Spesifikasi Drone JD-20 - Low Budged Spark

Disaat ada sebuah produk yang memiliki popularitas sangat tinggi, elegan serta menjadi idaman oleh banyak orang, pasti ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sama lantas membuat kesempatan itu menjadi peluang untuk mereka dengan mengeluarkan produk yang sekilas sama namun pada dasarnya memiliki banyak perbedaan. Persamaannya hanya di beberapa sisi saja, seperti hanya sekilas pada tampilannya saja, sehingga orang yang belum begitu paham dan tidak begitu teliti akan menganggap bahwa seseorang itu memiliki barang yang di idamkan oleh banyak orang, istilah barang seperti itu biasa kita sebut dengan replika, clone (walau tidak tepat), hingga KW. Di dunia drone, kita tentu sudah sering melihat kejadian seperti ini bukan.


Spesifikasi Drone JD-20 - OmahDrones


Kalau sudah bisa menebak, memang kita pada kesempatan kali ini akan membahas sebuah drone yang sekilas memang mirip dengan drone yang terkenal dengan ukuran kecil serta bisa dikendalikan dengan gesture tangan kita, masih belum paham? Coba lihat foto diatas, pasti anda langsung tau kan drone apa yang dimaksud? Yap benar, DJI Spark. Tetapi pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas DJI Spark karena admin sudah membahasnya dulu. Sekarang karena ada satu drone yang bentuknya mirip seperti DJI Spark tersebut, maka kali ini kita akan coba ulas drone tersebut bagaimana kemampuannya kalau kita lihat dari spesifikasinya.



Pertama kali, kita kenalan dulu dengan drone ini. drone ini adalah JD-20. Namanya memang singkat, drone ini di produksi oleh JD atau JingDa Toys, produsen ini sebenarnya juga sudah mengeluarkan beberapa model drone yang juga mereplika drone lain. JD-20 memiliki bentuk yang menyerupai DJI Spark dari segala sisi apabila dilihat sekilas, namun sebenarnya ada satu perbedaan mencolok di bagian lengannya, kalau DJI Spark tidak bisa dilipat, maka JD-20 ini memiliki lengan yang dapat dilipat sehingga ketika dibawa – bawa akan lebih mudah membawanya. JD-20 ini juga menawarkan banyak fitur seperti yang tercantum dibawah ini:

- With foldable arms, small size, easy to carry.
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- There have 3 cameras can be choose. With 2.0MP 720P wide angle camera  give wide range high denfinition pictures and video.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Drone JD-20 - OmahDrones

Sedangkan spesifikasi singkat dari JD-20 bisa anda lihat dibawah ini:
Brand Name: JDRC
Item NO.: JD-20
Frequency: 2.4G   
Channel: 4ch
Gyro: 6 axis
Motor: 8620 Motor
Quadcopter Battery: 3.7V 800mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery:3 x 1.5 AA battery (NOT Included)
Charging time: about 90mins
Flying time: 8-10mins
R/C distance: 80-100m
FPV Range: about 60m        
Color: White
Camera: 2MP 720P wide angle, 2MP,0.3MP (Optional)
Quad's Size: 15.5x11x6cm (the arms not folded)
                        28x26x6cm (the arms folded)
Quad's Weight: 160g
Package Size: 21x17.5x8.5cm



Sebagai drone yang di desain mirip DJI Spark, JD-20 pun juga memiliki desain baterai khusus, sehingga untuk bisa memiliki baterai cadangan, anda harus order dari JDToys langsung atau cari di onlineshop internasional yang menyediakannya. Baterai ini memiliki kapasitas sebesar 800 mAh dengan tegangan 3.7 Volt. Dengan baterai ini setidaknya anda bisa terbang selama 8 – 10 menit. Ketika sesudah terbang, akan lebih baik bila anda diamkan baterainya dulu hingga suhunya normal, dan untuk chargingnya disini anda bisa langsung charge menggunakan charger smartphone dengan micro USB. Yap, karena di badan baterai sudah ada port untuk micro USB sehingga anda tidak perlu ganti kabel charger dari kepala charger smartphone anda. Yang perlu diperhatikan hanyalah arus dari USB Adaptornya, sebisa mungkin jangan melebihi 1ampere untuk menjaga baterai tetap awet.


Spesifikasi Drone JD-20 - OmahDrones

Lalu di bagian transmitternya, JD-20 memiliki transmitter yang juga mirip dengan transmitter DJI Spark dan Mavic, desainnya sekilas memang sama persis, namun yang pelru diketahui mungkin adalah di bagian antenanya, sama seperti pada Eachine E58, antenna pada transmitter ini hanya untuk hiasan saja. Remote ini menggunakan antenna standar yang berada di dalam casing transmitter. maka dari itu jarak jangkauannya juga sama seperti drone kelas toys lainnya yakni antara 80 – 100 meter saja. Desain interface tombol di remote ini sudah tertata rapi dengan label yang memudahkan pengguna untuk mengetahui apa fungsi tombol tersebut. Dan di bagian bawah remote juga bisa anda tarik ke bawah untuk menaruh smartphone anda.



Yap, adanya wadah smartphone berarti JD-20 sudah bisa melakukan fungsi FPV. Drone ini memang bisa melakukan FPV namun lebih tepatnya Wifi-FPV karena menggunakan koneksi Wifi sebagai jalur pengiriman datanya. Anda bisa memilih mau Camera mode atau FPV mode, kalau Camera mode nanti anda harus memasukkan MicroSD di bagian bawah drone untuk menyimpan video dan foto. Kalau anda memilih FPV mode, video yang tertangkap akan langsung terrekam ke smartphone anda ketika anda menekan tombol record. Sehingga hasil videonya akan bagus yang camera mode, kenapa? Karena tidak ada video patah – patah seperti ketika terbang Wifi-FPV dan mengalami gangguan Wifi, karena video akan langsung tersimpan di micro SD.



Untuk kameranya sendiri ada dua macam, yakni 0,3 MP dan 2MP, jadi ketika hendak membeli drone ini, lihat dulu spesifikasi kameranya supaya tidak salah beli.

Spesifikasi Drone JD-20 - OmahDrones

Berikut adalah item yang akan anda dapat apabila anda membeli drone JD-20:
1 x JD-20 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 800mAh Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Protection Cover
4 x Spare Blades
1 x screwdriver
1 x User Manual



Kesimpulan admin mengenai drone ini, mungkin justru drone ini tidak cocok untuk orang yang sedang belajar terbang, sebab pertama drone ini memiliki banyak sekali LED yang bukannya memudahkan orientasi nanti malah membingungkan orientasi sang pilot. Kedua, drone ini sedikit liar dan agresif, cara terbangnya tidak halus, berbanding terbalik dengan DJI Spark yang didesain untuk Selfie Drone yang sangat halus ketika terbang. Meski drone ini sudah memiliki banyak fitur seperti altitude hold, headless mode, dan one key return, admin rasa cara terbang drone ini masih terlalu liar bagi orang yang sedang belajar terbang.

Spesifikasi Drone JD-20 - OmahDrones



Dan kalau anda penasaran dengan harganya, JD-20 rata – rata dijual dengan harga sebesar 40 USD, atau setara dengan Rp 570 ribu ,- otomatis dia juga masih termasuk drone dibawah satu juta . kalaupun drone ini akan popular juga dengan memanfaatkan kepopuleran DJI Spark, harusnya juga dari JD Toys mengeluarkan sparepartnya seperti baterainya yang sudah di desain khusus untuk JD-20, meski di beberapa onlineshop internasional anda bisa membeli baterai cadangannya sekalian ketika membeli drone ini.