Spesifikasi Helicute X-Drone Scout - Drone dengan Video Streaming Lewat Smartphone


Helicute X-Drone Scout  - SpekDrone

          Sebuah drone adalah pesawat tanpa awak yang sanggup terbang dengan pilot yang berada di tempat lain, sehingga kita butuh koneksi gelombang radio untuk dapat mengendalikannya. Sebuah drone bisa berfungsi sangat banyak. Selain untuk atraksi, drone juga dikembangkan dengan menambahkan aksesoris supaya memiliki fungsi lebih, salah satunya kamera. Kebanyakan drone saat ini sudah dilengkapi kamera built-in dari pabrik yang bisa anda gunakan untuk mengambil gambar maupun video dari atas udara. Nah, fitur kamera inilah yang sewaktu postingan ini dibuat, adalah fitur drone yang paling laris, sehingga banyak orang yang membeli drone berkamera.




       Helicute tidak mau kalah, kali ini Helicute mengeluarkan Drone dengan tipe Quad-Copter yang dilengkapi dengan sensor penstabil ketika terbang, dan juga yang tidak boleh terlewatkan adalah kamera bawaan yang memiliki resolusi besar yakni 5MP. Tak hanya itu, Helicute X-Drone Scout juga sudah dibekali fitur yang memudahkan pilot saat terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga kecelakaan sewaktu terbang bisa diminimalisir dengan adanya fungsi ini.

Helicute X-Drone Scout  - SpekDrone



       Dilihat dari bentuk fisik drone nya, Helicute X-Drone Scout ini berbentuk seperti huruf X yang sebenarnya sudah umum digunakan sebagai frame untuk drone bertipe Quad-Copter. Nah ditengahnya tempat dimana semua papan sirkuit dan juga baterai terpasang dibungkus rapi nan elegan dengan sebuah case yang bentuknya kotak dengan curve yang keren. Untuk bagian remotenya sendiri dilihat dari fisiknya cukup simpel, namun dibagian remote ada smartphone holdernya yang nanti bisa untuk meletakkan smartphone anda.


Helicute X-Drone Scout  - SpekDrone


       Untuk warnanya sendiri anda bisa memilih beberapa warna yang tersedia, kalau dari pabriknya sih Helicute X-Drone Scout tersedia dalam warna putih, hitam dan orange. Jika ingin memilih warna apa yang paling bagus, itu terserah anda atau lebih tepatnya sesuai selera masing – masing. Juga yang perlu di ingat di toko penjual, tidak pasti ada ketiga warna itu, jadi tergantung penjual nya stok warnanya ada apa saja. Namun sebenarnya warna tidaklah penting, yang penting itu adalah Helicute X-Drone Scout bisa berfungsi dengan baik dan bisa membuat hati anda menjadi senang. Dengan begitu, anda tidak akan rugi membeli sebuah Helicute X-Drone Scout.



        Drone ini terbuat dari plastic PP6 yang memiliki karakter ringan, namun fleksibel serta kuat. Sehingga cukup tahan dengan benturan. Sehingga kalau jatuhpun asal bagian propellernya tidak terkena damage, Helicute X-Drone Scout masih tetap bisa terbang dengan normal. Maka dari itu, untuk melindungi propeller drone ini juga dilengkapi dengan pelindung propeller di setiap bagian baling – balingnya. Sehingga seumpama drone menabrak tembok, propeller tidak akan mengenai tembok yang kalau sampai itu terjadi akibatnya bisa sampai merusak bagian motornya juga.


Helicute X-Drone Scout  - SpekDrone

       Helicute X-Drone Scout menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Drone ini menggunakan baterai tipe Li-Po atau Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 850mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Helicute X-Drone Scout bisa terbang selama kira – kira 10 sampai 12 menit diudara. Bagaimana jika sewaktu terbang kita lupa waktu dan drone akan kehabisan tenaga ketika diudara? Tenang, Helicute X-Drone Scout sudah memiliki fitur RTH atau Return to Home, jadi jangan khawatir akan kehilangan drone atau drone akan jatuh ketika kehabisan tenaga.




       Ngomongin soal fitur RTH tadi, untuk jelasnya ini adalah fitur tambahan yang fungsinya bisa menguntungkan bagi pilot:
Ø  RTH (Return to Home): drone akan otomatis kembali ke posisi awal ketika dia kehilangan koneksi dengan remote, atau ketika baterai akan habis, maka drone akan otomatis kembali ke posisi awal ketika take-off.
Ø  IOC(Handless fly): ketika tidak anda control kemanapun, drone akan tetap terbang diudara seperti fitur idle.

       Nah, dengan kedua fitur diatas tentunya akan menambah fungsi pada remote control yang tentunya bisa anda aplikasikan sesuai keadaan ketika anda menerbangkan Helicute X-Drone Scout diudara.



       Lalu ada satu fitur yang sangat menguntungkan adalah anda bisa menghubungkan drone ke smartphone android atau IOS anda sehingga anda bisa melakukan Live Streaming langsung dari drone ke perangkat anda. Selain itu anda juga bisa mulai mengambil gambar atau video dari smartphone. Koneksinya melalui WiFi, sehingga sebelum bisa live streaming, anda harus melakukan setting di aplikasi smartphone anda. Jika sudah tersetting dengan benar, maka anda siap terbang dengan streamingan gambar yang bisa anda lihat dibagian layar smartphone. Kamera yang terpasang di Helicute X-Drone Scout juga sudah ber resolusi 5MP, jadi kualitasnya sudah bagus.

Helicute X-Drone Scout  - SpekDrone


        Helicute X-Drone Scout bisa terbang dengan radius 100 meter, bagitupula dengan ketinggian maksimal nya yang juga setinggi kira – kira 100 meter. Nah dibagian ini yang perlu di ingat adalah factor penghalang koneksi seperti pepohonan, tembok, dan bahkan alat – alat seperti parabola yang bisa memantulkan frekuensi juga bisa mengganggu transmisi data antara remote control ke drone. Jadi pilih tempat sebaik mungkin untuk menerbangkan Helicute X-Drone Scout kalau ingin mengetahui jarak jangkauan maksimalnya.



       Nah, begitulah kurang lebih ulasan mengenai Helicute X-Drone Scout yang sudah dilengkapi dengan kamera dengan resolusi sebesar 5MP yang bisa dihubungkan ke perangkat smartphone. Untuk penutupnya tak lengkap bila saya tidak menyertakan harga kisarannya, siapa tau ada yang ingin tau harga kisarannya karena mau membeli. Ya semoga artikel kali ini bisa membantu untuk kita semua entah sebagai refrensi atau sebagai perbandingan antara drone lainnya. Terimakasih Kunjungannya, hehehe


Harga,
Update April 2016
Rp. 1.299.000,-