Spesifikasi Drone JJRC H23 - Car to Quadcopter dari JJRC

Apabila beberapa waktu lalu, omahdrones pernah mengulas salah satu drone dual mode dimana dia bisa menjadi Quad-Copter drone, atau bisa juga menjadi RC Car. Seperti yang sudah di bahas waktu lalu yakni Drone Lishitoys L6055 dan juga SY X25 . Kali ini ternyata JJRC juga punya drone dual mode, yang secara garis besar dia juga bisa melakukan apa yang dilakukan si Drone. Namun apakah spesifikasi dan kemampuan serta fitur yang ditawarkan drone dual mode dari JJRC ini bisa menyaingi drone , atau terkesan sama saja? Nanti anda bisa menyimpulkan sendiri apabila telah kita bahas bersama hingga akhir. Untuk nama pasarnya, drone ini memiliki nama JJRC H23 , si drone berkemampuan ganda selain bisa terbang, namun dia juga bisa melesat di jalanan.

Spesifikasi Drone JJRC H23 - OmahDrones


Untuk bentuknya JJRC H23 memiliki kerangka dasar yang tidak jauh beda dengan drone dual mode sejenis lainnya. Dia menggunakan bentuk dasar mobil, yang di tiap sisi rodanya juga diberi motor tambahan untuk airplane mode, alias flying mode. JJRC H23 tersedia dalam dua warna yakni kuning hitam dan biru hitam. Sebagai dual mode drone, JJRC H23 sudah memenuhi standar drone khususnya Quad-Copter seperti sudah dilengkapi dengan 6axis Gyro, Headless mode, one key return, sehingga ketika terbang, JJRC H23 bisa terbang dengan stabil. JJRC H23 pun juga dilengkapi dengan LED yang selain berfungsi sebagai indicator, juga akan memperindah desain drone.



Untuk fiturnya, dari JJRC telah memaparkan fiturnya yang bisa anda lihat dibawah ini:
-          Air-land double mode fly car.
-          Switch to flight mode can fly in the sky makes turn 360 degree of the special effects in the air
-          The ground mode, can run on the ground forward / backward, turn left / right, speed up operations
-          With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
-          One key to return function makes it easily to find the way home.
-          4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360° 
-          2 color available
-          With LED light for night flightAmazingly integrate flying and racing capabilities
-          6-Axis gyro quad-rotorcraft flight, strong stability,can easily implement various flight movements, stronger wind resistance, easier to control.
-          Inbuilt 750mAh battery for up to 8 minutes of long flight time

Spesifikasi Drone JJRC H23 - OmahDrones


Demi membuat badannya menjadi lebih ringan, JJRC H23 tidak menggunakan ban plastic atau karet di bagian tiap rodanya. JJRC H23 lebih memilih menggunakan ban dengan bahan dari busa, sehingga drone akan menjadi lebih ringan ketika terbang, dan tidak berat ketika melesat di permukaan lantai. Maka dari itu, karena dia hanya memiliki ban yang sangat rapuh dan gampang kotor, apabila menggunakan car mode lebih baik anda gunakan di lantai yang halus dan bersih supaya ban nya tetap awet.



Sedangkan untuk spesifikasi detailnya bisa anda lihat dibawah ini:
Brand name: JJRC
Item name: H23
Frequency: 2.4G
Gyro: 6 axis
Material:ABS/PS,Electronic Components
Color: Blue, yellow
Flight time:5-8 minutes
Charging time: 60 minutes
Control distance: about 200M( the best control distance: within 150m)
Battery for quadcopter: 3.7V 750mAh (included)
Battery for transmitter: 4 x 1.5V AA battery(not included)



Seperti yang tercantum diatas, JJRC H23 dibekali baterai yang kapasitasnya bisa dibilang besar untuk drone sekecil ini yakni 750mAh. Mengapa ia diberi baterai yang kapasitasnya besar, secara logika karena dia juga bisa menjadi mobil. Ketika mode mobil, dia harus ganti motor untuk berjalan, dan ketika trottle dinaikkan dia akan langsung terbang, dengan kata lain dia menggunakan 8 motor, sehingga wajar kalau dia membutuhkan sumber tenaga yang lebih. Meski begitu JJRC H23 masih menggunakan baterai bertegangan 3.7 Volt, sehingga untuk masalah recharge, anda bisa menggunakan beberapa media. Bisa menggunakan USB Charger seperti smartphone, bisa juga menggunakan USB Port pada Laptop ataupun PC. Untuk waktu chargingnya rata – rata membutuhkan waktu selama 1 jam, bisa kurang bisa lebih.

Spesifikasi Drone JJRC H23 - OmahDrones


Lanjut ke bagian unit kendali, JJRC H23 memiliki remote yang sudah mumpuni dalam standar remote drone kelas toys. Selain fungsi dasar untuk terbang belok dan menukik, remote ini juga sudah bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur – fitur bawaan seperti headless mode. Bahkan remote ini juga dilengkapi dengan LCD mini yang terletak dibagian bawah, sehingga anda bisa mengetahui kondisi drone secara realtime tentang kekuatan sinyal, baterai dan trim khususnya. Dengan remote ini anda sudah bisa mengendalikan baik quad-copter maupun mobil. Untuk menjadi mode mobil, turunkan throttle hingga 0, lalu arahkan direction ke depan atau belakang, kiri atau kanan, maka mobil akan langsung melaju sesuai dengan arah yang anda pilih. Sedangkan untuk jadi quad-copter, langsung angkat throttle nya saja nanti drone akan langsung terbang. Bahkan JJRC mengeklaim jangkauan JJRC H23 bisa hingga 200 meter, walau banyak review yang menyatakan jarak maksimal yang didapat kurang lebih 100 meter saja.



JJRC H23 sayangnya tidak dilengkapi dengan kamera, sehingga anda tidak bisa mengabadikan momen – momen anda ketika sedang didarat maupun diudara menggunakan drone ini. Meski di kardusnya mungkin ada logo camera nya, namun kenyataannya JJRC H23 belum memiliki kamera, mungkin untuk versi keluaran terbaru besok akan disertakan kamera pada tiap unitnya. Semoga saja begitu.

Spesifikasi Drone JJRC H23 - OmahDrones


Untuk tiap pembeliannya, anda akan mendapatkan kelengkapan sebagai berikut:
1 x JJRC H23 Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 750mAh Li-poly Battery
2 x Blades
1 x screwdriver
1 x USB charging cable
1 x manual



Meski  belum dilengkapi dengan unit kamera, JJRC H23 masih diuntungkan dengan baterai yang cukup besar dan tidak perlu menyupply tenaga untuk unit kamera, sehingga tenaga dari baterai akan optimal untuk memberi power pada tiap motornya. Otomatis, peforma terbang dari JJRC H23 bisa dibilang maksimal.


Spesifikasi Drone JJRC H23 - OmahDrones


Untuk drone kelas toys, yang belum memiliki kamera bawaan namun dia termasuk kedalam drone dual mode, JJRC H23 ini bisa anda beli dengan harga pasaran sebesar $ 37 USD, apabila di rupiahkan setara dengan Rp. 493.000,- itu harga internasional, kalau sudah di tangan pedagang tentu harganya bisa beda lagi. Namun untuk anda yang ingin memiliki drone dengan kelebihan bisa menjadi mobil, JJRC H23 bisa menjadi salah satu drone yang patut anda masukkan ke dalam refrensi anda.