Spesifikasi Hubsan H002 Nano Drone

Apabila kita membahas nano drone, ya mungkin kita tidak akan membahas fitur yang keren – keren, karena standar nano drone kebanyakan sama. Mungkin tiap tipe memang memiliki kelebihan sendiri, itu memang didesain seperti itu, karena dengan kecilnya bentuk drone, maka tentu kita tidak bisa berharap banyak drone itu memiliki kemampuan yang cukup banyak. Dan tak mau ketinggalan, Hubsan memiliki satu drone yang juga memiliki kelebihan, daripada nano drone lainnya. Yap, kali ini memang kita akan membahas satu nano drone dari hubsan yang sempat menjadi terobosan baru bagi anda yang ingin memiliki sebuah nano drone dengan kamera yang bisa diadu dengan nano drone lainnya.



Spesifikasi Hubsan H002 Nano - OmahDrones

Yap, nano drone buatan Hubsan kali ini memang menonjol pada bagian kameranya. Nano drone yang ukurannya hanya sekitar 7 x 7 cm ini, selain memiliki kamera yang berani diadu, juga memiliki desain yang keren. Walau hanya terdiri dari dua warna yang kontras, yakni merah dan putih, Indonesia banget kan, hehe. Namun tetap untuk bentuk dasarnya tidak jauh beda dari kebanyakan nano drone. Drone ini dinamai tipe H002 sehingga sebutannya adalah Hubsan H002, atau ada juga yang menyebutnya dengan Hubsan H002 Nano. Drone ini baik juga untuk pemula, yang sedang belajar menerbangkan drone, karena sebagai nano drone , Hubsan H002 Nano memiliki ukuran yang kecil dan bisa dimainkan dimana saja bahkan di ruangan yang tidak terlalu luas.



Untuk fiturnya, selain dia memiliki kamera, Hubsan H002 Nano juga dilengkapi dengan fitur headless mode, dan juga bisa melakukan flip ketika terbang. Selain dia cocok untuk pemula karena ukurannya yang kecil, Hubsan H002 Nano menjadi cocok untuk pemula juga karena cara terbangnya yang sangat halus. Disini tidak ada mode switch. Dari Hubsan hanya memberikan mode beginner saja, sehingga drone tidak bisa terbang lebih cepat. Namun sisi baiknya, dia terbangnya cenderung halus, maka dari itu Hubsan H002 Nano cocok sekali untuk anda yang sedang belajar menerbangkan drone. Apalagi Hubsan H002 Nano memiliki kamera juga, sehingga anda bisa sekalian mengambil gambar ketika terbang. Tak cukup sampai disitu saja, Hubsan H002 Nano juga dilengkapi dengan accelerometer, mungkin inilah yang membatasi drone untuk terbang secara perlahan namun halus. Dan kadang kala accelerometer ini error kerena terpaan angin sehingga drone nanti akan memiliki tanda tersendiri. Lalu, ketika itu terjadi, anda harus mendaratkan drone dulu diatas tanah, tunggu beberapa detik untuk kalibrasi ulang accelerometer, baru anda bisa terbang dengan tenang lagi.


Spesifikasi Hubsan H002 Nano - OmahDrones

Hubsan H002 Nano juga diberi baterai bawaan yang kapasitasnya lebih besar daripada nano drone sekelasnya. Hubsan H002 Nano memiliki baterai bawaan bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 180 mAh. dengan baterai sekecil ini, Hubsan H002 Nano bisa diterbangkan dengan catatan waktu terlama bisa hingga 7 menit. Ketika baterai menunjukkan sudah melemah, maka segera turunkan lalu istirahatkan drone dulu supaya dingin, setelah itu anda bisa merechargenya menggunakan kabel USB Bawaan dengan menghubungkannya ke USB charger. Atau kalau tidak, anda juga bisa mencolokkan ke USB Port di laptop atau computer, namun saran admin mending di charge menggunakan usb charger yang arusnya sekitar 300 – 500mAh saja. Jangan terlalu besar arusnya karena baterainya juga Cuma 180mAh.


Spesifikasi Hubsan H002 Nano - OmahDrones

Di bagian remote, yakin deh, pasti banyak dari anda yang sudah tidak asing dengan remote model seperti ini. Ini adalah style basic remote untuk nano drone, kebanyakan nano drone memang menggunakan remote seperti ini. Nah, dengan remote sekecil ini, anda bisa menerbangkan drone dengan mulusnya, dan sekalian anda juga bisa melakukan beberapa fungsi bawaan seperti headless mode, flip, atau mengambil gambar atau video juga bisa. Nah, seperti lainnya juga, jangkauan remote ini tidaklah jauh, yakni hanya sekitar 30 – 50 meter saja. Wajar karena drone nya juga kecil, jadi buat apa mau terbang jauh – jauh, kalau sampai jatuh di tempat yang tertutup bakal susah nyarinya karena dronenya kecil. Jadi jangan terbang jauh – jauh.


Spesifikasi Hubsan H002 Nano - OmahDrones

Lalu lanjut di bagian kameranya. Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa kamera dari Hubsan H002 Nano bisa diadu dengan drone saingannya. Mungkin sering anda lihat di iklan – iklan, bahwa dikatakan Hubsan H002 Nano memiliki kamera HD, dan anda langsung berfikir kalau dia bisa merekam dalam resolusi 720p. namun kenyataannya, Hubsan H002 Nano masih merekam dalam resolusi 480p. lensanya pun masih 0.3 MP. Namun yang membuatny bisa diadu adalah hasil gambarnya lebih jernih dan lebih bagus daripada drone sejenis dipasaran. Sehingga otomatis anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus apabila menggunakan drone Hubsan H002 Nano ini daripada nano drone lainnya.



Spesifikasi detailnya bisa anda lihat dibawah ini:
Brand: Hubsan
Type: Quadcopter
Model: H002
Features: Radio Control
Motor Type: Brushed Motor
Functions: Forward/backward,Headless Mode,Roll,Turn left/right,Up/down
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Night Flight: Yes
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Detailed Control Distance: 30-50m
Transmitter Power: 4 x AAA battery (not included)
Battery: 3.7V 180mAh
Flying Time: 4-7mins
Charging Time (h): 30 minutes
Camera Pixels: 0.3MP
Product size (L x W x H): 6.80 x 6.80 x 2.50 cm

Spesifikasi Hubsan H002 Nano - OmahDrones


Sedangkan untuk package itemnya, apabila anda membeli sebuah Hubsan H002 Nano, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Hubsan H002 Nano Drone
1 x Transmitter
1 x USB Cable
4 x Spare Propeller



Untuk anda yang masih newbie dan ingin mencari drone yang kecil namun memiliki beberapa fungsi yang keren untuk bisa menambah skill terbang, mungkin Hubsan H002 Nano ini cocok untuk anda beli, karena selain dia memiliki beberapa fitur bawaan, dia juga memiliki kamera yang lebih baik dari drone sekelasnya juga dia memiliki pergerakan yang sangat halus sehingga cocok sekali untuk anda yang masih pemula.
Untuk harganya, Hubsan H002 Nano ini memiliki harga sebesar $30.5 USD, atau apabila di rupiahkan menjadi Rp. 400.000,- an. Untuk nano drone, pastilah Hubsan H002 Nano masih termasuk kedalam drone dibawah satu juta. Jadi dengan ini apakaj anda jadi tertarik untuk memiliki sebuah Hubsan H002 Nano?