Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery

 Daya tarik drone yang bisa dilipat, atau sering juga disebut “Foldable Drone” kadang bisa menjadi sebuah pengikat untuk calon pembeli. Dengan anggapan seperti “drone bisa dilipat itu bisa lebih mudah dibawa kemana- mana” dan beberapa kelebihan drone lipat lainnya memang menjadi salah satu faktor bagaimana drone ini bisa terus dicari oleh pembeli. Dari sekian banyaknya pilihan drone foldable, tentu ada beberapa drone yang terlihat bagus namun kenyataan nya ada beberapa hal yang mengecewakan, seperti misal daya tahan baterai, peforma terbang, hingga masalah di aksesori seperti kamera bawaan. Itulah mengapa ada baiknya sebelum membeli, kita terlebih dahulu cari – cari informasi mengenai drone tersebut untuk berjaga – jaga dan setidaknya tau lebih banyak tentang drone yang sudah kita incar.


Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones


Nah, untuk kesempatan kali ini, admin akan membahas sebuah drone buatan Zheng Fei. Drone ini terkenal dengan nama serinya aja sih kalau menurut admin. Karena banyak yang menulis di iklannya drone ini dengan nama “Drone F69 Discovery”. Drone ini memiliki bentuk dengan desain foldable arm, disini dia tidak meniru bentuk dari DJI Mavic series seperti kebanyakan drone foldable lainnya. Drone ini masih berupa drone mainan. Tidak ada sistem navigasi disini, jadi kalau anda menerbangkan drone ini di cuaca yang berangin, drone ini akan tidak stabil ketika terbang, dan akan mudah terbawa angin.



Bukan cuma karena tidak punya sistem navigasi, juga karena drone ini masih menggunakan motor brushed. Motor ini memang tidak didesain untuk keperluan professional. Motor brushed juga lebih mudah rusak apalagi kalau sudah terkena overheat, yang biasanya disebabkan karena digunakan terus menerus dalam satu waktu. Untuk fitur bawaannya, drone ini merupakan drone altitude hold, dengan fitur bawaan lainnya seperti one key take-off/landing, one key return dan headless mode. One key return itu bukan return to home, jadi one key return hanyalah fungsi ketika diaktifkan, drone akan terbang ke arah yang berlawanan, misal dari maju ke mundur, kiri ke kanan, seperti itu. Untuk fitur lebih lengkap seperti yang tercantum pada iklannya bisa anda simak dibawah:


1. Functions: ascend / descend / forward / backward / left side flight / right side flight / left/right turn/ Altitude hold/ 360 degree rolling/headless mode/ light control/ wifi.

2. The Wi-Fi real-time transmission can connect to APP device or APK system with the drone and the view will be shown directly on your phone.

3. Headless mode free your trouble to worry about the orientation of the quadcopter.

4. Altitude hold function allows the drone to keep hovering at the current height.

5. One-button return/take off/landing functions, convenient for operation, suitable for beginners.

6. LED light makes it super cool when flying, especial in the dark.


Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones



Spesifikasi Drone F69 Discovery


Condition: 100% Brand New

Model: F69

Color: Black

Optional Type: Without Camera, 30W Camera, 500W Camera

Size: Approx. 3 * 33 * 12cm / 1.2 * 13 * 4.7inch

Frequency: 2.4 G

Drone Battery: 3.7v 1800mah lithium battery (Included)

Battery of remote control: 3 * AA (not included)

Charging voltage: 3.7v

Battery charge time: 180 minutes

Charging mode: USB cable charging

Remote control mode: left hand throttle

Remote control distance: 80-100m

Endurance: long endurance -18 minutes

Motor: 720

Number of channels: 4 channels

Appearance style: folding aircraft

Applicable age: 14+

Wifi distance: about 30m




baterai drone ini masih 1S, tipe normal bertegangan 3.7Volt dan memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 1800 mAh. Kalau di tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan drone ini hingga 18 menit, namun pada aslinya, tergantung juga dengan bagaimana cara terbang anda, ya rata – rata bisa terbang hingga 10 menit untuk satu baterai. Untuk bentuk baterainya sih untungnya masih menggunakan tipe baterai universal, jadi ketika mau beli baterai cadangan masih bisa nyari agak mudah, dan anda juga bisa menggunakan baterai minimal berkapasitas 800mAh sebenarnya, cuma nanti efeknya ya lama terbangnya akan jauh lebih singkat. Untuk charger bawaannya, seperti biasa anda mendapatkan Charger 1S dengan sumber tenaga dari USB. Ya kalau untuk kapasitas 1800mAh, setidaknya gunakan kepala charger dengan arus 1 Ampere.



Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones

Untuk bagian remote controlnya. Seperti biasa masih menggunakan mavic controller style. Dengan phone holder dibagian bawahnya. Remote ini memiliki tombol fungsi di bagian atas dan depan. Yang disayangkan sih icon di tiap tombolnya kurang jelas, jadi mungkin anda akan kesusahan untuk menghafal fungsi dari tiap tombol yang ada di remote ini. Antenna pada remote ini juga cuma aksesori saja, jadi antena ini palsu, jarak jangkauan drone ini bisa sampai 100 meteran, namun tetap jarak terbang itu dipengaruhi oleh kawasan atau tempat dimana anda menerbangkan drone ini. Apa disitu banyak interferensi sinyal atau tidak. Tapi mengingat ini drone tidak punya sistem navigasi, mending terbang di jarak yang tidak terlalu jauh untuk antisipasi supaya tidak fly-away.




Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones


Kamera dari drone ini ada beberapa pilihan, bahkan versi basic dari drone ini ada yaitu tanpa kamera. Dan meski anda beli Drone F69 Discovery dengan opsi kamera terbesar “MP” nya. Tidak menjamin bakal mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus daripada kamera dibawahnya. Karena namanya juga masih kelas mainan. Kameranya pun tidak memiliki slot MicroSD jadi semua foto dan video yang anda ambil nanti akan langsung ditransfer ke smartphone anda melalui koneksi Wifi sekaligus Wifi-FPV.



Jadi bukan hanya kualitas gambarnya saja yang seadanya, tapi anda juga akan terkena resiko videonya kena frame dropping atau frame freezing akibat koneksi Wifi-FPV yang tidak bagus. Ditambah kamrea ini tidak memiliki stabilizer jadi kalau anda terbangnya tidak halus ya hasil videonya bakal goyang terus.


Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones


Tiap pembelian Drone F69 Discovery umumnya anda akan mendapatkan item berupa:


1 * RC Drone

1 * Remote Control

1 * Battery

2 * Undercarriage

4 * Protective Rack

2 * Blade

1 * Charger

1 * Screw Driver

1 * Manual

1 * Wifi Camera (Except Standard version)





kalau untuk sekedar coba – coba, mungkin Drone F69 Discovery bisa jadi pilihan kalau di tempat anda tidak ada banyak pilihan. Ya setidaknya punya mainan terbang yang lengannya bisa dilipat jadi lebih mudah untuk dibawa kemana – mana.


Spesifikasi Drone Zheng Fei F69 Discovery - OmahDrones



Untuk harga kisarannya, drone ini tidak hanya laku di indonesia saja ternyata. Di beberapa negara lain pun ada yang mau beli drone ini. Bisa dilihat karena drone ini muncul di beberapa marketplace online kelas internasional, dan disitu sudah banyak item terjual. Untuk kisaran harganya sih sebesar 59USD atau sekitar 800 Ribuan. Nah kalau memang tidak ada alternatif lain, mungkin drone ini bisa anda beli untuk mainan terbang berkamera.