Spesifikasi Drone Shengkai D97 - FPV Ready

Kali ini kita akan membahas sebuah drone yang mungkin bisa dibilang pendatang baru, karena drone dengan merk yang satu ini mungkin juga agak jarang ditemui baik dikalangan koleksi para pilot atau di toko RC. Tapi walau begitu, drone ini bisa dibilang kloningan dari drone Syma juga apabila kita berpresepsi dan melihat Syma lebih ungul dari drone yang satu ini. Dia juga memiliki kamera sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengambil gambar ketika diudara. Bagaimana kemampuan sebenarnya dari drone ini? Kita akan coba kupas hari ini bagaimana kemampuan sebenarnya dari drone ini bila berdasarkan dari spesifikasi yang ada dari drone ini.

Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones


Dan bila dilihat dari bentuknya bila anda hafal dengan semua bentuk drone buatan Syma, maka anda pasti langsung berfikir kalau drone ini adalah kloningan dari Syma X5C. tapi sebenarnya drone ini memiliki merk dan tipe sendiri. Drone ini memiliki nama Shengkai D97.  Drone ini adalah salah satu drone buatan Shengkai. Dia memiliki ukuran sekitar 32 x 32 cm, Shengkai D97 memiliki kaki yang juga berfungsi untuk menjaga kamera agar tetap aman dari benturan apabila anda mendaratkan drone secara keras. Shengkai D97 juga dilengkapi dengan propeller protector yang akan lebih baik bila selalu anda pasang pada drone, untuk tindakan preventive atau untuk berjaga – jaga apabila nanti ada kemungkinan menabrak sesuatu seperti tiang, pohon, dinding dan sebagainya.



Drone ini juga tentu masuk kedalam jenis Quad-Copter karena dia menggunakan empat buah propeller untuk bisa terbang. Shengkai D97 ini pun juga memiliki beberapa fitur yang tentunya bisa memberikan anda keuntungan ketika menggunakan drone ini seperti:

- Overcharging protection and memory function keeps the quadcopter safe and easier to play.
- 2.4GHz transmitter power ensures the strong anti-jamming capability.
- About 100 meters control distance improve the flight performance.
- 6 axis gyro fly system with the more sensitive of gyro’s regulating, more stable and flexible flight.
- With attractive headless mode, completely solving pilot “loss of orientation” problems.
- With controllable light, give you more chance for playing all those functions.

Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones


Bisa dilihat dari deretan fitur diatas, Shengkai D97 sudah memiliki overcharging control, sehingga akan sangat berguna bila anda sering lupa mencabut kabel ketika anda sedang charging unit drone. Dia juga memiliki fitur headless mode, yang apabila anda aktifkan fungsi ini, anda tidak perlu memperhatikan arah depan drone, karena arah depan anda nanti sudah otomatis menjadi arah depan drone. Tapi apabila belum lancar menerbangkan drone, lebih baik jangan langsung coba fitur headless mode nya, karena akan lebih baik bila anda belajar terbang secara normal tanpa fungsi headless atau pengaturan kecepatan dulu. Namun ketika terbang anda bisa mengaktifkan beberapa fungsi asik seperti rolling 360 derajat.



Drone ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 600 mAh dengan jenis baterai li-po bertegangan 3.7 volt. Dengan baterai yang ukurannya sebesar ini, anda bisa menerbangkan drone Shengkai D97 hingga dalam waktu kira – kira 7 menit. Dan ketika baterainya menunjukkan bahwa sudah lemah, lebih baik jangan langsung di charge, namun lebih baik didiamkan dulu sekitar 15 menit supaya baterainya normal dulu, baru bisa di charge dengan aman. Untuk chargingnya, karena dia memiliki tegangan 3.7 volt, maka anda bisa merechargenya dengan mengubungkan ke USB Port pada komputer atau laptop, namun anda juga bisa menggunakan charger USB yang biasa digunakan untuk charging smartphone. Untuk waktu rechargingnya kira – kira selama 40 menitan.


Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones


Di unit kendalinya, sebenarnya dari segi desain sudah bagus, sudah terlihat elegan. Semua tombol ditempatkan pada tempat yang pas, mulai dari throttle, direction, trim, capture, record, dan lain – lain sudah ada di dalam satu remote. Bahkan anda juga akan mendapatkan phone holder yang sebenarnya lebih umum dipakai untuk tongsis. Berbeda dengan kebanyakan holder bawaan yang memiliki desain tersendiri. Perlu di ingat, di remote drone Shengkai D97 ini tidak ada LCD monochrome seperti remote Syma, melainkan space untuk LCD malah ditempeli stiker yang mungkin digunakan untuk gaya – gaya semata. Untuk jangkauannya, Shengkai D97 ini bisa anda kendalikan maksimal hingga radius 100 meter.


Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones


Shengkai D97 juga memiliki kamera bawaan, berbeda dengan Syma X5C yang hanya diberi kamera bawaan dengan fungsi capture dan record saja. Shengkai D97 ini selain diberi kamera yang bisa anda gunakan untuk mengambil gambar dan video, anda juga bisa melakukan fungsi FPV dengan kamera ini. Sehingga anda bisa melihat apa yang drone anda lihat secara langsung melalui smartphone anda yang sebelumnya sudah di install aplikasi fpv milik Shengkai. Untuk resolusi kameranya Shengkai D97 ini memiliki kamera dengan resolusi sebesar 2MP.



Untuk spesifikasi detail dari Shengkai D97, anda bisa melihatnya dibawah ini:
Functions With light, Camera, Forward/backward, 3D rollover, Turn left/right,
Sideward flight, Up/down, Hover
Age Above 14 years old
Built-in Gyro Yes
Night Flight Yes
Material Plastic, Electronic components, ABS/PS
Remote Control 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel 4-Channels
Mode Mode 2 (Left Hand Throttle)
Control Distance About 100m
Transmitter Power 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power Built-in rechargeable battery
Charging Time Approx. 40mins
Flying Time 7mins


Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones


Dan apabila anda membeli drone ini, maka dalam tiap pembelian Shengkai D97 umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Quadcopter with Camera
1 x 3.7V 600mA Li-Po Build-In Battery
4 x Propeller
1 x USB Cable
4 x Screw
4 x Propeller Protector
2 x Landing Gear
1 x Screwdriver
1 x Phone Holder
1 x Transmitter
1 x Transmitter Lanyard
1 x English Manual



Untuk sebuah drone yang bisa dibilang ukurannya masih tergolong Toys, namun Shengkai D97 ini juga patut dipilih apabila anda ingin menerbangkan drone yang sudah bisa FPV. Dan apabila anda khawatir dengan sparepartnya, mungkin sparepart untuk Syma X5 pun bisa digunakan untuk drone Shengkai D97 ini.

Spesifikasi Drone Shengkai D97 - OmahDrones



Dan yang terakhir pasti kami akan memberikan informasi mengenai harga dari drone ini. Apabila anda memang tertarik untuk memiliki drone Shengkai D97 ini, anda bisa mendapatkannya dengan harga kisaran sebesar Rp. 1.500.000,- tentu harga tersebut masih kisaran, yang artinya bisa berubah sewaktu – waktu karena pasti mengikuti kurs nilai tukar dan juga tergantung dari si penjual ingin mengambil untung seberapa besar.