Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C

JJRC kembali mengeluarkan produk terbarunya, kali ini mereka memasarkan produk baru yang memiliki satu seri namun memiliki beberapa varian jenis yang bisa dipilih, namun karena baru ada dua varian saja, maka akan admin jadikan satu postingan saja, karena perbedaannya hanya terletak di beberapa bagian saja. Sebenarnya model seperti ini juga sudah dilakukan oleh Cheerson, dengan drone CX-10 seriesnya yang terdiri dari CX-10 star, CX-10A, CX-10C, CX-10, CX-10D, CX-10WD, dan CX-10W. semua spesifikasinya sama, hanya saja beda spesialisasi saja. Nah, dengan itu JJRC juga tidak mau ketinggalan dengan seri H30 nya. Lantas bagaimana kemampuan drone JJRC H30 series apabila dilihat dari spesifikasinya yang ketika artikel ini ditulis sudah memiliki dua varian drone.



Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C - OmahDrones

Kedua seri tersebut memiliki perbedaan kode nama yakni JJRC H30 dan juga JJRC H30C, untuk JJRC H30, dibuat desain menjadi All in One Drone, sedangkan untuk JJRC H30C dibuat menjadi normalnya mini atau micro drone, dengan remote yang sangat familiar sekali dikalangan mini drone. Nah, baik H30 atau H30C, keduanya sudah memiliki fitur Headless mode juga. Dan untuk pelengkap dari fitur ini tentu juga di sertakan fitur one key return yang hanya bisa digunakan ketika anda mengaktifkan fitur headless mode. Kalau dilihat dari sisi bentuk dan tampilannya, mereka masih memiliki satu desain yang sama, namun dari segi ukuran, JJRC H30 memiliki ukuran yang lebih kecil daripada JJRC H30C.



Ukuran JJRC H30 ini bisa dibilang sangat kecil. Besarnya mungkin bisa di samakan dengan ukuran satu ibujari orang dewasa.  Inilah yang membuat JJRC H30 menjadi cukup menarik, karena ukurannya memang benar – benar kecil. Karena ini pula, JJRC H30 di desain menjadi All in One drone yang maksudnya, anda bisa meletakkan drone didalam remotenya untuk mempermudah ketika anda ingin membawa drone ke suatu tempat. Selain itu dengan menempatkan drone pada tempatnya yakni di remotenya, itu juga akan meminimalisir drone untuk hilang, karena sudah tersimpan dengan aman di dalam remote.

Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C - OmahDrones


Lanjut ke bagian baterai, untuk JJRC H30 yang ukurannya cukup mungil, dia dibekali dengan baterai yang juga sangat kecil kapasitasnya, yakni hanya 88mAh saja. Sedangkan, untuk JJRC H30 dibekali dengan baterai berkapasitas 150mAH, ukuran baterai standar untuk mini drone berkamera. Namun rata – rata untuk waktu terbangnya juga sama yakni sekitar 3 - 5 menit. Keduanya memakai baterai bertegangan 3.7 volt, itu artinya anda bisa melakukan recharge baterai menggunakan kabel USB bawaan yang anda hubungkan ke port USB pada komputer, laptop, atau interface USB lainnya. Namun lebih baik menggunakan USB Charger seperti untuk charging smartphone, dengan arus yang kecil yakni sekitar 300 – 500 mAh saja, karena kalau arusnya terlalu besar, khawatirnya nanti bisa memperpendek umur baterai.


Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C - OmahDrones


Di bagian remote, atau transmitter, untuk JJRC H30 memiliki remote All in One, dimana anda bisa menyimpan drone di dalam kotak kecil yang sudah disediakan pada bagian tengah unit controller. Controller ini memang ukurannya tidak cocok untuk di saku, namun desainnya cukup untuk mempermudah anda untuk menyimpan drone yang ukurannya cukup kecil, sehingga tentu lebih ringkas baik dalam penyimpanan atau perjalanan. Sedangkan untuk JJRC H30C, dia memiliki bentuk controller yang pasti sudah sangat familiar di kalangan para pecinta drone mini, yap, desain mini controller seperti itu memang dianggap ideal bagi beberapa produsen drone. Baik controller JJRC H30 atau JJRC H30C, keduanya sudah memiliki tombol untuk mengaktifkan fungsi headless mode, dan juga one key return. Perbedaannya hanyalah pada controller JJRC H30 tidak memiliki tombol untuk mengambil gambar dan video, sedangkan JJRC H30C tentu mempunyai tombol untuk fungsi tersebut. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan drone kira – kira hingga dalam radius maksimal 30 meter.

Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C - OmahDrones


Namanya mini drone, memang lebih baik atau lebih tepat untuk terbang indoor, karena kalau outdoor lebih berresiko tinggi terbawa angina ketika terbang terlalu tinggi atau terlalu jauh, sehingga kalau hilang pasti akan lebih susah untuk mencarinya karena ukurannya yang kecil. Dan terlebih pada drone JJRC H30C, ketika dia lost connection dengan transmitter, dia akan tetap terbang selama 6 detik, waktu ini akan sangat rawan karena mudahnya terbawa angin ketika angin berhembus. Maka hati – hati kalau menerbangkan JJRC H30 series di luar ruangan.



JJRC H30 memang tidak memiliku unit kamera, sehingga anda mungkin bisa berpuas dengan ukurannya yang super micro, dan dengan fungsi headless mode pada drone sekecil ini. Namun untuk JJRC H30C, anda sudah mendapatkan kamera built in yang resolusinya cukup besar untuk ukuran mini drone, yakni sebesar 2MP. Sensor kamera yang lebih besar daripada kebanyakan minidrone yang biasanya hanya memiliki sensor 0,3MP saja. Dengan kamera ini, tentu anda akan mendapatkan gambar yang lebih baik daripada mini drone yang masih memiliki kamera 0.3MP.



Untuk spesifikasi tiap drone tersebut, sudah admin jadikan tabel sekaligus untuk perbandingan spesifikasi antara JJRC H30 dan JJRC H30C, dan tabelnya bisa anda lihat dibawah ini:



JJRC H30C JJRC H30
Frekuensi 2.4GHz 2.4GHz
Channel 4CH 4CH
Gyro 6 Axis 6 Axis
Bahan ABS ABS
Flight Time 5-7 menit 4-6 menit
Charging 45 menit 35 menit
Jarak Terbang 30 m 20 m
Ukuran 8.5 x 8.5 x 3.3CM 5.50 x 5.20 x 2.00 cm
Baterai drone 3.7V 150mAh 3.7V 80mAh
Baterai Remote 2x AAA baterai 2x AAA baterai
Kamera 2MP no



Spesifikasi Drone JJRC H30 dan H30C - OmahDrones


Ketika anda membeli JJRC H30, kelengkapan yang akan anda dapatkan adalah:
1 x Quadcopter
1 x Transmitter
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Propeller
1 x Chinese-English Manual


Sedangkan untuk JJRC H30C, kelengkapannya berupa:
1 x JJRC H30C Mini RC Quadcopter With camera
1 x 3.7V 150mah Battery
1 x Transmitter
1 x USB Charger



Baik JJRC H30, atau JJRC H30C masing – masing memiliki kelebihan sendiri, yang paling menonjol adalah JJRC H30 memiliki ukuran super micro, sedangkan JJRC H30C memiliki kamera 2MP. Namun yang jelas karena ukurannya yang kecil, anda bisa menerbangkan drone ini dimana saja karena untuk bisa terbang dia tidak perlu area yang cukup luas, jadi untuk anda yang ingin belajar menerbangkan drone, ini adalah salah satu drone yang cocok untuk pemula.




Dari segi harga pun juga bersaing, JJRC H30 dipatok dengan harga $ USD, atau setara dengan Rp. ,- sedangkan JJRC H30C dihargai $ USD atau Rp. ,- kedua drone ini tentu juga masih masuk pada kategori drone dibawah satu juta. Dan untuk harga tertera tetap merupakan harga kisaran saja ya. Sehingga mungkin akan berbeda harganya apabila anda menemukan salah satu drone ini di toko – toko.