Spesifikasi Drone Eachine EX120

Banyak drone yang di desain rapi guna memudahkan user alias pilot yang akan menerbangkannya kelak, drone RTF yang sudah di desain dalam satu bundle, memang selalu menjadi pilihan banyak pilot pemula yang ingin memiliki drone dan bisa menerbangkannya dengan praktis, tanpa perlu banyak settingan yang membingungkan. Tapi, bagi beberapa pilot mungkin ada yang ingin membeli drone open source, drone yang bisa di konfigurasi secara manual oleh pilot serta pilot bisa menggunakan transmitter favoritnya untuk menerbangkan drone tersebut. Dengan kata lain drone ini hadir dalam bundle seperti drone RTF namun tanpa transmitter. yap, kali ini kita akan membahas salah satu drone yang hadir seperti diatas.



Spesifikasi Drone Eachine EX120 - OmahDrones

Kali ini yang akan kita bahas adalah drone buatan Eachine lagi, dengan nama serinya Eachine EX120. Drone ini termasuk ke dalam jenis hexa-copter, dengan enam buah lengan dan tiap lengannya membawa sebuah motor brushed untuk memutar propeller sehingga Eachine EX120 dapat terbang diudara. Drone ini dirancang sebagai drone rakitan sebenarnya, itu bisa anda lihat karena Eachine EX120 memakai frame dari campuran fiber dengan harapan selain lebih enteng juga lebih kuat dan tidak mudah patah apabila terjadi crash. Bentuk framenya pun tidak monoton sehingga ketika dilihat drone ini Nampak beda dan keren. Motornya pun sudah menggunakan ukuran 820 sehingga secara teknis dia akan memiliki kekuatan total yang mampu diandalkan ketika di udara nanti.



Eachine pun menawarkan beberapa fitur yang bisa anda ketahui dibawah ini:
Flight control base on SPRACING F3 EVO, high current MOS output,convenient according to the personal touch.
Made of high quality carbon fiber material, a full set of take-off weight of 80 grams with battery.
The user only need to be equipped with a remote control to experience the indoor FPV flight.
Use buckle structure, no screw fixation, installation is very convenient.
With 6 LED backlight, have LED_Strip function.
F3 flight controller tail light with a buzzer, can provide low pressure alarm, signal loss alarm, searching alarm.


Spesifikasi Drone Eachine EX120 - OmahDrones


Sebagai drone rakitan yang memiliki banyak opsi yang bisa anda pilih, Eachine EX120 yang jelas tidak dijual dengan unit transmitter. disini anda bisa menggunakan tx dan rx pilihan anda sendiri, atau kalau anda sudah memiliki transmitter favorit entah dari Frsky atau Flysky misalnya, anda bisa menerbangkan drone dengan transmitter kesayangan anda tersebut. Ada 2 versi di drone Eachine EX120. yakni ANF yang dalam pembelian tidak ada receivernya, serta versi BNF anda akan mendapatkan receiver bawaan yang bisa anda pilih sesuai transmitter yang akan anda gunakan nanti, untuk jelasnya, berikut adalah transmitter yang cocok untuk Eachine EX120 versi BNF:

1. Frsky Receiver Support FRSKY taranis X9D/X9D PLUS(D8 mode),and XJT (D8 Mode),DJT DFT DHT Transmitter.
2. Flysky A8S Receiver Support FS-I6, Echine I6, TH9X, DEVO 7E with A7105 Module series Transmitter.
3. DSM Receiver Support Spectrum/JR(DSMX/DSM2 protocol) DEVO10/DEVO 7E(with deviation firmware).

Ketika pembelian, anda bisa memilih receiver untuk protocol mana, atau mungkin juga tergantung stock yang ada di seller, jadi sebelum beli, pastikan jangan salah beli receivernya kalau anda hanya memiliki salah satu receiver yang cocok dari pilihan diatas.

