Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas

Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas - OmahDrones

Bisa dibilang barang bekas pakai masih banyak diminati di indonesia, mulai dari smartphone bekas, elektronik bekas seperti TV dan Kulkas, hingga keperluan hobby seperti sepeda, alat fitness dan sejenisnya, tidak terkecuali hobby mainan dan salah satunya adalah Drone ini. Nah pada kesempatan kali ini admin omahdrones mau memberi tau sebuah tips, khususnya untuk anda yang ingin membeli drone DJI Spark. Mengapa DJI Spark? Mungkin ada beberapa alasan yang bisa admin omahdrones tambahkan.


DJI Spark memiliki kemampuan yang sudah cukup bagus untuk sebuah drone berukuran kecil. Dia sudah dilengkapi dengan GPS dan kamera yang tidak kaleng – kaleng. Meski kemampuan mengambil videonya masih sebatas Full HD 1080p 30fps. Tapi kualitas gambar yang dihasilkan sudah sepadan dan bahkan bisa dibilang sudah professional. Bukan cuma sekedar mengambil gambar dan video, tapi kita juga bisa mengatur parameter kamera, seperti ISO, Exposure dan ShutterSpeed. 


Harga yang ditawarkan para penjual juga bisa dibilang cukup stabil. Nah tapi sebagai calon peminang DJI Spark seken, kita juga perlu mengetahui hal – hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli DJI Spark Seken, pada dasarnya tips ini sudah admin omahdrones jelaskan di kesempatan sebelumnya, pada postingan Tips Sebelum Membeli Drone Second. Namun karena DJI Spark itu lebih spesifik maka dari itu admin omahdrones akan coba menjelaskan lebih lanjut di postingan kali ini.


Nah apa saja yang perlu diperhatikan? Pertama yaitu dari segi fisiknya. Dari segi fisik kita bisa lihat pada unit Drone nya dulu. Seperti


Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas - OmahDrones


Body

body yang masih mulus, atau sudah lecet pemakaian, terutama di bagian frame dan bagian lampu di tiap ujung lengan nya. Apakah masih mulus, ada retak rambut dan ke minusan lainnya. Karena di DJI Spark, sering sekali mengalami kehilangan bagian penutup lampu dan ring holder nya. Entah jatuh dimana, itu bisa jadi karena pemilik tidak terlalu memperhatikan kondisi DJI Spark miliknya terutama dibagian penutup lampu ini.


Lalu bagian frame, tak jarang Drone DJI Spark yang dijual second mengalami minus pada bagian frame, seringnya sih frame lengan bagian belakang. Bisa dilihat dulu nanti ketika mau beli, atau kalau online nya bisa minta foto dan jelaskan segala keminusannya.


Tak lupa juga bagian belakang, ada karet penutup lubang interface DJI Spark, yakni slot MicroSD dan juga Port MicroUSB. Kalau masih dalam keadaan baik dia masih bisa di lepas dan nggantung, karena ada pengaitnya jadi meski dibuka dia tidak akan langsung terlepas.

Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas - OmahDrones


Segel

Setelah body sudah di cek dan anda tau segala minusnya, sekarang coba lihat apakah drone ini masih segel, dalam artian belum pernah di bongkar atau di service bagian dalamnya. Cara mengetahui Segel pabrik adalah terdapat semacam gel segel yang keras pada baut di samping body seperti gambar dibawah ini.


Kadang ada juga yang sudah tidak segel pabrik, lalu di tutupi segel kertas biasa bertuliskan DJI. Admin omahdrones pun kadang ragu ini segel asli atau bukan, jadi aman nya sih, kalau masih terlihat ada gel seperti gambar diatas, berarti masih segel ori.


Baterai

Baterai DJI Spark merupakan Intelligent flight Battery. Singkatnya ini baterai yang “pintar”. Dalam sebuah baterai, tidak serta merta isinya cuma baterai yang di rangkai pararel tapi disini juga ada BMS kelas tinggi, tidak cuma menyeimbangkan tiap cell tapi juga menyimpan data – data seperti kondisi tiap cell, jumlah charging atau Battery Cycle Count, dan berbagai protektor lainnya yang berfungsi supaya baterai ini benar – benar aman. Jadi apabila ada error kecil pun, kalau berpotensi merusak baterai, maka baterai ini tidak bisa digunakan sama sekali. Atau ketika cell baterai sudah benar – benar kosong sehingga membuat BMS menjadi terkunci, sehingga baterai tidak bisa di charge lagi, dan kita harus unlock dengan metode dan alat yang mahal.


Cara unlock juga tidak mudah, maka dari itu sampai ada jasa unlock baterai DJI karena memang tidak bisa semua orang bisa, dan harga alatnya juga mahal.


Baterai yang tidak kembung, dan Cycle Count nya masih kecil, dibawah 30 misalnya, dan cell masih seimbang, tidak kembung, bisa terbang 12 menit itu masih normal.


Kalau mendapati baterai dengan CC sudah lebih dari 60 dan mulai kelihatan kembung tipis, apalagi cell tidak seimbang, tidak disarankan untuk terbang jauh – jauh.



