Tips untuk Drone DJI Mavic Pro

DJI Mavic setelah masa perilisannya sudah usai ternyata mendapat perhatian yang cukup bagus dari sekian banyak pilot di seluruh dunia. Itu bisa dibuktikan dengan banyaknya pilot yang langsung membeli produk Drone DJI Mavic tersebut. Meski yang namanya suatu produk, pasti ada yang pro dan kontra, ada yang mengatakan kalau DJI Mavic adalah drone super keren dan bisa diandalkan dan kemampuannya pun bisa menggantikan peran Phantom sebagai sesepuhnya. Disisi lain ada pula yang mengatakan kalau Mavic banyak kekurangannya. Ya, menurut admin, itu tergantung sudut pandang anda saja sih. Namun pada kesempatan kali ini admin tidak akan membahas hal tersebut. Melainkan admin akan membahas beberapa tips yang bisa anda terapkan di drone DJI Mavic pro anda.


Tips untuk DJI Mavic Pro - OmahDrones
Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa tips untuk DJI Mavic pro yang apabila anda setuju dengan pendapatnya anda juga bisa menerapkan pada drone anda, yang fungsinya selain untuk memaksimalkan kinerja dari DJI Mavic pro anda juga untuk membuat drone anda yang satu ini jadi diperlakukan dengan baik.


Lalu apa sajakah tips untuk si mavic ini? Mari kita simak segera



1. Jangan sampai Menghilangkan atau Merusak Pelindung Kamera dan Gimbal
Pelindung kamera dan gimbal pada Drone DJI Mavic pro adalah sebuah kesatuan, terdapat dua buah bagian, dimana yang satu untuk melindungi gimbal, yang pemasangannya dibagian belakang gimbal, dan satu lagi adalah pelindung kamera yang pemasangannya di bagian depan kamera. Mengapa jangan sampai hilang atau rusak? Karena untuk mendapatkan aksesori yang satu ini bisa dibilang sangat sulit, bahkan ketika artikel ini ditulis pun hanya ada beberapa sumber saja yang menjual pelindung kamera dan gimbal untuk Drone DJI Mavic, dan harganya pun cukup mahal. Jadi jangan sampai hilang atau rusak ya.



2. lepaskan pelindung kamera dan gimbal ketika terbang
Beberapa pilot mungkin tetap menerbangkan Drone DJI Mavic dengan pelindung kamera yang masih terpasang. Dengan alasan untuk melindungi bagian gimbal dan kamera tentu saja. Namun sebenarnya itu adalah tindakan yang sangat tidak disarankan. Mengapa? Coba lihat dibagian belakang gimbal dan kamera Drone DJI Mavic, disitu ada ventilasi udara. Dimana udara akan diserap melalui ventilasi tersebut dan dibuang melalui ventilasi bawah samping dan belakang drone. Perangkat elektronik tentu tidak suka panas, karena apabila terlalu panas, komponen mudah sekali rusak. Dan berdasarkan percobaan beberapa pilot, suhu dalam Drone DJI Mavic jadi lebih panas ketika terbang dengan tetap memasang pelindung kamera. Jadi lebih baik ketika terbang tidak usah memakai pelindung kamera, supaya drone tetap mendapatkan sirkulasi udara yang bisa mendinginkan komponen – komponen yang ada didalamnya ketika drone sedang di operasikan.



3. Gunakan Case yang Terbaik
Memang Drone DJI Mavic di desain untuk bisa dilipat, sehingga bisa dibawa kemana saja secara lebih mudah apabila dibandingkan dengan drone DJI Phantom. Namun, tetap saja untuk cara pembawaannya akan lebih praktis dan rapi apabila anda menggunakan case khusus untuk Drone DJI Mavic. Ada beberapa jenis case yang sudah beredar mulai dari bentuk backpack, dan juga koper mini, untuk backpack tentu ukurannya lebih tipis dan lebih kecil daripada backpack untuk DJI Phantom series.



4. Gunakan Landing Pad apabila terbang dari rumput, pasir, atau tanah berdebu
Memang, Drone DJI Mavic memiliki kaki untuk menopang tubuhnya, namun sayangnya dia hanya diberi sepasang kaki saja yang terpasang di bagian depan. Jadi ketika anda menerbangkan Drone DJI Mavic di tiga daerah rawan tersebut, aka nada kemungkinan nanti bisa mengganggu kinerja motor atau bahkan propellernya juga, belum lagi kalau ada debu yang bisa masuk ke dalam ventilasi udara sehingga akan mengganggu sirkulasi pendingin komponen. Jadi langkah baiknya apabila anda hendak take-off dari tiga daerah rawan tersebut, lebih baik anda menggunakan landing pad khusus untuk drone yang untuk mendapatkannya juga sekarang sudah banyak yang menjualnya.



5. Kuasai Teknik “Tap to Focus” di Aplikasi DJI GO
Meski tidak usah menggunakan tap to focus hasil gambar yang ditangkap oleh kamera sudah autofocus. Namun anda juga harus menguasai teknik tap to focus untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang anda harapkan. Karena terkadang kombinasi pencahayaan yang didapat dari autofocus tidaklah sama dengan kombinasi pencahayaan yang didapat dengan tap to focus. Sehingga ketika anda menggunakan tap to focus, anda bisa mendapatkan gambar yang lebih sesuai dengan keinginan anda, karena anda bisa menentukan sendiri mau focus yang seperti apa, sehingga kombinasi pencahayaannya pun jadi berubah juga.



6. Gunakan Micro SD yang Paling Bagus dan Cepat
Micro SD yang paling bagus untuk drone adalah MicroSD yang memiliki kecepatan baca dan tulis super cepat, kecepatan readwrite MicroSD dinyatakan dalam class, dan yang tercepat adalah class 10. Dan untuk Drone DJI Mavic, banyak yang merekomendasikan MicroSD berkapasitas 32 atau 64 GB. Sehingga anda baiknya membeli MicroSD 32GB Class 10, atau 64FB Class 10. Setelah terpasang, segera format menggunakan aplikasi DJI GO, supaya lebih menyatu dengan sistem dari DJI GO sehingga meminimalisir terjadinya error ketika penyimpanan hasil gambar atau video, terlebih Drone DJI Mavic juga sudah bisa mengambil gambar 4K sehingga butuh memory yang memiliki kecepatan tulis cukup tinggi.



7. Ganti Settingan RTH ketika terbang indoor
Ketika terbang outdoor dengan GPS tentunya, pasti anda sudah mensetting Remote Controller Singal Lost pada Advanced setting menjadi Return to Home. Nah, ketika anda terbang indoor, lebih baik anda mengubahnya dulu menjadi hover saja, karena selain biasanya ketika return to home drone akan naik dulu baru pulang, karena ini di dalam ruangan, lebih baik ketika kehilangan sinyal cukup hovering saja, baru nanti anda samperin dronenya untuk bisa dikendalikan lagi.




Oke, jadi sekiranya ada 7 tips yang bisa anda terapkan apabila anda setuju dengan pendapatnya untuk Drone DJI Mavic pro anda. Tips ini tentu akan ditambah lagi apabila admin menemukan tips yang berguna bagi anda yang memiliki Drone DJI Mavic pro. Yang penting jangan bosan untuk menemukan informasi lainnya disini.