Tips Memilih MicroSD untuk Drone

    Sering kali ketika ada user yang sudah membeli drone, dan drone yang mereka beli memiliki slot untuk MicroSD. Tetapi yang terjadi mereka tidak tau betul spesifikasi drone yang mereka beli, alhasil beberapa dari user tersebut membeli microSD yang tidak sesuai untuk drone yang mereka miliki.

Tips Memilih MicroSD untuk Drone - OmahDrones


    Mungkin beberapa dari anda lantas bertanya. MicroSD memangnya ada jenis – jenisnya? Kok harus MicroSD yang sesuai sih? Apa bedanya? 


    Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka dari itu admin omahdrones akan memberikan sebuah tips untuk sobat omahdrones ketika memilih microSD yang sesuai untuk drone yang anda miliki.



    Pertama, kita akan belajar singkat mengenai MicroSD, di jaman awal berbagai gadget sudah support MicroSD, ambil contoh saja jaman – jaman HP dari China yang ada TV nya booming di indonesia, berbagai brand muncul dan memiliki slot MicroSD untuk ekspansi memori penyimpanan. Di kala itu MicroSD Class4 saja sudah lebih dari cukup mengingat harga MicroSD yang masih tergolong mahal bahkan untuk ukuran 512MB.


    Lalu mulainya booming smartphone Android, yang sudah memiliki kemampuan merekam dan memutar video FHD 1080p dari smartphone nya. Lalu apabila ingin menambah MicroSD disarankan menggunakan MicroSD Class10. Karena dari segi Read dan Write data nya lebih tinggi dari MicroSD Class4


    Semakin majunya perkembangan teknologi, tepatnya ketika admin menulis artikel ini, MicroSD terbaik adalah MicroSD V90 yang memiliki kemampuan menulis data hingga 90MBps. Tetapi tentu disisi harga, MicroSD V90 juga memiliki harga yang mahal apabila menggunakan patokan harga pada saat artikel ini ditulis.


    Nah, untuk pembedaan “penggunaan” MicroSD bisa dibilang memiliki 3 Kategori, yakni Penggunaan umum atau Speed Class, UHS atau Ultra High Speed Class, dan yang terakhir adalah Video Speed Class. Disini sudah bisa dilihat kalau yang paling tinggi tingkatannya adalah Video Speed Class, yang biasanya memiliki icon V pada MicroSD nya. Untuk icon nya bisa anda lihat dibawah ini:



Tips Memilih MicroSD untuk Drone - OmahDrones


    Icon lingkaran dengan angka 10, 4, atau 6 adalah icon MicroSD Speed Class yang umumnya harganya ekonomis dan terjangkau. Sedangkan icon U dengan angka 1 atau 3 di tengahnya merupakan penanda MicroSD itu termasuk ke dalam Ultra High Speed atau UHS, dan yang terakhir adalah icon Video Speed Class yang logonya adalah huruf V dengan tingkatan 6 hingga 90. Satu MicroSD atau SD Card bisa mencakup 3 Class sekaligus seperti contoh gambar dibawah ini yakni SD Card Class10 dengan UHS1 dan juga V10


Tips Memilih MicroSD untuk Drone - OmahDrones



Lalu, bagaimana kita bisa menentukan cocoknya drone kita menggunakan MicroSD yang seperti apa?




Drone mainan

    Umumnya drone mainan merekam dengan resolusi 720 sampai 1080 pixel dengan framerate sekitar 15 – 60 fps. Maka sobat omahdrones bisa menggunaan MicroSD Class10 yang harganya juga cukup ekonomis. Setelah tau jenis MicroSD yang dipakai, perlu diketahui kalau umumnya ukuran MicroSD maksimal yang bisa terbaca itu tidak besar. Rata – rata drone mainan sanggup membaca MicroSD hingga 8 – 64MB. Jadi kalau tidak tau kemampuan membaca maksimalnya, anda bisa beli MicroSD dengan ukuran 8 – 16GB saja.



Drone semi Professional

    Untuk drone semi-Pro, ada banyak sekali varian kamera yang mereka pakai, mulai dari kamera yang basic hingga kamera yang juga semi-Pro. Misalkan kamera yang digunakan sudah bisa menangkap gambar yang cukup bagus, dan mulai bisa mengambil video dengan bitrate yang lumayan tinggi disertai framerate yang juga tinggi, misalkan bitrate nya 2000mbps, dan frameratenya 60fps di resolusi 1080p. Maka MicroSD UHS1 adalah rekomendasi dari admin omahdrones. Dan umumnya drone semi-Pro bisa support MicroSD hingga 64GB. Kalau drone sudah support merekam video 4K, maka MicroSD UHS3 atau U3 adalah rekomendasi yang bisa admin berikan ke anda.



Drone professional

    Untuk drone professional, juga ada terbagi dalam beberapa tipe tergantung kamera yang gunakan. Umumnya drone professional digunakan untuk merekam di resolusi 4K, sehingga rekomendasi jenis MicroSD yang digunakan adalah U3 atau UHS3, kalau mau khusus untuk Video, ana bisa pilih microSD V30. Patokan ini juga bisa anda lihat pada tabel di atas tadi. Kalau untuk jenis MicroSD V60 – V90, biasanya lebih digunakan pada kamera – kamera yang digunakan untuk mengambil video resolusi 8K, mungkin lebih ke kamera – kamera yang digunakan untuk pembuatan Film atau untuk Drone Professional yang memang sudah bisa mengambil video resolusi 8K.


Sedangkan untuk ukurannya, Drone – Drone professional umumnya memiliki ketingkatan support baca yang tinggi, bisa 128GB hingga 512GB. 



Dan yang terakhir, dan ini juga penting, karena sangat banyak seller MicroSD Palsu dan KW di waktu sekarang ini, pastikan anda membeli MicroSD yang ASLI. Kalau anda beli online, anda bisa beli di official store tiap brand masing – masing. Meski sering kali harga terbilang lebih mahal, namun anda akan mendapat garansi barang original daripada beli di lapak orang dengan harga murah tau – tau microSD nya palsu, pas mau garansi juga di buat susah oleh seller nakal nya.


Kalau anda beli offline, pastikan anda minta garansi yang mudah supaya ketika sudah beli dan ketika digunakan ternyata terjadi hal yang tidak di inginkan. Anda bisa mengajukan garansi ke penjualnya sesuai perjanjian.




Okey, mungkin itu saja untuk postingan kali ini, admin harap kita bisa lebih paham akan MicroSD yang seperti apa yang cocok untuk Drone kita. Sehingga kita bisa menerbangkan drone dengan senang karena video yang diambil dapat tersimpan sempurna di MicroSD yang sudah kita pasang.