Spesifikasi Drone Hubsan H502S

Kalau sudah tau dunia drone baik yang masih pemula pun langsung akan tau apa itu FPV alias First Person View. Memang sangat asik ketika kita punya drone yang memiliki kemampuan FPV 5.8GHz. berbeda dengan Wifi FPV yang menggunakan sinyal Wifi sebagai media transmisi sinyalnya. FPV 5.8GHz sudah menggunakan pemancar khusus serta penerima yang juga khusus untuk sinyal 5.8GHz. kelebihannya tentu banyak. Seperti sinyal yang lebih baik karena tidak bertabrakan dengan 2.4GHz sehingga gambar yang didapat akan lebih low latency, sehingga minim terjadi lag ketika FPV. Selain itu jaraknya juga bisa lebih jauh daripada Wifi FPV. Dan masalah utamanya adalah harga drone yang memiliki kamera fpv seperti itu juga mahal.



Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones

Tak Cuma di unit kamera yang bisa FPV 5.8GHz, namun kita pasti juga ingin dronenya tidak mudah terkena angin ketika terbang. Sehingga salah satu solusinya adalah membeli drone yang sudah memiliki unit GPS dialam jeroannya. Pasti harganya lebih mahal lagi, sedangkan kita pemula yang baru ingin coba – coba menerbangkan drone. Tapi jangan khawatir, Hubsan kembali memperkenalkan drone mereka yang mungkin bisa menjadi solusi dari masalah diatas. Drone dengan nama lengkap Hubsan X4 H502S ini, sebenarnya ada dua seri yakni H502E dan H502S. namun karena hanya ada sedikit perbedaan dari keduanya, kali ini admin akan memberikan ulasan untuk keseluruhannya saja. Drone ini juga bisa dibilang adik dari drone Hubsan X4 H501 yang sudah pernah kita bahas di waktu dulu.



Hubsan X4 H502S menawarkan banyak fitur seperti
* Built in 720P HD camera are tuned amazingly to capture stunning pictures and videos from the sky.
* With GPS auto positioning system, accurate positioning location, perfect advanced follower.
* Follow me mode with GPS enables the H502S flying itself to capture your adventure wherever you are.
* 5.8G FPV Real-time Video Transmission: Share the videos and photos to the LCD display at anytime anywhere
* With headless mode function,no need to adjust the position of aircraft before flying.
* With one key return function, makes it easily to find the way home.


Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones

Hubsan X4 H502S sudah dilengkapi dengan GPS pada Drone, dan juga pada Transmitter. sehingga dengan ini lah Hubsan X4 H502S bisa melakukan “Follow Me” mode dengan metode Posisi drone dan posisi remote dari data GPS. Ketika anda mengaktifkan Follow Me, drone akan langsung menghadap kearah anda, dan langsung akan mengikuti anda ketika anda bergerak. Dengan adanya GPS ini pula anda juga mendapatkan fitur return to home, sehingga ketika ada gangguan seperti kehilangan sinyal, baterai sudah menipis, dan interferensi lainnya, drone akan langsung pulang dan mendarat di tempat pertama ia take-off yang di lock sebagai “home point”. Hubsan X4 H502S sebenarnya masih dalam Toy Grade, sebab ia masih menggunakan motor brushed, berbeda dengan kakaknya Hubsan X4 H501 yang sudah memakai brushless motor. Inilah yang membuat Hubsan X4 H502S jadi lebih murah.

Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones


Berikut adalah spesifikasi ringkas dari Drone Hubsan X4 H502S
Brand Name: Hubsan
Item NO.: H502S
Item Name: Hubsan X4 H502S RC quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Quadcopter Size:165*165*60mm
Weight(including the battery):140-147g
Battery: 7.4V (2S) 610mAh Li-Po Battery 35g
Built-in HD camera 720P .
Motor: coreless 0820 x4
4 LED indicators &Rubber feet
Max Flight radius:200±15 m
5.8G wireless video transmission
Flight time: around 12-13 minutes
Charging time: around 30-40minutes .
2.4G FPV Transmitter
Battery: 4*AA (Not included)
4.3 inches LCD (resolution: 480*272)



Karena ia memiliki banyak komponen penunjang, seperti GPS dan FPV Transmitter untuk mengirim siaran FPV, maka ia perlu asupan daya yang mumpuni. Maka dari itu, Hubsan memberinya baterai dengan kapasitas 610mAh dan dengan tegangan 7.4 Volt. Untuk seri H502S baterai ini bisa anda gunakan untuk terbang selama kira – kira 13 menit maksimal. Tergantung dari situasi kondisi serta cara terbang anda. Untuk chargingnya, sayangnya hubsan hanya menyertakan kabel USB untuk charging Via USB Port, mungkin karena kapasitasnya yang kurang dari 1000mAh walau dengan tegangan 7.4Volt, makanya hubsan memberikan charger Kabel USB. Jadi saran admin untuk chargingnya menggunakan adaptor USB seperti untuk charge smartphone saja untuk charging baterai ini, supaya arus pengisiannya bisa konstan dan stabil.


Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones

Apabila pada Hubsan X4 H501 memiliki kamera yang sudah mampu merekam video dengan resolusi 1080p, adiknya yakni Hubsan X4 H502S juga memiliki kamera, hanya saja dia hanya mampu mengambil video dengan resolusi 720p, meski begitu admin rasa juga sudah sangat bagus hasil videonya. Terutama untuk drone yang masih termasuk dalam toy grade seperti ini. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan FPV Transmitter 5.8GHz, sehingga anda juga bisa menghubungkannya ke FPV Monitor ataupun FPV Goggles favorit anda untuk bisa menikmati FPV lebih mendalam. Tapi kalau pun anda tidak punya, anda tidak perlu khawatir.



Sebab, Hubsan X4 H502S juga sudah dilengkapi dengan FPV monitor 4.3 inci yang menyatu dengan unit transmitter. dengan adanya monitor built-in ini, tentu anda tidak pelru mempersiapkan fpv monitor sendiri. Anda bisa langsung merasakan sensasi FPV realtime dengan monitor ini. Sedangkan untuk unit transmitternya, bentuknya bisa dibilang sama dengan transmitter kakaknya, namun jeroannya memiliki sedikit perbedaan tentunya, sehingga transmitter ini memang hanya untuk Hubsan X4 H502S saja. Baik bentuk dan tombol serta switch dari tiap fungsi sudah tertata rapi, hanya saja tidak terdapat label ini untuk fungsi apa, sehingga anda harus membaca buku panduan untuk bisa tau itu tombol untuk apa. Anda juga bisa menempelkan label sendiri supaya mudah di ingat ketika anda terbang.

Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian, anda akan mendapatkan:
1x H502S RC Quadcopter,
1x Transmitter,
1x Battery
1x ScrewDriver
4x Extra Propeller
1x USB Charging Cable
1x Manual Book



Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, mungkin kesimpulan dari admin, drone ini cocok untuk anda yang ingin membeli drone dengan GPS serta sudah lengkap dengan kemampuan FPV serta Follow Me, dimana drone bisa mengikuti anda, yang secara teknis drone mengikuti transmitternya dengan telemetri dari GPS .

Spesifikasi Drone Hubsan H502S - OmahDrones



Sedangkan untuk bisa membeli drone ini, harga pasaran internasionalnya dia dibandrol dengan harga sebesar 135USD. Atau setara dengan Rp 1.8 jutaan,- . walau masih menggunakan motor brushed, Hubsan X4 H502S tidak bisa diremehkan kemampuannya, hanya saja sewaktu – waktu ketika motor sudah lemah, anda harus menggantinya dan mungkin juga gearboxnya harus sering di cek apakah sudah ada yang ompong gearnya atau belum.