Spesifikasi Drone Eachine E016H - Beginers Learn to Fly

Bagi orang yang lihat ada mainan radio control bisa terbang, entah pesawat atau jenis copter, terutama di tahun 2012 an. Cuma bisa membayangkan andai admin punya mainan seperti itu. Di saat itu, hampir semua RC terbang itu rakitan sendiri, karena belum ada RC terbang yang dijual bebas di toko – toko mainan. Kalau RC mobil sih banyak, tapi kalau RC yang terbang, palingan helikopter dengan remote infrared yang susah dikendalikan. Tapi beda sekarang, terutama setelah masuk tahun 2015, mulai banyak mainan RC terbang yang mulai dijual di indonesia. Hal itu disebabkan juga karena drone professional juga sudah lolos untuk masuk ke pasar indonesia, sehingga dengan bentuk dan kriteria barang yang mirip, mainan RC terbang seperti copter dan pesawat mulai bermunculan di indonesia.




Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones

Semakin kesini, tepatnya di tahun 2019 ketika admin menulis artikel ini, sudah banyak sekali drone yang dijual, berbagai kegunaan, dan berbagai tipe. Tak hanya itu, drone yang dijual juga memiliki kelas sendiri, seperti kelas mainan, kelas semi professional, dan kelas professional. Perbedaannya selain harga yakni juga kegunaan serta kemampuan drone itu sendiri. Nah bagi anda yang ingin mulai belajar menerbangkan drone. Admin tentu sarankan untuk beli drone kelas mainan terlebih dahulu, karena sebenarnya drone kelas mainan masih dibagi lagi menjadi beberapa sub kelas, seperti drone mainan basic dan drone mainan berfitur.


Untuk yang benar – benar pemula, admin sarankan untuk beli drone mainan yang masih memiliki fitur basic. Drone seperti ini cocok sekali untuk pemula karena dengan drone ini anda bisa benar – benar belajar terbang terlebih dahulu. Selain itu, harga drone basic tentu lebih murah dibandingkan drone mainan yang lebih kaya fitur yang sebenarnya belum terlalu berguna ketika kita belajar terbang. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ada drone buatan Eachine yakni Eachine E016H. Drone kecil ini cocok sekali digunakan untuk anda yang sedang ingin belajar untuk menerbangkan drone. Karena desainnya pun sudah disesuaikan untuk pemula, dan cocok juga untuk terbang didalam ruangan karena Eachine E016H sudah memiliki protector di tiap propellernya. Selain itu ada beberapa fitur basic yang sudah diterapkan pada Eachine E016H seperti:
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- One key to return function makes it easily to find the way home.
- Automatic alarm and automatic landing function. When the voltage is low, it will alarm 30-60 seconds in advance, which further improves the safety of flight.
- Large capacity battery 3.7V 350mah, easy to plug-in battery structure, longer battery life up to 8mins, easy installation.
- USB high-speed charging, battery with protection board, when fully charge automatic power off;
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones


Spesifikasi drone Eachine E016H



Brand Name: Eachine
Item NO.: E016H
Color: Green
Gyro: 6-axis
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Quadcopter Battery: 3.7V 350mAh LiPo Battery (Included)
Flight Time: above 8 minutes
Charging Time: 40 minutes
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Transmitter Power: 2 x 1.5V AA Battery (NOT Included)
R/C Distance: About 50 meters
Quadcopter Size: 8.8*8.8*3.0cm
Package Size: 20x14x6.2cm



Drone ini menggunakan baterai 1S dengan tegangan 3.7  Volt, dan kapasitasnya sebesar 350mAh. Dengan satu baterai anda bisa menerbangkan Eachine E016H hingga kira – kira 8 menit. Nah, karena si kecil ini menggunakan motor brushed, apabila anda punya banyak baterai, pastikan beri jeda antara waktu terbang satu dengan yang lain, intinya kasih cooldown motor agar tidak panas ketika mau terbang lagi. Begitupula ketika ingin recharge baterainya, tunggu hingga suhu baterainya normal, agar ketika pengisian ulang baterai bisa optimal. Untuk nyari baterai cadangannya cukup mudah karena Eachine E016H menggunakan baterai universal, jadi tinggal samakan saja tegangan dan kapasitasnya, lalu pastikan juga sama soketnya. Anda bisa juga menggunakan Charging Hub untuk baterai 1S, dan pakai USB Wall Charger dengan arus setidaknya 1 – 2 ampere sehingga anda bisa charge banyak baterai sekaligus.

Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones

Untuk remotenya, Eachine E016H masih menggunakan remote lama dengan style yang sudah dipakai oleh banyak drone mini dari berbagai brand. Dengan remote ini, enaknya anda tidak perlu beli banyak baterai karena hanya menggunakan 2 buah baterai ukuran AA saja. Untuk jangkauannya, dengan transmitter kecil ini anda mendapatkan jangkauan sekitar 50 – 60 meter tergantung dimana anda bermain drone ini. Tapi mengingat drone ini sangat kecil, lebih baik jangan terbang terlalu jauh, kecuali anda terbang di dalam ruangan yang bebas terpaan angin liar. Di remote ini juga terdapat tombol untuk flip, auto take-off, headless mode, dan fungsi lainnya, hanya saja disitu tidak ada icon atau label di tiap tombolnya sehingga mungkin anda perlu memberi label sendiri untuk lebih mudah mengingat fungsi tombolnya.


Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones

Eachine E016H tidak memiliki kamera bawaan di badannya, namun anda akan mendapatkan LED putih yang bisa menjadi tanda arah depan drone, dan akan nampak keren kalau anda menerbangkannya di waktu malam hari. Perlu diketahui, orientasi ketika kita menerbangkan drone itu sangat perlu sehingga itulah mengapa anda harus belajar orientasi ketika terbang, salah satunya menggunakan Eachine E016H.


Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones

Dan tiap pembelian Eachine E016H, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Eachine E016H Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 3.7V 350mah Battery
1 x USB Charging Cable
4 x Propeller
1 x Screwdriver
1 x User Manual

Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones


seperti namanya, Eachine E016H, memiliki kode H yang artinya dia sudah Altitude Hold. Sebenarnya kalau mau lebih fasih, bisa belajar menggunakan mini drone basic yang belum altitude hold, namun sekarang dengan harga yang terjangkau sudah bisa mendapatkan drone kecil yang cocok untuk latihan terbang, plus sudah altitude hold dan punya beberapa fitur dasar seperti filip, one key take-off dan lain – lain, mengapa tidak. Lagipula drone ini juga didesain untuk terbang indoor, jadi bisa terbang kapan saja didalam rumah.

Spesifikasi Drone Eachine E016H - OmahDrones

Untuk harganya, Eachine E016H ini dibandrol cukup terjangkau sebenarnya, yakni 21 USD saja, atau kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat artikel ini ditulis, itu setara dengan 295 Ribuan. Tentu drone ini juga masih termasuk drone dibawah satu juta. Tapi harga barusan adalah harga di marketplace resmi dari eachine, kalau sudah dijual oleh seller indonesia, bisa beda lagi harganya.