Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - Phantom 4 Mini

Kemarin – kemarin, admin banyak membahas rip-off atau drone replika, tiruan atau memang sengaja dibuat mirip dengan drone aslinya, tapi kelasnya masih kelas mainan. Banyak sekali yang mereplika drone keluaran brand terkenal semisal DJI. Sebut saja seri Mavic Pro, banyak sekali yang mereplikanya ke dalam bentuk drone mainan, mulai dari eachine, visuo, dan brand drone mainan lainnya. Tak kalah juga sekarang yang membuat admin jadi tertarik adalah drone replika dari DJI Phantom 4. drone ini dipasarkan oleh dua brand yakni XK dan WLToys. Dengan nama pasar X1 menjadi nickname untuk drone yang bentuknya memang bisa dibilang mirip sekali dengan DJI Phantom 4. seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Kalau beberapa drone mainan dulu yang keluar di tahun 2018 an, meski meniru bentuk drone professional, namun mereka masih menggunakan komponen drone mainan, sehingga kemampuannya pun cukup terbatas. Tetapi, di pertengahan tahun 2019, banyak sekali drone mainan yang sudah dilengkapi dengan komponen lebih bagus, seperti sudah menggunakan motor brushless misalnya. Selain itu demi menanggulangi masalah “Fly away” yang kerap terjadi pada drone mainan, banyak drone yang datang dengan bantuan sistem navigasi seperti Optical Flow hingga GPS. Dan untuk Wltoys XK X1 ini, dia sudah menggunakan GPS sebagai navigasinya sehingga dia memiliki beberapa fitur yang mengandalkan GPS, seperti Circle me, Follow Me, Way Point, dan tentu saja Return to Home yang bisa anda aktifkan melalui remote, atau akan aktif secara otomatis ketika drone kehilangan koneksi dengan remote, dan ketika baterai drone mulai menipis.



Wltoys XK X1 juga sudah menggunakan motor brushless 1806. Itu berarti dia sudah bisa digunakan untuk terbang dalam waktu yang lama. Karena motor brushless tidak akan cepat overheat dalam waktu yang cepat, berbeda dengan motor brushed yang akan cepat sekali overheat dalam waktu belasan menit ketika terbang. Selain itu, dengan menggunakan motor brushless Wltoys XK X1 akan lebih kuat ketika mencoba melawan hembusan angin karena tenaga yang dihasilkan lebih optimal daripada menggunakan motor brushed. Untuk fitur lainnya sesuai pada iklan Wltoys XK X1 bisa dilihat sebagai berikut:
- GPS positioning, barometer height, outdoor height fixed point. Flight stability, high-definition aerial photography;
- Advanced two a-xis coreless gimbal, more stable video;
- The remote control has the functions of photographing/photographing, adjusting the elevation angle of thegimbal, adjusting the rudder size, unlocking/landing with one key, headless mode, GPS return, and GPS/attitude mode conversion.
- Battery sealing design, reasonable installation structure and special balanced charger can prolong the service life of batteries.
- 5G WIFI 1080P high-definition camera, image transmission delay is small, transmission distance is about 500 meters. Special APP, simple operation interface, data return OSD overlay function and point planning, follow-up, interest point surround function;
- The aircraft has inclination protection, turn-blocking protection, out-of-control return, low-power return, electronic fence and so on.



Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Wltoys XK X1



Brand Name: Wltoys
Item Name: XK
Item No.: X1
Motor: Brushless 1806 10*20 8.5*23(mm)
Material: Plastic & Electronic
Frequency: 2.4G
Camera: 1080P
FPV Frequency: 5G WIFI
Gimbal: 2A-xis(pitch, roll)
Channel: 4CH
Gy-ro: 6A-xis
Drone Battery: 7.6V 2200mAh Li-po(Included)
Remote Control Battery: 4 X 1.5V AA(Not Included)
Operating Voltage of Camera: 5V
Operating Voltage of Motor: 7.4V
Flying Time: About 20mins
Charging Time: About 180mins
Transmission distance: More than 500 meters
FPV Distance: About 500m(Empty and undisturbed environment)
Photo Resolution: 1280*1080P/30FPS 500W pixels
Video Resolution: 1280*1080P/30FPS 500W pixels
Color: White
Product weight: 435g
Product size (L x W x H): 292 X 292 X 152mm
Package size (L x W x H): 32.3 X 20.8 X 34.5cm



