screws set
1 * User Manual



Karena sifatnya yang masih termasuk ke drone kelas toys. FX-8G Master GPS mungkin lebih cocok bagi anda yang masih pemula dan tidak mau ambil pusing karena drone terbang terbawa angin. Dengan jarak jangkauan yang juga tidak terlalu jauh, dan karena dia masih menggunakan motor brushed, pasti suatu saat anda harus mengganti motornya, terutama kalau anda sering memainkan drone ini dan jarang di istirahatkan.



Untuk harganya, drone ini dibandrol sebesar 100USD di beberapa onlineshop dan marketplace internasional, itu setara dengan 1.5 jutaan kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis. Seperti yang sudah admin singgung tadi, karena FX-8G Master GPS masih menggunakan motor brushed dan masih menggunakan baterai 1S sehingga harganya tidak sampai 2 jutaan.