Spesifikasi Drone RoboCat 270


Di pasaran mungkin anda sudah terjun ke pasaran drone yang RTF atau Ready to Fly, dengan bungkusan body yang bagus serta transmitter bawaan yang sudah kita ulas banyak sekali selama ini, namun untuk drone racing atau akrobatik, walaupun memang ada juga yang RTF, tetapi banyak juga pilot yang lebih suka membangun sendiri drone mereka sehingga mereka bisa bebas memilih komponen apa saja yang akan digunakan untuk drone buatan mereka itu. Maka dari itu dari produsen drone pun juga banyak yang menyediakan Kit atau Drone BNF dimana anda harus merakit sendiri drone anda, bisa beli secara terpisah, namun ada juga yang sekaligus menyediakan partlist kebutuhan drone yang anda inginkan. Contohnya seperti Walkera, dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga.


Spesifikasi Drone RoboCat 270 - OmahDrones


Adalah RoboCat. Yang sebenarnya adalah sebuah brand untuk frame FPV Racing drone, yang tampilan ketika sudah jadi menjadi seperti gambar diatas. Dan gambar tersebut adalah yang akan kita bahas kali ini yakni RoboCat 270. Drone ini dirancang untuk menjadi drone racing atau akrobatik sebenarnya juga bisa tergantung nanti anda memberikan spek seperti apa untuk drone ini. dan utamanya untuk body dari RoboCat 270 terbuat dari campuran Carbon fiber sehingga harusnya durability atau ketahanannya bisa memuaskan ketika terbang nanti. Sebagai pelengkap dan penambah estetika, anda juga mendapatkan body hood yang bisa anda pasang untuk mempercantik RoboCat 270.



Dan seperti drone racing pada umumnya, struktur kerangka dan space yang ada di RoboCat 270 memang cukup baik, seperti slot untuk FCB, VTX, Camera dan lain – lain, entah anda mau menggunakan ESC 4 in 1 atau ESC biasa pun sebenarnya juga bisa – bisa saja disini, semua dapat dipasang dengan rapi di frame RoboCat 270, akan lebih rapi lagi apabila cable management anda bagus sehingga letak perkabelannya tertata dan tidak semrawut. Bahkan untuk mempercantik lagi, anda juga bisa memberinya aksesori lain seperti LED misalnya, sehingga ketika terbang, si RoboCat 270 juga memancarkan cahaya keren, walau tidak terlihat ketika anda sedang FPV an juga sih.



Untuk baterainya, RoboCat 270 dirancang untuk baterai 3S atau yang memiliki tegangan 11.1Volt. dengan kapasitas baterai sebesar 1500mAh, anda bisa terbang selama 10 – 15 menitan, untuk lanjut terbang lagi, karena RoboCat 270 sudah menggunakan motor brushless, anda tinggal ganti saja baterainya lalu anda siap terbang lagi, namun untuk recharge baterainya, tetap lebih baik tunggu hingga baterai dalam suhu normal dulu sebelum charge menggunakan Balance Charger  atau Li-Po Charger favorit anda supaya pengisian baterainya bisa optimal.  Dan tambahan sedikit, lama terbang disini tidak hanya dipengaruhi oleh kapasitas baterai dan lama terbang anda, namun juga dipengaruhi oleh komponen drone yang anda gunakan untuk RoboCat 270.



Di bagian kendali, atau unit kendalinya, anda bisa menggunakan Transmitter favorit anda juga disini, misalkan menggunakan FS-16. Apabila diperlukan anda juga bisa setting atau program lagi supaya lebih seperti yang anda inginkan dalam kontrolnya. Dan untuk jarak jangkauannya disini tentu tidak dapat diapstikan, karena jangkauan drone akan dipengaruhi secara menyeluruh oleh controller yang anda gunakan, tercatat ada bnayak juga Transmitter yang cocok dan bisa digunakan untuk drone ini, seperti dari FlySky atau FrySky yang jelas, dan kalau untuk multi transmitter yang lain admin belum tau juga bisa atau tidak karena belum pernah coba juga dengan merk lainnya.



