Spesifikasi Drone WLToys Q282G

Apabila anda ingin memiliki sebuah hexa-copter super lengkap, yang sudah memiliki kamera bawaan dan bisa anda gunakan untuk fitur FPV, plus dengan drone ukurannya termasuk kedalam kategori mini drone. Sehingga ukurannya cukup kecil. Nah ada beberapa drone yang memiliki spesifikasi seperti itu, namun, kali ini kita ada satu drone dari WLToys yang memungkinkanmu untuk bisa mendapatkan semua kelebihan tersebut dalam satu drone. Drone ini sebenarnya juga bisa anda gunakan untuk latihan menerbangkan drone walau fiturnya bisa dibilang terlalu kompleks, namun apabila anda memang bersikeras untuk memiliki mini drone hexa-copter yang memiliki kemampuan  dan fitur yang lebih banyak dari hexa-copter sejenis lainnya, maka mini drone yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan anda.



Spesifikasi Drone WLToys Q282G - OmahDrones

Namanya adalah WLToys Q282G. seperti yang sudah admin katakan tadi, WLToys Q282G adalah sebuah mini drone yang juga termasuk kedalam jenis Hexa-Copter karena memiliki enam buah motor untuk bisa terbang diudara. Bentuknya masih mirip dengan adiknya, yakni WLToys Tracker namun WLToys Q282G memiliki badan yang ukurannya sedikit lebih besar. Drone ini dilengkapi pula dengan aksesori berupa sepasang kaki yang lentur, walau sebenarnya disini kakinya tidak terlalu berpengaruh, layaknya mini drone lain juga jarang disertai dengan kaki karena dirasa memberatkan drone, mungkin karena WLToys Q282G adalah Hexa-Copter, jadi dia memiliki tenaga yang lebih daripada Quad-Copter, sehingga apabila ditambah sepasang kaki ini pun masih bisa terbang dengan maksimal.


Beberapa fitur yang ditawarkan oleh WLToys Q282G adalah:
-          Ringan
-          Baterai yang kapasitasnya tergolong besar
-          Layar FPV 5.8 GHz
-          Headless Mode/CF Mode
-          Flip
-          One key return
-          Dan tentunya kamera

Untuk sebuah mini hexa-copter, bisa dilihat dari deretan fitur diatas, maka bisa disimpulkan pertama kalau WLToys Q282G memiliki kelebihan yakni memiliki layar FPV bawaan. Sehingga nantinya anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV ketika terbang.


Lalu juga tercatat bahwa WLToys Q282G memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya diatas rata – rata drone sekelasnya. Umumnya atau biasanya memang mini drone hanya disertai baterai kisaran 200 – 350 mAh saja. Ambil contoh Tarantula SQ800 yang hanya disertai baterai sebesar 350mAh, padahal dia memiliki ukuran lebih besar dari WLToys Q282G serta sama – sama memiliki kamera. Nah, untuk WLToys Q282G sendiri, dia memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 500mAh. sangat besar untuk ukurannya, maka dari itu WLToys Q282G di sebut bisa terbang beberapa menit lebih lama daripada drone sekelasnya. Namun anehnya dari pihak WLToys masih menuliskan bahwa WLToys Q282G hanya bisa terbang selama 6 menit saja, yang artinya hanya lebih 1 menit daripada drone sekelasnya, sebenarnya masuk akal, karena WLToys Q282G harus memutar 6 buah motor secara bersamaan dalam satu waktu sehingga lebih bannyak memakan tenaga juga. Karena baterainya memiliki tegangan yang kecil, yakni 3.7 volt, maka ketika baterai sudah mulai habis, anda bisa merechargenya dengan menghubungkannya ke USB Port pada laptop ataupun computer. Namun tetap ya, saran admin mending menggunakan USB Charger seperti untuk charge smartphone, namun pilih yang arusnya maksimal 500 mAh.


