Spesifikasi Drone XK X100 - Inverted Flight Ready

Mungkin anda belum mengetahui bahwa XK adalah salah satu produsen drone yang sebenarnya memiliki banyak varian drone yang RTF (Ready to Fly) yang bisa anda beli juga. Memang yang terkenal dari XK Adalah XK Detect yang memiliki spesifikasi cukup bagus dan terbukti juga dengan banyaknya pilot yang berkata bahwa XK Detect adalah salah satu drone yang memuaskan bagi mereka. Namun untuk penjualan drone kelas toys, XK memang tidak terlalu laku, itulah mengapa anda mungkin jarang melihat drone kelas toys yang bermerk XK. Dan untuk mematahkan anggapan bahwa XK tidak mengeluarkan drone kelas toys, maka kali ini admin akan coba bahas satu drone buatan XK, yang termasuk kedalam drone kelas toys, dan juga mini drone.


Spesifikasi Drone XK X100 - OmahDrones


Kali ini kita bahas satu drone yang diberinama XK X100. Drone ini memang memiliki ukuran yang mini, besarnya hanya 10 x 10 cm saja, dan apabila anda melihatnya secara jeli, mini drone XK X100 tidak dilapisi body full. Body pada XK X100 ini hanya terletak dibagian atas saja dan itupun juga mudah dilepas pasang, fungsinya selain untuk menambah keren dari drone ini juga untuk menutupi bagian baterai, walau sebenarnya baterainya sudah memiliki wadah tersendiri dibalik body tersebut. Lalu dia juga dilengkapi dengan propeller protector, yang sudah terpasang dan terkunci dengan bagian frame drone dimana itu juga adalah papan PCB Drone.



Untuk fiturnya, anda bisa melihat dibawah ini
·         Inverted Flight, Rolling 180°, 3D Flip.
·         3D and 6G mode one remote controller can be switched freely.
·         With hign-efficiency motors, provides strong power to the quadcopter.
·         With simple structure, suitable for beginners.
·         It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
·         4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.
·         With highlight LED lights, make it more dazzle beautiful and colorful night light.
·         Compatible FUTABA S-FHSS communication protocol.
·         Battery protection.



Karena drone ini tidak memiliki body, juga terlebih frame drone ini menggunakan pcb dronenya, yang tentunya apabila anda masih belum bisa menerbangkan drone dengan halus, maka lebih baik jangan memilik XK X100 untuk anda beli, karena seperti yang sudah kita ketahui, drone model seperti ini sebenarnya sangatlah rapuh, tidak ada pelindung frame, sehingga apabila drone berbenturan cukup keras, maka tentu frame drone ini akan patah, dan anda tidak bisa menerbangkan drone XK X100 lagi, kecuali anda bisa memodifikasi seperti menyatukan lagi pcb nya lalu memberi kabel jumper pada jalur pcb yang terputus.

Spesifikasi Drone XK X100 - OmahDrones


XK X100 dibekali dengan baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 250 mAh. baterai ini sudah cukup untuk menerbangkan XK X100 selama kira – kira 5 menit. Baterai ini pun bisa dilepas pasang dengan mudah, sehingga apabila anda ingin mengganti baterainya dengan baterai baru anda tinggal mencabutnya lalu ganti yang baru. Untuk pengisian ulangnya, karena baterai ini memiliki tegangan sebesar 3.7 Volt, maka anda bisa mengisi ulang baterai dengan menggunakan Charger USB, atau selain itu, anda juga bisa memanfaatkan USB Port pada Laptop ataupun computer. Untuk waktu pengisian ulangnya juga sama seperti drone dengan baterai sebesar itu kira – kira selama 45 menit pun sudah full.

Spesifikasi Drone XK X100 - OmahDrones


Ketika pembelian sebenarnya anda akan mendapatkan dua pilihan, yakni yang RTF dan juga BNF. Seperti yang kita tau RTF adalah Ready To Fly, sehingga anda akan mendapatkan transmitter juga dalam paket, dan untuk seri BNF anda tidak akan mendapatkan transmitter sehingga anda bisa menghubungkan XK X100 dengan transmitter favorit anda selama anda sudah set supaya bisa pair. Apabila anda memilih paket RTF anda akan mendapatkan transmitter bawaan yang apabila anda gunakan anda bisa mengendalikan XK X100 hingga jarak sejauh 100 meter. Desain transmitternya juga sudah cukup bagus, simple dan tidak banyak tombol sehingga tidak membingungkan. Ditambah pula di remote juga terdapat LCD Monochrome yang akan menampilkan informasi seperti trim, sinyal, battery sehingga anda bisa mengetahui kondisi drone serta remotenya.



Untuk spesifikasi singkatnya, bisa anda lihat dibawah ini:
Brand name: XK
Item name: DEXTERITY X100 RC Quadcopter
Material: Composite materials engineering
Frequence: 2.4G
Gyro: 6 axis
Battery: 3.7V 250mAh lipo battery
Flight time: about 4-5 mins                       
Charging time: about 45 mins        
Control distance: 100m
Flight weight: 37g
Quadcopter size: 140 * 140 * 40 mm

Spesifikasi Drone XK X100 - OmahDrones


Yang menarik juga dari XK X100 adalah fitur inverted flight. Dimana anda bisa mengubah mode terbangnya jadi terbalik, sehingga propeller akan menghadap kebawah, jadi seperti drone MJX X102 . semua itu bisa anda lakukan ketika anda sedang terbang lalu menekan tombol untuk fungsi inverted flight, lalu drone akan terbalng layaknya flipping namun dia akan terbang lagi dengan propeller yang menghadap kebawah. Sehingga ini juga bisa dibilang, drone XK X100 adalah drone akrobatik, bukan hanya karena XK X100 bisa inverted flight, namun juga karena XK X100 bisa berubah mode nya dari mode 3D ke 6G. untuk mengubah modenya juga tentu bisa dilakukan dari remote langsung.

Spesifikasi Drone XK X100 - OmahDrones


ketika anda membeli drone ini, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x X100 RC Quadcopter
1 x Transmitter (X100 BNF tidak dapat transmitter)
1 x 3.7V 250mAh Battery
4 x Propeller
1 x Charger
1 x User Manual




Untuk sebuah mini drone yang sudah bisa akrobatik, pasti ada harga yang berbeda dari drone sejenis dengan kemampuan yang biasa. Oleh sebab itu, anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk bisa mendapatkannya. Untuk harganya, mini drone XK X100 ini memiliki harga pasaran sebesar $45 USD atau setara dengan Rp 600.000,- . itu untuk XK X100 RTF ya, sehingga untuk XK X100 BNF harganya mungkin lebih murah karena tidak disertakan transmitter ketika pembeliannya. Jadi apakah anda berminat untuk membeli drone XK X100 si mini drone yang sudah bisa akrobatik plus inverted flight ini?