Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - Brushless GPS 4K Photo

Penggila drone semi professional kini bisa lebih dibingungkan lagi dengan semakin banyaknya drone mainan yang diberi komponen layaknya drone professional. Ya tak henti – hentinya para produsen drone menawarkan drone yang secara kasat mata terlihat menggiurkan memang. Apalagi dengan gimmick yang seolah drone tersebut benar – benar memiliki kemampuan yang menyamai drone professional. Banyak sekali brand yang memberi gimmick pada drone yang mereka jual, seperti kebanyakan melakukan gimmick pada kemampuan kamera. Dengan sensor apa adanya tapi di scretch sehingga bisa menyimpan gambar dalam resolusi FHD, hingga UHD 4K. Ya disisi marketing mereka tidak salah, kan ukuran videonya benar 4K, cuma ya itu, gambarnya burik karena sensornya sebenarnya tidak sanggup mengambil video hingga resolusi 4K.


Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones

Banyak pilot sudah mengetahui kalau beli drone semi pro, yang sebenarnya dia masih kelas mainan. Ya, kelas mainan yang ditambah beberapa komponen agar lebih mirip drone professional. Selama 2019 kebanyakan menambahkan GPS dan motor brushless. Seperti drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga sebenarnya. Adalah dari Visuo, disaat waktunya dulu Visuo laris karena bentuknya yang mirip DJI Mavic Pro yang harganya juga merakyat. Sekarang dia datang lagi dengan versi baru yakni Visuo Zen K1. Drone dari visuo, lagi – lagi mereplika bentuk dari DJI Mavic. Hanya saja kalau dibandingkan dengan pendahulunya, kali ini Visuo Zen K1 sudah mendapat banyak upgrade, mulai dari baterai, kamera, motor hingga sistem navigasi.


Visuo Zen K1 menggunakan motor brushless, lebih mengeluarkan tenaga yang efisien kalau dibandingkan dengan motor brushed. Selain itu, motor brushless juga bisa digunakan dalam waktu yang lama dalam sekali terbang. Beda dengan motor brushed yang baru digunakan 10 menit saja sudah terasa panasnya. Visuo Zen K1 juga dilengkapi navigasi seperti GPS dan optical flow sensor, dengan adanya GPS, tentu dia memiliki fitur Return to home, yang akan aktif kalau anda menginginkannya, atau bisa otomatis ketika baterai mulai menipis, dan ketika drone kehilangan koneksi dengan transmitter. Untuk fitur lebih lengkapnya bisa dilihat pada daftar dibawah ini:
1. GPS one-key return to takeoff point, return with low power consumption and no signal.
2. GPS smart tracking;
Next image: identify the object of fire and automatically follow the flight.
3. Gesture recognition: make camera / camera gestures facing the camera within 1-3 m gestures from the aircraft.
4. Multi-point flight planning:
The plane flies autonomously according to the default route, and players focus on shooting
5. Fixed point surround:
Find the center and move the desired radius through the rocker
6. Share photos with the video:
Single or multiple options for sharing photos, video can only share once.
7. Wide Angle Camera with Adjustable 120 ° Angle, 4K HD, 50x Zoom Camera
8. 11.1 v 2500 MAH intelligent lithium battery, 28 minutes of ultra-long battery life
9. Brushless motor, super power motor, lifelong
10. Indoor flight is more stable with optical camera flow
11. MV (douyin function shot, camera photos can be rotated and enlarged and shrunk)
12. Camera can be turned on (up and down)



Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones

Spesifikasi drone Visuo Zen K1



Brand Name: VISUO
Item NO.: K1
Item Name: ZEN
Pressure sensor: Height adjustment
Frequency: 2.4G
Motor: 1806 1200KV Brushless Motor
Adjustable camera angle: camera Adjustable by transmitter, 90 °
Drone battery: 11.1 V 2500 mAh
Transmitter Alkaline Battery: 4 * AA
Camera: 4K Front Camera  +720P Down looking Camera
Camera lens: 120 °
Control distance: 500 M
Flight time: About 26-28 min
Wifi Image transmission distance: 500M
Video Resolution: 2048X1088 P
Photo Resolution: 4096x3072 P
Frame rate: 20 - 25 fps
Photo format: JPG
Video format: MP4 or AVI
TF CARD: Support (Not included)
Charging time: About 4.5 hours
USB Charging: (5V / 3A)
Quiescent current: 50-80mA
Working Current: 10A
ESC Current: 5A
Color: Black
Product size: 28 * 23.5 * 7 CM (Unfoldable, without Shield)   11 * 17 * 7 CM (Foldable)
Wheelbase size: 353.5mm
Complete set of weight: 975g
Product Weight: 495g
Mobile phone configuration requirements: the WI-FI function Dual frequency
Mobile version of the system: iOS 8.0 or later / Android 4.4.4 or later
Product Highlights: Life 26 ~ 28 minutes, 50x zoom, support for vibrato MV,