Di unit kamera, anda bisa menggunakan VTX all in one sebenarnya, namun admin rasa kalau anda menggunakan tipe seperti itu akan kurang maksimal, maka dari itu lebih baik gunakan kamera dan VTX yang terpisah, supaya koneksi kamera bisa lebih maksimal lagi karena selain VTX nya lebih powerfull juga antenanya terletak di luar sehingga akan lebih efektif serta efisien ketika mengirim live video ke goggles atau ke FPV monitor anda. Untuk kameranya sendiri pun anda sebenarnya bisa juga menambahkan dengan Action camera apabila anda tidak mau record dari FPV yang mungkin akan terjadi beberapa gangguan kecil seperti ketika TV analog anda lagi kehilangan sinyal dari satelit.

Spesifikasi Drone RoboCat 270 - OmahDrones


Apabila anda membeli satu kit RoboCat 270 dari gearbest, hobbyking, atau banggod biasanya anda akan mendapatkan partlist seperti dibawah ini


  • Carbon fiber Quadcopter Frame
  • Marspower 2204 Motors x4
  • Propeller 5030 x4
  • CC3D flight controller
  • power distribution board
  • Lipo LiFe Low Voltage Buzzer Alarm
  • 12A motor ESC
  • Battery 2200mAh 11.1V 25C Lipo
  • Transmitter
  • Charger compatible
  • kit with some parts

Spesifikasi Drone RoboCat 270 - OmahDrones


Namun untuk spesifikasi ideal yang admin simpulkan dari salah satu sumber,  tercatat sudah banyak pilot yang memilih spesifikasi dibawah yang dirasa cocok dan pas untuk RoboCat 270,

Frame Robocat 270 Mini 4-Axis 270mm Full Carbon Fiber Racing Mini Quadcopter Frame with Hood Cover For FPV $18.75
Flight Controller OMNIBUS Betaflight F3 AIO V1.1 Flight Controller with Integrated OSD Barometer Support SD Card $19.59
ESCs 4X Racerstar RS20A 20A BLHELI_S OPTO 2-4S ESC Support Oneshot42 Multishot DShot for RC FPV Racing Drone $29.99
Motors 4X Racerstar Racing Edition 2205 BR2205 2300KV 2-4S Brushless Motor Black For 210 X220 250 280 RC Drone $29.99
Propellers 2 Pairs DALPROP 5045 Bullnose PC Propeller CW CCW For QAV250 ZMR250 Racer 250 Falcon 250 280 $1.99
FPV Camera RunCam PZ0420M-L24 2.4MM 120°3M 600TVL DC 5-17V Wide Voltage Mini FPV Camera $23.99
FPV Transmitter Eachine TX526 5.8G 40CH 25MW/200MW/600MW Switchable AV Wireless FPV Transmitter RP-SMA Female $12.95


Sehingga dari partlist diatas apabila di total, sebuah RoboCat 270 akan memakan biaya sebesar 107.26USD, atau setara dengan 1.4jutaan

Spesifikasi Drone RoboCat 270 - OmahDrones


Sedangkan apabila anda membelinya di banggod dan kawan – kawannya dengan part list yang awal tadi, disana tercantum harga sebesar USD atau setara juga dengan Rp ,. Untuk sebuah Drone Racing harga sebesar itu admin rasa wajar, karena anda membeli partlist yang juga bukan dari RoboCat, sehingga harganya tentu beda dengan drone serupa yang sudah RTF. Namun banyak kelebihan dan keleluasaan apabila anda membeli drone BNF seperti ini, contohnya ya tadi, anda bisa memilih sendiri part yang digunakan RoboCat 270, sesuai kebutuhan pun bisa, bahkan kalau anda gunakan RoboCat 270 sebagai drone camera pun juga bisa, asalkan anda bisa memodifikasinya.

Spesifikasi Drone RoboCat 270 - OmahDrones


Untuk sebuah drone akrobatik, walau bisa racing juga, RoboCat 270 memberikan keleluasaan anda untuk membangun sendiri drone anda., akan jadi seperti apa dan bagaimana peforma terbangnya nanti akan bisa dilihat dari komponen apa yang anda pilih untuk menjadi bagian dari RoboCat 270.