RC Quadcopter CX 021 - Drone Untuk Latihan bagi Pemula




       Sebelum menjadi pilot professional, anda perlu untuk berlatih dari dasar, seperti mengetahui seluk beluk drone, mengetahui cara aman take-off dan landing, dan yang terpenting tau cara terbang diudara. Setelah itu baru anda bisa mengembangkan teknik terbang anda sehingga bisa menjadi cirikhas terbang anda. Untuk mendapatkan semua itu, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah latihan. Seorang pilot asli pun sebelumnya pasti juga perlu latihan untuk dapat menerbangkan sebuah pesawat terbang, begitu pula dengan menerbangkan drone, kita perlu latihan untuk bisa terbang di kemudian hari. Maka dari itu, bagi pemulaa dibutuhkan sebuah drone yang bisa digunakan untuk latihan.



       Dengan RC Quadcopter CX 021 ini, membuat anda tidak usah bingung lagi untuk mencari sebuah drone yang cocok untuk dijadikan drone latihan. Dengan drone ini anda bisa melakukan latihan terbang dengan fitur yang cukup. Sehingga dengan RC Quadcopter CX 021 ini juga anda bisa belajar bagaimana sebuah drone bisa terbang, lalu bisa mengetahui bagaimana sifat drone ketika berada diudara. Anda bisa latihan dari fungsi dasar dulu seperti naik turun, belok kanan dan kiri serta maju dan mundur. Dengan belajar movement seperti ini anda akan terbiasa dengan pergerakan drone, sehingga akhirnya anda bisa memprediksi respon dari drone terhadap remote itu se sensitif apa.



       Dari segi bentuknya, RC Quadcopter CX 021 memiliki body yang simple dengan frame membentuk huruf X, dengan 4 buah propeller di setiap sisinya yang sanggup membuat drone ini terbang, serta di drone ini framenya sudah dibalut dengan body yang lucu sehingga bagian dalam drone bisa terlindungi dengan baik. Ukuran dari RC Quadcopter CX 021 ini juga tidak terlalu besar, jadi anda bisa berlatih terbang dimanapun karena drone tidak memakkan tempat banyak. Selain itu ada aksesoris seperti propeller protector dan juga LED yang bisa anda nyalakan secara manual melalui Remote Control. Lalu di bagian remotenya juga sudah memiliki tombol untuk fungsi - fungsi dasar terbang jadi anda bisa belajar menggunakan tombol - tombol pada remote ini.


       RC Quadcopter CX 021 sudah menggunakan komuniakasi dengan frequensi tinggi 2.4GHz supaya memiliki kualitas koneksi yang bagus. Ini sebuah nilai lebih, dimana biasanya drone untuk latihan masih memakai jalur komunikasi infrared yang mudah sekali putus koneksinya, RC Quadcopter CX 021 memberikan jalur komunikasi frekuensi tinggi supaya kita bisa menerbangkan drone dengan nyaman, karena sudah menggunakan jalur koneksi gelombang frekuensi tinggi. Berbeda jika menggunakan infrared yang sangat rawan lost connection karena tertutup sesuatu dibagian receiver maupun transmitternya. Maka dari itu, koneksi infrared untuk drone mulai kali ini sudah mulai ditinggalkan.



       Drone ini memakai baterai untuk sumber tenaganya, RC Quadcopter CX 021 dibekli dengan baterai sebesar 300mAh berjenis Li-Po untuk tenaga ketika terbang. Nah, dengan baterai berkapasitas 300mAh, RC Quadcopter CX 021 dapat terbang kira - kira selama lebih dari 6 menit. Lalu untuk chargingnya, kira kira selama 30 menit. Ini juga dikarenakan ukuran drone nya yang tidak terlalu besar sehingga jika diberi baterai lebih besar, nanti malah tidak muat dimasukkan kedalam bodynya.
Lalu untuk jarak jangkauan antara drone dengan remote control bisa hingga 40 meter jauhnya. Ini juga memiliki maksud, bahwa ketika latihan jangan terlalu jauh dari drone, agar anda bisa mengetahui karakter drone itu sendiri.




       Ketika terbang, anda bisa menyalakan lampu LED yang terpasang di badan drone. Apalagi ketika malam hari. Jika di malam hari, anda menerbangkan RC Quadcopter CX 021 dengan LED yang menyala keren, bukan tidak mungkin anda akan menarik banyak perhatian orang - orang, anda bisa menerbangkannya di manapun karena ukuran dronenya juga tidak terlalu besar, menerbangkannya di antara keramaian juga bukan hal mustahil selagi itu masih ada pada jarak jangkauan si drone. Orang - orang akan kagum dan bisa sampai mengira kalau drone anda itu adalah sebuah ufo. hahaha




       Di setiap propellernya juga sudah terpasang Protector, yang memiliki fungsi melindungi propeller dari kontak langsung dengan benda keras. Misalkan ketika menabrak tembok, atau menabrak pohon. Propeller tidak akan langsung mengenai halangan karena halangan itu malah menabrak protektornya. Keuntungannya adalah propeller tidak rusak. Kedua adalah motornya juga tidak aus. Karena jika sampai aus, bisa - bisa tidak bisa terbang lagi karena tidak seimbang. Berbeda kalau propellernya yang rusak, karena harga propeller jauh lebih murah daripada motor. Jadi dengan adanya propeller protector di RC Quadcopter CX 021 memiliki peran yang sangat menguntungkan bagi anda.



      RC Quadcopter CX 021 ini memang disarankan untuk anda yang baru belajar menerbangkan drone. Karena selain desainnya simpel, remote controlnya juga sudah memenui dasar - dasar pengendalian drone, dari segi harga RC Quadcopter CX 021 juga termasuk murah. Dengan harga sekitar 450 ribu rupiah saja anda sudah bisa membawa pulang drone ini dan langsung latihan dirumah. Maka tunggu apa lagi, mari belajar menerbangkan drone.