drone ini mendapatkan baterai yang sangat besar. Dengan tegangan total 11.1Volt dan kapasitasnya sebesar 2500mAh. Dia bisa anda gunakan untuk terbang sekitar 23 – 25 menit satu baterai. Namun sayangnya, baterai ini menggunakan port micro USB untuk melakukan charging. Sangat disayangkan dari visuo tidak menyediakan charger yang memang dirancang untuk baterai ini. Kalau hanya menggunakan konetor micro USB. Anda harus menyiapkan USB Wall Charger sendiri yang kalau menurut tabel spesifikasi, cari yang arusnya 3 ampere untuk bisa mengisi baterai ini. Kalau menggunakan charger 2 ampere, bisa aja hanya saja nanti waktu yang dibutuhkan untuk charging lebih lama. Atau mau pakai port USB pada laptop atau komputer? Wah bisa sebulan baru penuh karena itu arusnya cuma 500mA. Karena itu juga, kalau ada bundle dengan baterai cadangan, bisa saja anda beli Visuo Zen K1 sekalian baterai cadangannya, sehingga anda bisa terbang lebih lama lagi nantinya.


Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones

Untuk transmitter atau remote controlnya, bentuknya keren dan nampak professional, bagian sticknya nampak bukan sekedar analog seperti yang digunakan pada stick playstation. Selain itu dibagian tengah bisa dibuka untuk phone holder, dan dibalik itu terdapat LCD kecil dengan backlight yang akan menampilkan status drone, telemetri seperti kekuatan sinyal, baterai, satelit dan lain – lain. Tombol yang ada di remote ini ada beberapa namun tidak terlalu banyak, dan tiap tombol juga sudah diberi icon sehingga kita bisa lebih mudah dalam mengetahui fungsi tombol tersebut. Jarak yang dapat dijangkau menggunakan transmitter ini kalau menurut tabel spesifikasi bisa sampai 500 meter, tapi sekali lagi admin katakan, kalau jarak jangkauan terbang itu juga dipengaruhi oleh kawasan dimana anda menerbangkan drone itu sendiri. Apa banyak interferensi sinyal atau tidak, kalau banyak ya siap – siap mendapat jarak terbang yang pendek.



Salah satu gimmick yang diberikan pada Visuo Zen K1 adalah kamera yang bisa menangkap gambar dalam resolusi 4K. Tapi setelah dilihat pada tabel spesifikasi 4K yang didapat hanya ketika anda mengambil foto. Kalau untuk record video, anda akan mendapat resolusi maksimal 2K. Itu untuk resolusinya, tapi bagaimana dengan kualitas gambarnya? Ya seperti drone dengan gimmick kamera lainnya. Visuo Zen K1 ini sepertinya menggunakan sensor kamera 720p alias HD, saja. Itu kalau di stretch menjadi FHD hingga UHD, nanti gambarnya juga tidak maksimal, akan terlihat jelas kalau anda bandingkan dengan kamera yang benar – benar memiliki sensor yang mampu mengambil video dalam resolusi FHD – UHD. Disamping itu, sama saja menghabiskan space memory yang anda pasang di drone, karena FHD apalagi UHD membutuhkan space memory lebih besar dari HD. Kamera ini bagusnya sudah remotely, bisa anda naik turunkan tilt anglenya lewat remote.

Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones


Untuk FPV nya, Visuo Zen K1 menggunakan Wifi-FPV, dan koneksi yang digunakan adalah Wifi 802.11ac , jadi sebelum membeli drone ini, pastikan smartphone anda sudah support Wifi 802.11ac, caranya gimana? Buka google, cari spek smartphone mu, lalu lihat di bagian konektivitas wifi, apa ada ac disana? Kalau iya berarti bisa, tapi kalau cuma a,b,g,n ya tidak bisa. Selengkapnya mengenai perbedaan koneksi wifi sudah admin buatkan postingan di perbedaan wifi 2.4GHz dan 5GHz.

Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones

Tiap pembelian drone ini, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:

1 x RC Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 11.1 V 2500 mAh Battery
1 x USB Cable
2 x Blade(1*A 1*B)
1 x 9.5CM Screwdriver
1 x User Manual

Untuk mendapatkan Drone Visuo Zen K1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Visuo Zen K1

Link mati? bisa Lapor Disini





kesimpulan admin, untuk Visuo Zen K1 ini sama seperti drone semi professional lainnya, tidak disarankan untuk mempergunakannya untuk hal serius seperti pembuatan film, dan sebagainya. Karena gambar yang dihasilkan tidak akan seperti yang anda bayangkan. Drone ini masih kelas mainan yang baiknya ya digunakan untuk bermain saja, mungkin kalau untuk mengambil gambar ketika liburan masih oke lah, tapi kalau untuk video, masih terlalu banyak chopy ketika digunakan sehingga hasil videonya nampak bergelombang.

Spesifikasi Drone Visuo Zen K1 - OmahDrones


Untuk mendapatkan Drone Visuo Zen K1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Visuo Zen K1

Link mati? bisa Lapor Disini


Yap, meski seperti itu tentu keputusan tetap berada di tangan anda. Terakhir admin cek harga dari drone Visuo Zen K1 ini, dia dibandrol sebesar 240 USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 3.3 Jutaan. Harganya memang lebih mahal kalau dibanding dengan drone semi professional lainnya yang rata - rata di kisaran 2 jutaan, jadi anda bisa tuh banding – bandingin lagi kalau mau beli drone mainan yang sudah semi professional.