Spesifikasi Drone Eachine H8 dan JJRC H8

Eachine mungkin masih belum se popular Syma, namun buktinya hingga sekarang keberadaannya masih ada dan diakui oleh para pilot drone di seluruh dunia. Drone – drone buatan eachine juga sebenarnya banyak jenisnya. Mulai dari drone jenis toys untuk latihan atau sekedar bermain – main, hingga drone jenis racing seperti Eachine Racer 250 juga ada. Dan kali ini ada satu seri lagi drone buatan eachine yang cocok untuk anda yang hendak latihan menerbangkan drone. Drone eachine kali ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada drone eachine e010. Nah bagaimana kemampuan dan spesifikasi dari drone yang satu ini akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones


Kali ini kita akan membahas drone buatan Eachine yang memiliki nama pasar Eachine H8. Drone ini mungkin juga bisa dikenal dengan JJRC H8, karena apabila anda cari di toko – toko atau anda melihat fisik dari drone ini bentuknya memang sama. Hanya berbeda di kardus dan merk yang merilisnya. Mungkin JJRC dengan Eachine sebenarnya masih satu perusahaan atau satu pabrikan, karena admin pun juga belum cari tau lebih lanjut ketika artikel ini ditulis. Jadi jangan kaget apabila anda mau membeli Eachine H8 di toko – toko online namun yang dikirim malah JJRC H8, karena sebenarnya kedua drone ini memang sama baik dari bentuk dan juga spesifikasinya.



Untuk spesifikasinya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
Item name: Eachine H8 Mini RC Quadcopter
Frequency: 2.4G
Gyro: 6 axis
Product size: 11*11*2.8cm
Package size: 14.5*7.8*13.5cm
Quadcopter weight: about 20g
Product battery: 3.7V 150MAH
Remote battery: 3 x AAA dry battery
Charging time: 45mins
Flying time: 5-7mins
R/C distance: about 30m
Flying distance: about 30m

Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones


Eachine H8 atau JJRC H8 ini memiliki bentuk yang simpel, dengan lengan yang agak panjang. Eachine H8 atau JJRC H8 juga masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter karena menggunakan empat buah lengan yang masing  - masing membawa sebuah motor dan propeller untuk bisa terbang. Eachine H8 atau JJRC H8 ini juga memiliki propeller protector yang bila dilihat seperti sangat lemah karena hanya kecil bentuknya. Tapi protector ini terbuat dari plastic yang lentur sehingga ketika berbenturan dengan dinding pun protector ini bisa melakukan tugasnya dengan baik. Dan untuk warna pilihannya anda bisa memilih 2 warna pilihan yang tersedia. Dan drone ini juga memiliki beberapa fitur yang terbilang cukup banyak untuk ukuran mini drone, fiturnya bisa anda lihat dibawah ini:


Features:
-          With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
-          One press automatic return .
-          4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360 Degree
-          It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control
-          It can realize 3D tumbling in four directions with 4 LED lights.
-          Lightweight airframe with nice durability



Sebagai sumber tenaga utamanya, Eachine H8 atau JJRC H8 ini juga menggunakan baterai yang kapasitasnya sebesar 150 mAh, dan bertegangan 3.7 Volt. Ukuran baterai yang bisa dibilang normal untuk mini drone. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Eachine H8 atau JJRC H8 ini dalam waktu antara 5 – 7 menit. Untuk proses rechargingnya, karena dia memiliki baterai 3.7 volt, anda jadi bisa melakukan proses recharging menggunakan kabel USB bawaan yang anda hubungkan USB port pada komputer atau laptop. Untuk lama waktu pengisian ulang baterainya, kira – kira anda membutuhkan waktu selama 45 menit, atau bisa ditandai dengan lampu pada kabel USB sudah mati.

 
Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones
Eachine/JJRC H8 Transmitter

Di bagian unit kendalinya, pasti bila melihat unit kendali diatas anda sudah sangat familiar, terutama bagi anda yang sudah memiliki mini drone jenis Cheerson Cx-10 series, atau Eachine e010, atau mini drone lainnya. Dalam unit kendali yang juga mini ini, anda bukan hanya bisa menerbangkan Eachine H8 atau JJRC H8 saja namun juga bisa melakukan beberapa setting, dan juga mengaktifkan beberapa fungsi bawaan dari drone ini. Dan untuk jarak jangkauannya juga sama, Eachine H8 atau JJRC H8 juga memiliki jarak jangkauan maksimal 30 meter. Karena mini drone memang tidak dirancang untuk terbang jauh – jauh. Untuk sumber tenaga dari remote atau transmitter ini, anda cukup menggunakan dua buah baterai tipe AAA yang mudah anda dapatkan di toko terdekat.

Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones
Eachine H8 Version



Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones
JJRC H8 Version



Untuk kelengkapan ketika pembelian, umumnya tiap satu pembelian anda akan mendapatkan kelengkapan sebagai berikut:
1 x H8 Mini RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x USB cable
1 x Screwdriver
1 x Manual



Kesimpulan dari Eachine H8 atau JJRC H8 si mini drone ini juga mungkin tidak jauh berbeda dari ulasan mini drone lainnya, yakni drone ini cocok sekali digunakan untuk anda yang hendak belajar terbang. Anda tidak perlu membeli drone yang besar dulu, karena anda bisa belajar terbang menggunakan mini drone. Malah bila menggunakan mini drone, anda juga bisa latihan terbang didalam rumah alias indoor. Anda bisa memainkan Eachine H8 atau JJRC H8 ini baik dimanapun kapanpun dan siapapun juga bisa menerbangkannya.


Spesifikasi Eachine JJRC H8 - OmahDrones



Dengan drone yang kecil – kecil namun berpotensi besar untuk latihan ini, anda jadi bisa membeli drone dengan spesifikasi lebih tinggi nantinya apabila anda memang tertarik untuk menjadi seorang pilot drone. Untuk harganya, apabila anda hendak membeli drone ini, anda bisa mendapatkannya dengan harga kisaran sebesar Rp. 250.000  . dengan begitu tentu drone ini termasuk kedalam jenis drone dibawah satu juta. Harga tertera tetap masih kisaran yang artinya di toko harganya bisa diatas atau bahkan dibawah harga tertera.