Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K

 Setelah suksesnya SJRC F11 yang dulu menjadi salah satu drone Brushless GPS dengan harga ramah di kantong. Belum lagi kameranya juga sudah lumayan bagus untuk sebuah drone mainan tapi kelasnya sudah lebih dari sekedar drone mainan. Tak cuma itu, durasi terbangnya juga cukup lama jadi dengan sebuah baterai pun kita sebenarnya sudah bisa puas terbang karena lama terbangnya bisa sampai 20menitan. Nah, setelah itu muncul lah versi Upgrade dari SJRC F11, bukan cuma 1 atau dua, tapi total ada lebih dari 5 upgrade dari versi pertama. Meski kesan nya terlalu tergesa  gesa, karena SJRC melabeli drone baru ketika punya sebuah perbedaan dari versi sebelumnya. 

Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K - OmahDrones



Nah di kesempatan kali ini admin omahdrones akan coba memberikan informasi apa saja perbedaan dari Drone SJRC F11 dari seri pertama hingga terbaru yakni SJRC F11S 4K Pro. Wah namanya panjang banget ya, mungkin yang pertama kita coba bahas SJRC F11 yang pertama muncul, dengan kamera yang masih belum dilengkapi dengan Gimbal Stabilizer, jadi masih menggunakan Software semacam EIS, dengan kamera yang masih maksimal mampu mengambil gambar dan video dengan resolisi 1080p, pengambilan gambarnya pun masih seperti sekedar screenshot dari gambar yang direkam menjadi video secara realtime. Jarak jangkauannya sudah 1KM tapi feed videonya masih terbatas meski sudah menggunakan Wifi 5G, karena hubungannya langsung dari smartphone ke kamera drone. Dan remote controller dengan drone. 

Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K - OmahDrones
Perbedaan Baterai F11 dan F11S


Seri kedua yakni F11 pro, ketambahan embel - embel pro, disini dia hanya mendapatkan upgrade di bagian kameranya. Di seri F11 Pro, meski kameranya juga masih mengandalkan EIS nya untuk kehalusan video, sekarang kameranya sudah bisa mengambil video ber resolusi 2.5K. Dengan gimmick kita bisa mengambil gambar 4K juga tapi dengan bantuan software yang aslinya tidak ada gunanya, karena cuma melakukan stretch pada gambar 2K menjadi 4K, kualitas gambarnya sama saja apalagi soal ketajaman, yang beda cuma ukuran file dan ukuran resolusi yang menjadi 2x lipat secara teknisnya. Lalu untuk framerate nya, di F11 Pro juga sudah lebih tinggi dari sebelumnya yang masih 20fps, menjadi 25fps,  

Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K - OmahDrones


Secuil info dari admin omahdrones nih, mata manusia bisa di tipu oleh gambar bergerak, atau biasa disebut video ketika kita melihat video dengan framerate minimal 24fps. Dimana dalam 1 detik kita akan melihat 24frame yang berganti dan berurutan. Jadi kalau dengan SJRC F11 Pro kita dapat 25fps, artinya video yang dihasilkan sudah bisa dibilang normal. Tidak terlalu terlihat patah  patah apalagi di file yang tersimpan pada MicroSD. 


Setelah itu muncul lah versi upgrade lagi dan yang satu ini mulai membuat SJRC F11 menjadi lebih booming, yakni SJRC F11 2.5K Pro. Disini upgrade yang paling menonjol adalah di bagian kameranya lagi. Sekarang drone ini memiliki 2 axis gimbal dan masih ditambah dengan EIS dari generasi sebelumnya. Dari ukuran baterai tidak mengalami upgrade sama sekali, tapi lama terbang juga masih relatif sama meski ketambahan 2 axis gimbal. Ukuran gambar yang dapat ditangkap oleh drone ini sesuai namanya yakni maksimal 2.5K atau 1440p baik foto ataupun video. Satu lagi upgrade pada drone F11 2.5K pro adalah mengenai wifi fpv repeater yang ada pada remotenya, sehingga jarak Wifi FPV bisa relatif lebih jauh daripada seri sebelumnya. 

Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K - OmahDrones


Lanjut SJRC kembali melakukan upgrade dan memberi nama baru yakni, SJRC F11 4K pro, sesuai namanya, lagi  lagi SJRC melakukan upgrade di bagian kameranya. Semata  mata untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus. Bukan cuma gimmick kamera resolusi rendah yang di stretch jadi 4K, tapi SJRC terlihat menggunakan sensor yang benar  benar bisa menangkap gambar resolusi 4K, meski tentu kualitasnya masih jauh beda daripada kelas DJI dan drone professional lainnya. Tapi kalau dilihat sekilas juga kamera dari SJRC F11 4K ini sudah bagus di kelasnya, maka dari itu tak heran kalau drone ini jadi booming dan banyak diminati terutama di indonesia. 

Perbedaan Drone SJRC F11, F11 2.5K & F11S 4K - OmahDrones


Seri terakhir dan yang paling bagus dari keluarga SJRC F11 adalah SJRC F11S 4K Pro. Namanya memang paling panjang sih yang satu ini. Sekarang ada sedikit perbedaan di desain body, dan juga bentuk dari baterainya. Nah, perbedaan yang paling mencolok dari seri S ini dengan seri sebelumnya hanya di bagian jarak jangkauannya saja sih, SJRC F11s 4K Pro ini di iklankan memiliki jarak jangkauan terbang sejauh 3KM. Yaitu 2 kali lebih jauh daripada seri  seri sebelumnya. Baik jarak terbang dan jarak FPV nya juga. Untuk kameranya sih masih sama. Sesuai namanya kan 4K Pro, dapat mengamil video 4K 30fps. 


Untuk mendapatkan Drone SJRC F11 Series ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone SJRC F11s

Link mati? bisa Lapor Disini


Nah, sesuai spesifikasi teknisnya, mungkin itu saja secara garis besar perbedaan antara semua generasi SJRC F11 yang sudah tersebar di pasaran. Semoga ulasan admin omahdrones pada kesempatan kali ini bisa berguna, terutama bagi anda yang sedang mencari perbedaan atara drone SJRC F11 series.