Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58


Beberapa waktu yang lalu, admin diminta memperbaiki drone Eachine E58 yang rusak di bagian motornya. Sebenarnya kalau untuk masalah seperti ini, anda bisa dengan mudah membeli motor beserta lengan dan propellernya sekalian, di onlineshop juga admin rasa banyak yang menjual sparepart seperti ini. Jika anda membeli lengan baru, anda tinggal menggantikan lengan nya saja lalu hubungkan kabel ke port motornya, dan jadilah sudah Eachine E58 anda bisa kembali terbang dengan normal dan lancar jaya. Namun apabila anda rasa kerusakan yang dihadapi bisa langsung teratasi hanya dengan mengganti gear atau motornya saja anda bisa melakukan step yang akan admin berikan untuk anda pada kesempatan kali ini.


Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Pertama – tama, siapa tau ada yang belum tau drone Eachine E58 secara keseluruhan dari spesifikasinya bisa melihat reviewnya di sini. Nah, ini berlaku untuk kita semua, sebelum main bongkar – bongkar, sebaiknya diagnosa dulu drone anda, apakah memang hanya perlu diganti gearnya saja, atau lebih baik beli lengan baru. Setelah anda yakin bahwa masalahnya ada di gear, seperti ada tanda motor yang berputar namun propeller nya tidak berputar sebagaimana mastinya. Itu bisa jadi ada gigi gear yang sudah ompong, maka dari itu anda sebaiknya mengganti gearnya saja untuk memperkecil biaya perawatan. Namun kalau anda tidak mau repot, ya itu tadi, beli saja lengan baru, maka masalah anda dapat terselesaikan dengan cepat.



Untuk Eachine E58 sendiri ada 2 gear, yang pertama gear pinion yang terpasang di motor, dan yang kedua adalah maingear yang nanti terhubung dengan propeller, baik gear kecil atau gear besar sama – sama berpotensi mengalami keompongan. Jadi terserah anda nanti anda akan mengganti gear kecil atau gear besarnya tergantung seberapa parah ompongnya juga. Bahkan mungkin anda harus mengganti motornya sedangkan gearnya masih bagus, mungkin saja. Karena segala kerusakan tergantung kita sebagai pilot yang menerbangkannya. Cara terbang, crash, dan perawatan juga mempengaruhi durability komponen drone. Oke, kalau sudah jelas semua mari kita mulai bongkar – bongkar.



Pertama rentangkan lengan drone lalu balik drone, di bagian bawah drone terdapat 6 buah baut yang harus anda lepas terlebih dahulu menggunakan obeng yang pas. Setelah itu buka body drone bagian atas dengan hati – hati, maka sekarang seluruh FCB drone sudah terlihat beserta kabel ke dinamonya.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Setelah itu, cabut kabel motor yang bermasalah, lalu copot juga lengan yang bermasalah dari badan drone.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Sekarang waktunya kita membuka lengan yang bermasalah. Stepnya pertama anda harus mencopot dulu proppelernya, lalu lepaskan 4 buah baut yang ada di bagian bawah lengan.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Setelah terlepas, coba perlahan lepaskan bagian tersebut supaya anda bisa mengganti gear nya.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Apabila sudah terbuka, disitu bisa dilihat bagian mana yang rusak. Cek tiap bagian. Seperti gear besar, gear kecil dan juga motornya, bagian mana yang rusak. Untuk kasus ini, ternyata admin temui bahwa ring yang harusnya berada diatas main gear ternyata sudah merekat di body atas lengan drone.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Akibatnya, meski motor sudah normal, gear normal, namun propeller tidak bisa bergerak bebas, karena antara body ring dan gear harusnya sma sama bebas berputar, namun dari body ke ring sudah merekat sehingga mengganggu putaran dari propeller, bisa jadi karena ring yang tertempel jadi tidak lurus, bisa juga karena body lengannya sudah tidak normal. Memang sebelumnya drone ini pernah jatuh ketika diterbangkan, makanya terdapat kerusakan seperti ini.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Untuk penggantian gear anda tingga ganti lalu tutup lagi seperti semula, pastikan tidak ada kabel yang terjepit ketika menutup lalu mengunci dengan baut. Dengan itu masalah anda selesai.



Namun tidak untuk kasus ini, disini admin sudah congkel sehingga ringnya bisa keluar, admin bersihkan body lengan serta ringnya, admin beri pelumas lalu admin pasang lagi, namun hasilnya tetap tidak bisa seperti sedia kala, setelah dicermati ternyata body lengannya memang sudah cacat karena jatuh sehingga tempat di body untuk ring menjadi menjepit ring.



Kalau sudah bodynya yang kena seperti ini, satu – satunya jalan memang harus ganti lengan sekalian. Karena propellernya tidak bisa berputar dengan bebas 100%. Meski setelah admin perbaiki dan admin luruskan ringnya supaya propeller bisa berputar lebih normal, dronenya memang sudah bisa terbang seperti sedia kala, namun putaran propellernya masih terasa lebih berat daripada yang lain.

Cara Mengganti Gear Drone Eachine E58 - OmahDrones


Nah, jadi admin kali ini sudah memberikan semua masalah yang sering terjadi pada Eachine E58 khususnya di bagian motor, dan masalah ketika sesudah crash atau jatuh. Semoga dari artikel admin kali ini anda bisa mengetahui solusi bagi drone Eachine E58 anda, yang mengalami masalah serupa.