Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - Mini FPV Racer


Beberapa waktu lalu kita sudah pernah membahas versi mini dari drone MJX Bugs 3, dengan nama pasarnya MJX Bugs 3 mini. Nah, seperti yang kita ketahui bangsa pasar di cina tidak mengenal apa itu copyright atau hak paten suatu desain, sehingga bukan tidak mungkin disana banyak pabrik yang memiliki management sendiri, brand sendiri, namun memiliki produk yang hampir sama bentuk, desain bahkan spesifikasinya dengan produk dari merk lainnya. Bisa jadi mereka disana juga melakukan kolaborasi untuk saling melengkapi ketertinggalan mereka sehingga bisa terus maju dan eksis di pasar drone internasional. Dan kali ini, Eachine sebagai drone yang terkenal juga di kalangan Racing drone atau Acro Drone juga mengeluarkan produk serupa dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan melampaui si Bugs 3 mini.


Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Adalah Eachine EX2 Mini. Memiliki bentuk yang kecil, hanya 22 x 22 cm saja, dengan desan yang masih mirip dengan Bugs 3 mini, Eachine EX2 Mini seperti seolah membeli Bugs 3 mini lalu di tambah kamera FPV. Karena Eachine EX2 Mini juga sudah menggunakan motor brushless berukuran 1306 dengan kekuatan 2750KV. Drone ini memang didesain untuk drone racing, dan disini anda mendapatkannya dengan ukuran yang kecil. Dan lebih – lebih drone ini terlihat cocok bagi anda yang ingin mencoba bagaimana menerbangkan drone racing yang kuat namun dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebagai pengendali kestabilan drone, Eachine EX2 Mini menggunakan 4in1 ESC yang diletakkan di bawah FCB drone, sehingga mungkin tidak akan terlihat ketika anda membuka kanopi drone nya.



Eachine EX2 Mini memiliki banyak fitur, bahkan untuk memaksimalkan fiturnya sebagai racing drone, dia sampai tidak diberi fitur “Altitude Hold” seperti drone kamera. Sebagai gantinya dia memiliki 2 mode terbang yakni Angle mode dan Acro mode, beberapa fitur juga melengkapi Eachine EX2 Mini seperti yang tercantum dibawah:
  • 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
  • 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
  • 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
  • 5.8G FPV with C5810 HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
  • With 1306 2750KV Brushless motor, make your flight more powerful.
  • With Angle mode, the aircraft can perform flips and rolls if you press the rolls button and operate the control stick.
  • With Acro Mode, requires flexible manual control during flight, which is great for acrobatics such as flips and rolls. You can flip and roll your aircraft by operating the control sticks.
  • Innovative 4-in-1 Electronic Speed Controller makes racing aircraft more agile and more adept at sudden maneuvers including sharp turns and hard braking.
  • With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.





Untuk yang mencari spesifikasi ringkasnya, berikut adalah spesifikasi dari Eachine EX2 Mini:
Brand Name: Eachine
Item NO.: EX2 mini
Item Name: 5.8G FPV Brushless RC quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6 Axis
Motor (x4): Brushless 1306 2750KV
Propeller:3025
Charging time: About 3-3.5hours
Flying time: About 8-10mins
Control distance: About 200-300m
Quadcopter battery: 7.4V 850mAh Lipo
Transmitter battery: 4 x 1.5V AA battery ( not included )
Size:22*22*6.5cm
Package Size: 26.5 x 14 x 22.5 cm
FPV Camera: C5810 5.8G 25mw 24CH ( optional)
FPV Dstance: about 200m
FPV Monitor:4.3 inch 5.8G ( optional)
Color: Black


Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Baterai yang digunakan oleh Eachine EX2 Mini adalah baterai proprietary sepreti pada MJX Bugs 3 mini juga, bahkan sepertinya anda juga bisa menggunakan baterai Bugs 3 mini untuk Eachine EX2 Mini. Baterai ini memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt dan kapasitas sebesar 850mAh. nah, dengan baterai ini anda bisa terbang maksimal selama 10 menit. Karena baterai ini baterai khusus yang mungkin lebih susah dicari kalau anda perlu cadangannya, maka sebisa mungkin anda harus lebih benar lagi cara merawat baterainya, seperti paling mudah ya ketika habis terban ketika baterai masih panas jangan langsung di charge, tunggu dulu hingga suhunya normal baru anda bisa melakukan recharge dengan charger bawaan, namun lagi – lagi charger bawaan dari pabrik msih menggunakan port USB untuk sumber listriknya, maka disini baiknya anda menggunakan adaptor USB yang memiliki arus diatas 1 Ampere supaya listrik yang masuk ke baterai bisa maksimal.

Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Di unit transmtternya, Eachine EX2 Mini memiliki transmitter yang sama dengan transmitter dari MJX generasi kedua, dengan model remote yang mulus dan tidak terlihat garang, namun tetap elegan. Namun dua antenna yang panjang pada remote ini sayangnya antenna palsu yang fungsinya hanya untuk mempercantik remote saja, sehingga jarak maksimal dari drone ini adalah 300 meter. Admin rasa jarak sejauh ini cukup untuk anda memutari satu sirkuit untuk racing drone. Meski di remote tidak ada LCD untuk telemetry, namun anda tetap akan mendapat telemetri dari suara beep yang berasal dari remote dan dari unit drone itu sendiri, anda akan mendapatkan peringatan ketika baterai drone mulai melemah, serta ketika drone mendapatkan sinyal lemah. Sehingga anda bisa tau apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan suara beep tersebut.

Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Nah, ketika anda membeli Eachine EX2 Mini, anda akan disuguhkan dengan 2 opsi, opsi pertama adalah non camera, jadi anda hanya bisa terbang dalam mode acro atau angle dengan pemandangan biasa control jarak jauh, namun di opsi kedua, anda akan mendapatkan paket penuh FPV 5.8GHz. di unit drone memiliki kamera FPV dan anda akan mendapatkan monitor sebesar 4.3 inci serta Goggle nya yang bisa anda gunakan untuk Live FPV. Namun sayangnya pada monitor bawaan belum sanggup untuk merekam gambar yang ditangkap oleh kamera drone, di unit drone sendiri pun juga tidak bisa record video langsung dari kamera, karena kamera pada Eachine EX2 Mini murni hanya meneruskan sinyal gambar ke monitor atau goggles, sehingga kalau anda ingin mendapatkan video dari kamera drone ini, anda harus gunakan monitor atau goggle yang sudah memiliki DVR didalamnya.

Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Berikut adalah item yang akan anda dapatkan dari Eachine EX2 Mini di masing masing varian:
Varian1:
1x Eachine EX2mini RC Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
1x Charger
4x Blade
4x Protection Cover
1x Screwdriver


Varian2:
1x Eachine EX2mini RC Quadcopter
1x Transmitter
1x Battery
1x Charger
4x Blade
4x Protection Cover
1x Screwdriver
1x FPV Camera( optional)
1x FPV Monitor( optional)
1x FPV Goggles( optional)



Kesimpulan admin mengenai Eachine EX2 Mini adalah drone kecil ini cocok bagi anda yang ingin mencoba dalam sensasi drone racing, karena Eachine EX2 Mini memiliki dua mode juga yakni angle mode dan acro mode, anda bisa menggunakannya sesuai keinginan anda. Belum lagi karena harga yang lebih terjangkau kalau dibandingkan dengan drone racing ukuran normal. Bahkan dengan ukuran drone yang lebih kecil, anda bisa jadi lebih mudah menyimpan dan membawa Eachine EX2 Mini kemanapun anda pergi karena tidak memakan begitu banyak tempat.

Spesifikasi Drone Eachine EX2 Mini - OmahDrones


Untuk kisaran harganya, Eachine EX2 Mini ini dibandrol sebesar 100USD, atau setara dengan kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini sebesar 1.4 jutaan dengan harga yang bersaing pula dengan MJX Bugs 3 mini, mungkinkah Eachine EX2 Mini menjadi lirikan baru bagi pilot yang ingin mencari drone racing mini?