Spesifikasi Drone Eachine EX120 - OmahDrones


Kalau anda lihat di bagian belakang drone Eachine EX120, dia memiliki sebuah LED Strip yang terdiri dari 6 buah RGB LED, dan juga ditambah satu buah buzzer dibagian tengahnya. LED ini bisa berfungsi selain sebagai indicator, dia juga akan memberitahu kondisi drone sesuai konfigurasi yang anda terapkan. Buzzer nya juga terbilang multifungsi, selain dia akan memberikan indicator suara sesuai apa yang anda lakukan di transmitter, dia juga bisa berfungsi sebagai alarm ketika baterai telah habis, atau ketika dia hilang koneksi lalu auto landing dan buzzer akan bersuara, sehingga anda bisa dipermudah ketika mencari drone ini nantinya. Tentu fungsi ini juga bisa anda konfigurasi untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.



Spesifikasi dari drone bisa anda simak dibawah ini:
Brand Name: Eachine
Item No.: EX120
Wheelbase: 120mm
Weight: 63g
Size: 123*120mm
Flight controller: SPRACING F3 EVO   
Firmware version: BetaFlight 1.3.1   
Motor: CL820 5200RPM motor
Prop Size: 56mm
Receiver: Flysky/Frsky
Camera: 800TVL HD CMOS 1/3 inch Camera
AV Wireless Transmitter: 5.8g 25mw 40ch
Batterry:  7.4V 2S 450mAh 25C Lipo battery
Flight time: 3.5 - 5 minutes
Package size:  215*110*265mm
Package weight: 236g



Dia dibekali baterai oleh Eachine dengan spesifikasi baterai berkapasitas 450mAh, dengan tegangan 7.4 Volt. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan drone Eachine EX120 dengan waktu kira – kira selama 5 menitan. Dan untuk chargingnya, karena dia masih memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, walaupun baterainya memiliki tegangan 7.4Volt, anda diberi eachine USB Charger untuk me recharge baterai ini, maka dari itu, admin menyarankan kalau chargingnya lebih baik menggunakan USB Adaptor seperti untuk merecharge smartphone anda.

Spesifikasi Drone Eachine EX120 - OmahDrones


Eachine EX120 juga dilengkapi dengan kamera FPV 5.8GHz, dengan spesifikasi 800TVL HD CMOS 1/3 inch. Kamera ini juga memiliki banyak channel yang bisa anda pilih dari beberapa pilihan frequensi juga yang total memiliki 40 channel. Tentu dengan kamera ini anda sudah bisa melakukan FPV langsung baik menggunakan FPV monitor, atau lebih keren lagi menggunakan FPV Goggles favorit anda. Sayangnya kamera ini sudah fixed position, sehingga anda tidak bisa mengubah angle dari kamera Eachine EX120, kecuali anda mod sendiri untuk bisa adjusting angle cameranya.

Spesifikasi Drone Eachine EX120 - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian Eachine EX120 BNF anda akan mendapatkan
1 x Eachine EX120 Carbon Fibre Frame kit
6 x CL820 5200RPM Coreless Motor
1 x F3 Brush Flight controller
1 x Receiver (Optional)
1 x 5.8G VTX w/Camera antenna
12 x 56mm Propeller
1 x 7.4V 450mah 2S Battery
1 x USB Charging cable


Kalau untuk yang ANF sama hanya saja tidak dapat unit receivernya.



Untuk harganya, apabila anda beli langsung dari luar negeri, dia dibandrol dengan harga 46USD atau setara dengan Rp. 600ribuan,- , kalau tidak ingin repot, anda bisa cari seller di Indonesia, siapa tau ada yang menyediakannya, namun untuk harga, jangan kaget kalau berbeda dari sini, karena disini hanya harga kisaran saja. lagi pula dia juga masih termasuk dalam drone dibawah satu juta. Nah, begitulah ulasan kita hari ini mengenai drone Eachine EX120, si mini hexa-copter FPV ready.