Spesifikasi Drone WLToys Q282G - OmahDrones

Untuk unit transmitter atau bagian remote, WLToys Q282G juga memiliki remote yang bisa dibilang kompleks, seperti fitur yang dimiliki drone ini. Dengan remote ini anda tidak hanya bisa sekedar menerbangkan saja. Namun juga bisa menggunakan beberapa tombol fungsi yang sudah memiliki tombolnya masing – masing. Bahkan, untuk memperjelas status drone seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterai, dan juga trim, remote WLToys Q282G juga memiliki layar LCD yang akan menampilkan status itu semua. Ditambah, di bagian atas dari remote ini juga bisa langsung anda pasang LCD FPV yang anda dapatkan di setiap pembeliannya. Untuk ukuran mini drone, bukankah sangat lengkap apabila memiliki kelengkapan yang seperti ini di bagian remotenya? Namun sayangnya dengan remote bawaan ini, anda hanya bisa efektif terbang di jarak sekitar 20 meter saja, mengapa? Mungkin karena sinyal remote mudah terganggu dengan sinyal Wi-Fi dari kameranya.


Spesifikasi Drone WLToys Q282G - OmahDrones

Demi mendapatkan gambar yang sudah cukup bagus, setidaknya terlihat jelas di monitor FPV, WLToys Q282G dilengkapi dengan kamera yang sudah built in jadi satu dengan bodynya. Kamera ini memiliki lensa sebesar 2MP. Dengan kamera yang ukurannya sebesar itu, setidaknya anda bisa mendapatkan gambar yang sudah cukup terlihat baik dalam bentuk foto ataupun video. Terlebih dengan monitor FPV yang ada, anda bisa merasakan bagaimana menerbangkan drone sembari melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara realtime.


Berikut adalah detail spesifikasi dari mini drone WLToys Q282G
Brand Name: Wltoys
Item NO.:Q282G
Item Name: 5.8G FPV 6-Axis RC Hexa-copter with Camera
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Flight Duration: 6 Minutes
Remote Control Distance: 60-80 meters
Recharging Time: 90mins
Battery For Quadcopter: 3.7V 500 mAh(included)
Battery For Transmiter: 6 x AA Battery (not included)
Motor: 720 motors *6
Color: White,Black
Material: ABS foam
Product size: 13.7*13*5 cm
Color box size:32*9*25.5 cm
Quadcopter Weight: 50.5g


Spesifikasi Drone WLToys Q282G - OmahDrones


Tiap membeli drone WLToys Q282G ini pun anda akan mendapatkan satu kit yang super lengkap, yang umumnya terdiri dari:
1 x Wltoys Q282G Hexacopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 500mAh Lipo Battery
1 x HD Camera
1 x FPV Monitor
1 x Card Reader
1 x 4GB Card
1 x USB Charger
6 x Propeller
1 x English Manual



Dengan kelengkapan yang diberikan, anda tidak perlu membeli tambahan aksesori lain untuk bisa terbang dengan sempurna. Ditambah drone ini bisa dibilang cukup mudah untuk diterbangkan. Selain karena ukurannya yang masih mini, sehingga anda bisa menerbangkannya di area yang tidak terlalu luas, juga karena WLToys Q282G memiliki cara terbang yang cukup halus, dengan remote tipe stick, sehingga anda bisa menerbangkannya dengan lebih akurat dalam hal akurasi terbang.

Spesifikasi Drone WLToys Q282G - OmahDrones



Untuk sebuah mini Hexa-Copter drone yang super lengkap, tentu dalam urusan harga, anda harus bisa membedakannya antara drone WLToys Q282G dengan drone sekelas namun tidak memiliki beberapa hal yang justru dimiliki oleh WLToys Q282G seperti layar FPV misalnya. Sehingga untuk bisa membeli drone ini, harga yang dipatok dalam US Dollar sebesar harga tersebut apabila dirupiahkan menjadi sekitar Rp. ,- walau terlihat mahal, setidaknya WLToys Q282G juga masih termasuk dalam drone dibawah satu juta. Namun harga sebesar itu sebanding dengan apa yang dimiliki oleh drone ini, sehingga anda tidak akan rugi apabila membelinya kelak.