Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone

Semakin banyaknya pilihan drone kelas professional tentu membuat banyak orang yang juga mulai tertarik memasuki dunia drone. Namun ketika sudah masuk dalam dunia drone, sering kali ada pilot newbie yang masih kesulitan menerbangkan drone professional meskipun sudah banyak fitur serba auto nya. Atau mungkin ada juga yang lebih memilih belajar terbang dulu, menggunakan drone kelas toys, dengan level beginner. Menurut banyak pilot, cara tersebut lebih efektif daripada langsung beli drone professional dengan segudang fitur yang seba otomatis. Untuk latihan, disarankan menggunakan drone yang memang disarankan untuk para pemula, karena untuk pemula hal yang harus dikuasai adalah cara menerbangkan drone yang baik dan benar, serta belajar orientasi drone selama terbang diudara.



Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone - OmahDrones

Sebenarnya juga ada banyak sekali drone yang cocok untuk pemula, umumnya memiliki kelas toys, dan memiliki label beginner. Namun untuk kali ini, kita akan mengulas satu drone yang memiliki bentuk unik dari Eachine, yang diberi nama Eachine E20 Mini Spider Drone. Seperti namanya drone ini memiliki bentuk laba – laba dengan kakinya yang berjumlah 4, ya meskipun laba – laba asli memiliki 8 kaki, namun secara keseluruhan Eachine E20 sudah Nampak benar – benar seperti laba – laba. Dia memiliki 4 buah kaki atau bisa disebut itu juga adalah lengan drone yang masing – masing memegangi sebuah motor untuk bisa memutar propellernya.



Untuk ujung motor Eachine E20 ini menghadap ke bawah, bisa dibilang inverted flight juga, karena biasanya tentu motor dan propeller mengarah keatas. Mungkin bila anda dulu pernah melihat Drone MJX X102. Nah, bentuk atau metode untuk bisa terbangnya sama, menggunakan motor seperti biasa namun dibalik (inverted). Meski inverted, namun Eachine E20 juga terbukti bisa terbang secara stabil, dan bahkan juga bisa gesit. Kaki atau lengan yang membuatnya terlihat seperti laba – laba ini, secara tidak langsung juga sebagai blade protectornya juga sekaligus menjadi landing skid nya juga. Sehingga dalam satu drone kecil ini sudah benar – benar aman dan disarankan untuk pemula.



Dari Eachine, mereka berkata drone ini memiliki fitur seperti dibawah:
Inverted Flight, Rolling 360° , 3D Flip
With dazzling LED light,suitable for night flight.
4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360° 
It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control                         
Lightweight airframe with nice durability
Battery protection  



Meski jelas diatas bertuliskan memiliki fitur 3D flip, atau Rolling 360 derajat, bahkan di manualbooknya juga sudah dijelaskan untuk tombol mengaktifkan fungsi tersebut. Dari beberapa survey dikalangan para pilot yang sudah membeli drone ini, kebanyakan tombol flipnya tidak berfungsi alias tidak bisa digunakan. Ketika terbang dan berharap bisa flipping, namun tidak terjadi apapun dengan unit dronenya. Namun anehnya, justru Eachine E20 ini memiliki fitur “Headless Mode” yang jelas – jelas tidak disebutkan di bagian fitur, atau di promosinya. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersembunyi “Headless Mode” ini anda hanya harus mengarahkan kedua stick ke arah bawah, dan lakukan ini sebelum anda melakukan take off.

Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone - OmahDrones


Eachine E20 memiliki baterai bawaan dengan kapasitas sebesar 400 mAh. dengan baterai yang sekecil ini, setidaknya anda bisa menerbangkan Eachine E20 hingga selama 9 menit. Baterai ini memiliki tegangan kecil, yakni hanya 3.7 Volt. Itu berarti, tentu anda bisa melakukan proses recharge menggunakan USB Charger layaknya charging smartphone, atau anda juga bisa menggunakan port USB pada laptop atau Komputer. Bagusnya lagi, untuk charging Eachine E20 anda tidak perlu kabel khusus bawaan dari eachine, apabila kabel bawaan rusak, anda bisa dengan mudah membelinya di sekitar anda karena Eachine E20 ini untuk proses rechargingnya dia menggunakan micro USB di bagian belakang badannya.

Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone - OmahDrones


Remotenya, sekilas memang mirip desain remote hubsan, dan ini bisa dibilang cukup mirip, hanya saja dia tidak memiliki lcd monochrome dibagian atas. Semua tombol sudah ada dalam satu remote ini sehingga anda bisa latihan menerbangkan drone dengan mudah. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan drone Eachine E20 setidaknya hingga radius 60 meter, tentu beda lokasi juga beda jangkauan maksimumnya, karena tetap saja jarak transmisi bisa terganggu dengan banyaknya intervensi sinyal.



Untuk spesifikasi lebih detailnya, anda bisa melihat dibawah ini:
Brand: Eachine
Item name: E20 3D Mini Spider RC Quadcopter
Frequency: 2.4G   
Gyro: 6 axis
Material: AB plastic, electronic components, metal, 820 motor
Product battery: 3.7V 400mAh Lipo battery (Included)
Remote battery: 4 x AAA dry battery (Not included)
Charging time: 45mins
Flying time: 9mins
Remote distance: about 60m                    
Color: Black, Gray

Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone - OmahDrones


Apabila anda bertanya, apakah drone Eachine E20 ini sudah memiliki kamera, maka jawabannya belum. Itulah mengapa dia bisa terbang lebih lama dari drone sekelasnya. Dan lagipula dia juga memang difokuskan untuk para pilot yang sedang belajar menerbangkan drone. Apabila anda hendak membeli drone ini, umumnya setiap pembelian anda akan mendapatkan item:
1 x E20 3D Mini Spider RC Quadcopter
1 x 3.7V 400mAh battery
1 x Transmitter
4 x Spare propellers
1 x USB cable
1 x Manual

Spesifikasi Eachine E20 Mini Spider Drone - OmahDrones


Tambah satu lagi nih drone yang recommended untuk para pemula. Selain anda bisa mendapatkan drone untuk latihan, anda juga mendapatkan drone dengan desain yang unik nan keren, layaknya laba – laba namun dia bisa terbang. Anda bisa menerbangkan Eachine E20 kapanpun karena dia mudah dibawa dengan ukurannya yang kecil, juga bisa diterbangkan dimanapun, dan oleh siapapun bahkan untuk anda yang masih pemula.




Untuk drone kelas toys level beginner, tentu Eachine E20 masih masuk kedalam drone dibawah satu juta. Untuk bisa membawa sebuah Eachine E20, anda hanya perlu membelinya dengan harga $23 atau setara dengan Rp.300.000 an . latihan dengan drone manual, untuk bisa memahami karakteristik drone juga perlu untuk kedepannya terlebih anda memang ingin focus menggeluti di dunia drone.