Wltoys XK X1 memiliki baterai yang bisa dibilang pas – pasan untuk drone Brushless GPS. Dia hanya didayai oleh baterai bertegangan 7.6Volt yang kapasitasnya sebesar 2200mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan drone Wltoys XK X1 kira – kira 14menit per baterai. Itulah mengapa apabila penjual menawarkan baterai cadangan untuk Wltoys XK X1, lebih baik anda sekalian beli baterai cadangannya, sehingga anda bisa bermain drone ini lebih lama. Untuk pengisian ulangnya, Wltoys XK X1 memiliki charging dock bawaan, namun dock ini hanya bisa digunakan untuk satu buah baterai per charging. Jadi kalau anda beli baterai lebih, anda harus charging baterainya satu persatu. Kalau menurut spesifikasi, lama proses charging memakan waktu 3 jam, namun pada kenyataannya, ketika lampu indikator sudah menandakan baterai sudah penuh, maka baterai bisa langsung dicabut dari charging dock.


Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Di bagian unit kendali, Wltoys XK X1 sebenarnya memiliki bentuk remote yang simple, hanya saja mungkin karena disitu terdapat banyak sekali tombol, untuk pemula mungkin akan terasa membingungkan. Ditambah pada tiap tombol juga tidak ada keterangan fungsi atau icon sekalipun tidak ada disitu, otomatis untuk mengingat tiap fungsi dari tombolnya juga makin susah. Terdapat kotak yang sebenarnya bisa diletakkan LCD disitu, namun disini, mungkin demi memangkas harga akhir, hanya diberi satu layout dan lampu sebagai indikator. Nah, jarak jangkauan yang bisa anda dapatkan menggunakan transmitter ini yakni di klaim bisa lebih dari 500 meter, namun tetap saja pakai aturan kesepakatan universal kalau bermain drone, yakni sejauh mata bisa melihat unit drone nya saja alias “at line of sight”. Transmitter ini juga masih menggunakan baterai habis pakai buang, jadi kalau mau lebih eco-friendly, bisa tuh anda modif sehingga jadi pakai baterai rechargeable.


Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Kamera yang dimiliki Wltoys XK X1 tergolong spesial dan beda dari kebanyakan drone sekelasnya. Kamera ini memiliki lensa yang dapat merekam video dan foto dengan resolusi sebesar 1080p. Gambar yang dihasilkan pun lebih bagus kalau dibandingkan dengan drone sekelasnya yang sama – sama bisa merekam 1080p. Ditambah, Wltoys XK X1 memiliki 2 axis gimbal sehingga video yang dihasilkan akan lebih minim jelo, goyangan, atau getaran yang akan anda dapatkan ketika mengambil video dengan drone tampa gimbal elektrik.


Untuk FPV nya, Wltoys XK X1 juga masih menggunakan sistem Wifi-FPV, Wifi yang digunakan adalah Wifi 802.11ac, sehingga untuk bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan drone ini, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac, karena kalau tidak, tentu anda tidak bisa melakukan Wifi-FPV dan itu sangat mengecewakan.


Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Tiap pembelian drone Wltoys XK X1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 X RC Drone
1 X Remote Control
1 X Battery
1 X Charger
1 X Adapter
8 X Propeller
4 X Guard
1 X Screwdriver
1 X Manual
1 X Carrying Case





kesimpulan admin untuk drone Wltoys XK X1 yang digandang Phantom 4 Mini ini adalah, drone ini memang bagus dari sisi desain, tak kalah bagus juga untuk kemampuan terbang beserta fiturnya terutama dalam konteks drone mainan. Dalam satu paket juga bisa dapat carrying case, sehingga anda bisa dengan mudah menyimpan drone dan segala keperluannya dalam satu wadah. Bentuk wadahnya pun mirip sekali dengan wadah Phantom 4 asli, keren ketika dibawa bepergian jadinya.


Spesifikasi Drone Wltoys XK X1 - OmahDrones

Untuk informasi harganya, terakhir admin cek di marketplace yang menjual Wltoys XK X1 ini, dia dibandrol sebesar 150USD untuk bundle 1 baterai dan 210 USD untuk bundle dengan 3 baterai. Itu setara dengan 2.1 Juta dan 2.9 juta rupiah kalau sesuai dengan kurs pada saat artikel ini dibuat. Nah, kalau untuk penyuka drone mainan yang “Rip-Off” atau tiruan, mungkin Wltoys XK X1 ini bisa menjadi koleksi baru anda.