Gimbal dan Kamera

Sesuai fungsinya 2 axis Gimbal pada DJI Spark sudah cukup mumpuni ketika mengambil video. Hasil video yang mulus, tiada getar dan halus pergerakan tilt up dan tilt down nya.


Gimbal tidak normal ada beberapa kemungkinan, bisa gimbal tidak lurus, sehingga gambar di layar jadi miring. Lalu bisa juga kena masalah gimbar overloaded, bisa juga gimbalnya tidak bisa anteng. Dan beberapa error seputar gimbal lainnya. Makanya pastikan gimbalnya dalam keadaan normal.


Tak kalah di bagian kameranya, karena kamera juga nempel di Gimbal, kita harus lihat hasil kamera, permasalahan kamera antara lain gambar yang di hasilkan buram, bisa karena lensanya kotor, atau malah terjadi kerusakan di encoder yang menyebabkan gambar yang dihasilkan tidak normal, hingga yang terparah adalah kameranya mati total. Walau ada kejadian juga gambar tidak bisa muncul ke smartphone namun tatap terrekam dan tersimpan di microSD. Jadi pastikan kameranya normal juga.


Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas - OmahDrones

Propeller

Banyak sekali DJI Spark Second yang kondisi Propeller nya masih ori, artinya disini sama sekali belum pernah diganti. Baret – baret sampai sobek tapi drone masih bisa terbang dengan normal. Ya banyak yang seperti itu, tapi kalau bisa ya cari yang mulus atau kalau tidak anda bisa beli propeller ori yang baru. Ada banyak sekali propeller KW yang dijual terutama di toko online. Propeller yang ori, dia buatan DJI yang tidak sembarangan membuat propeller, mereka pastikan keseimbangan dan berat propeller sesuai dengan spesifikasinya.

Berbeda ketika anda beli propeller yang KW, memang sekilas sama, namun ketika dilihat atau di test keseimbangannya, pasti tidak seimbang, serta beratnya pun berbeda – beda walau kita membeli 1 set. Jadi pasti ada selisih beratya juga, kalau kita bisa balancing propeller, mungkin bisa diatasi nih masalah ini, tapi sebagai end user yang inginnya tinggal pakai ya mending beli yang ori sekalian kan.


Tips Membeli Drone DJI Spark Bekas - OmahDrones

Remote

Dulu memang waktu peluncuran pertamanya, DJI Spark di gadang menjadi drone tersimple milik DJI, diterbangkan hanya dengan koneksi smartphone, dengan hand gesture, dan lain – lain. Namun setidaknya hingga admin omahdrones menulis artikel ini, DJI Spark second yang dijual pasti sudah termasuk dengan remote controller juga. Dengan adanya remote controller ini, tentu akan menambah benefit untuk kita, seperti kontrol drone yang lebih presisi, serta jarak terbang yang lebih jauh.


Untuk mengecek apakah controller masih bagus, bisa dilihat dulu dari fisiknya, seperti tombol – tombol yang masih enak ditekan, serta gimbal tilting yang masih halus. Kalau untuk cek fungsinya, bisa langsung sekalian test flight.


Controller ini juga memiliki baterai internal, umumnya sih baterai internal untuk remote ini sangat awet, sekali charge bisa untuk terbang selama berjam – jam kalau anda memiliki banyak baterai cadangan.



Terakhir tips transaksi sih ini, karena sekarang banyak yang transaksi online, menawarkan drone seken lewat group atau komunitas misalnya. Meski kesannya sama – sama member “komunitas” terlebih yang online semua orang bisa masuk. Kita sebagai calon pembeli harus lebih hati – hati, jangan tergiur harga murah tapi sellernya tipu – tipu.


Paling aman ya kalau tidak beli dari yang sama sekota, jadi bisa cek sepuasnya dan test langsung atau demo langsug kalau belum belum yakin. Kalau masih harus online, mintalah seller membuat iklan di marketplace online yang memakai sistem rekber jadi bisa janjian kalau tidak sesuai bisa retur, selama kita belum menyelesaikan pesanan di aplikasi, seller belum bisa dapat uangnya, ya paling enak lewat shoppe atau tokopedia, seller yang jujur pasti mau dan juga siap dengan perjanjian tidak sesuai deskripsi bisa retur. Makanya ketika sebelum membeli pastikan di iklan kita suruh sellernya melengkapi kondisi drone, jadi ketika komplain misal ada yang tidak sesuai, kita sebagai konsumen bisa menang argumen lewat aplikasi


Bahkan ada juga seller yang menjual DJI Spark Seken langsung d shopee, jadi dia langsung inisiatif membuat iklan yang aman bagi kedua belah pihak. Kalau mau cek harga atau beli DJI Spark second nya, bisa tuh lewat link afiliasi shopee omahdrones dibawah ini:


Cek Harga dan Beli DJI Spark Bekas

Link mati? bisa Lapor Disini


Nah mungkin segitu dulu pembahasan admin mengenai tips yang perlu diperhatikan untuk anda yang ingin membeli drone DJI Spark Second. Semoga dengan adanya artikel dari omahdrones ini bisa membantu anda yang sedang ingin membeli drone DJI Spark Second.