Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - Obstacle Avoidance Cocok untuk Pemula


Sebagai penghobby drone, dari kelas mainan hingga kelas professional, mungkin anda juga ada yang memiliki saudara yang masih kecil, atau anak anda yang sudah mulai mengenal apa itu drone. Karena otak anak itu lebih aktif ke ingin tahuannya, pasti mereka ingin sekali untuk memiliki sebuah drone dan menerbangkannya sendiri. Terlebih daripada anak diberikan smartphone untuk bermain, akan lebih baik apabila seorang anak diberi mainan yang nyata, seperti RC, Tamiya, atau mainan lainnya yang dapat membuat otak mereka berfikir untuk lebih kreatif. Terlebih kalau anak hingga punya pikiran untuk memodifikasi mainannya sendiri agar terlihat beda dari lainnya, maka otomatis otak anak akan jauh lebih berkembang apabila dibandingkan hanya bermain game dari gadget.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - OmahDrones

Untungnya RC juga ada yang diperuntukkan untuk anak kecil, bisa dilihat dari tetapan minimal usia yang biasanya ada di kardus dari produk RC. Begitupula di dunia drone, ada banyak drone yang cocok sekali untuk anak kecil, walau mayoritas menampilkan di minimal usia 14 tahun, namun ada 1 drone yang admin rasa sudah bisa anda berikan ke anak berusia minimal kelas 1 SD mungkin, atau kalau sudah paham apa itu RC dan bagaimana ia bisa bekerja, anak TK pun juga bisa diberikan drone yang akan kita coba bahas pada kesempatan yang ada pada hari ini. dan yang akan kita coba ulas, adalah drone buatan Cheerson, sehingga tidak diragukan lagi karena mereka memang memiliki banyak jenis drone mulai yang masih tergolong mainan, hingga semi professional dengan GPS dan brushless motor.



Adalah Cheerson CX-50, memiliki bentuk yang bisa anda lihat pada gambar diatas tadi, lantas apa yang membuatnya special? Pertama, Drone ini dirancang utuk terbang indoor, kedua, drone Cheerson CX-50 ini memiliki pelindung propeller yang menutup propeller secara menyeluruh sehingga ketika seorang anak sedang menerbangkan Cheerson CX-50 dan menabrak sesuatu, drone akan tetap aman, terutama di bagian propeller dan motornya, karena sudah terlindung oleh protector di sekelilingnya. Tak Cuma itu, drone ini juga sudah Altitude Hold, dimana ia dapat mempertahankan ketinggiannya ketika terbang,
Sesuai informasi yang kami dapatkan, berikut adalah fitur yang dimiliki oleh drone Cheerson CX-50:
  • Altitude Hold Mode: make the flight more stable and help to shoot clear photos
  • Headless Mode: no need to adjust the position of aircraft before flying
  • Easy Operation: one key return, one key takeoff, one key landing
  • Pattern protective cover design greatly increase the safety and protect the damage of the propeller from extrusion deformation
  • Low voltage alarm + automatic landing + battery protection
  • 3 Speed Option: High / middle / low speed




Sedangkan spesifikasi lengkap dari Cheerson CX-50, dapat anda simak disini:
Brand: Cheerson
Type: Cheerson CX-50
Features: No camera
Functions: Air Press Altitude Hold,Forward/backward,Headless Mode,Low-voltage Protection,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,With light
Size: Small
Sensor: Gyroscope
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Detailed Control Distance: 30m
Transmitter Power: 2 x AAA battery (not included)
Battery: 3.7V 500mAh LiPo
Flying Time: 4~5mins
Charging Time.: about 70mins

Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - OmahDrones



Drone Cheerson CX-50, memiliki controller yang masih sama dengan versi CX-10 series, memiliki bentuk transmitter yang lucu dan dengan sedikit tombol akan memudahkan anak kecil untuk mengingat tiap fungsinya. Dengan controller ini, tentu sudah cukup untuk sebuah drone indoor yang terbang tidak lebih dari 40 meter karena jarak maksimal dari Cheerson CX-50, menurut Cheerson hanya 30 meter saja, jadi memang Cheerson CX-50 didesain untuk terbang indoor oleh si kecil. Baterai yang digunakan juga masih sama, yakni anda hanya perlu menggunakan 2 buah baterai ukuran AAA. Kalau anda memiliki baterai tipe Ni-CD yang juga dapat di recharge, anda bisa menggunakan baterai itu, hanya saja anda perlu sering – sering recharge baterai karena Ni-CD sering mengosongkan kapasitas dan lebih rentan untuk bocor lalu rusak apabila perawatannya salah.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - OmahDrones


Baterai yang digunakan untuk Cheerson CX-50 adalah baterai tipe Li-Po, dengan tegangan sebesar 3.7V alias 1S, dengan kapasitas sebesar 500mAh. dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Cheerson CX-50 hingga selama 4-5 menit. Kapasitas besar masak Cuma bisa 5 menit? Nanti admin jelaskan dibawah. Nah, baterai ini bukan baterai khusus untuk Cheerson CX-50, sehingga anda bisa menggantinya dengan baterai universal, hanya saja, baterainya langsung tertanam di dalam drone, sehingga untuk menggantinya anda harus membuka casing drone nya. Jadi kalau baterai belum drop atau rusak, lebih baik tidak usah mengganti baterainya, lagipula untuk terbang indoor, anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan drone ketika drone tiba – tiba jatuh karena kerusakan baterai, karena di indoor, jatuh juga masih dalam satu ruangan. Tidak seperti terbang outrdoor yang lebih besar resiko hilangnya.



Mengapa dengan 500mAh hanya dapat terbang hingga 5 menit? Karena Cheerson CX-50 dilengkapi dengan 5 buah sensor infrared untuk Obstacle Avoidance. Tidak ada kamera memang, namun sebagai gantinya anda mendapat 5 buah sensor anti tabrak. Maka ketika drone dimankan oleh anak, ketika akan menabrak tembok, dia akan langsung “terpental” secara berlawanan sehingga drone tidak jadi menabrak tembok. Ada 5 sensor disini, yakni masing – masing diletakkan di depan, belakang, kiri, kanan dan juga bagian atas drone. Sehingga otomatis energy yang dibutuhkan drone juga banyak, maka dari itu, dengan pesifikasi baterai ini, anda bisa terbang normal 5 menit saja. dan lebih lagi apabila si pilot kecil masih juga menabrak sesuatu yang tidak dapat terbaca oleh sensor, drone akan tetap safe karena masih ada propeller protector yang selalu menahan benturan secara langsung ke propeller dan motor.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - OmahDrones


Tiap membeli drone Cheerson CX-50, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x RC Drone ( Battery Included ),
1 x Transmitter,
1 x USB Cable,
4 x Propeller,
1 x Screwdriver,
1 x English Manual



Kesimpulan admin, mengenai Cheerson CX-50, drone ini cocok untuk kado, atau hadiah untuk anak kecil, sebagai janji kalau ia mendapatkan nilai tinggi di sekolah, atau pencapaian anak lainnya. Tentu dengan janji diberikan mainan keren, anak akan berusaha keras untuk mendapatkan suatu pencapaian. Maka dari itu Cheerson CX-50 juga tidak disarankan kalau anda berencana lebih dalam di dunia drone, kalau anda pilot pemula yang ingin lebih belajar terbang manual, bisa membeli drone mainan lain seperti Cheerson CX-10C yang masih manual terbangnya.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-50 - OmahDrones


Untuk harga dari Cheerson CX-50, di beberapa onlineshop dan marketplace internasional, dia dibandrol rata – rata sebesar 21USD saja, kalau dirupiahkan dengan kurs pada saat artikel ditulis, setara dengan Rp ,- drone model mainan seperti ini tentu juga termasuk drone dibawah satu juta, dengan harga yang terjangkau tentu dapat menjadi sebuah hadiah yang sangat berkesan bagi tiap anak.