Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro

 Dari sekian banyak brand mainan drone yang populer, salah satunya adalah MJX, mulai dari drone mainan kelas dasar yang sekedar bisa terbang, hingga seri semi professional dengan spesifikasi yang gahar pun mereka punya. Meski tidak bisa dipungkiri beberapa seri mereka juga masih hanya sekedar rebranding, yang bisa ditandai dengan aplikasi yang digunakan tidak ada embel – embel MJX secara jelas. Meski begitu, disini kita bisa lihat hasil akhirnya, yaitu apakah spesifikasinya benar – benar menggiurkan, dan fungsi – fungsinya apakah bisa bekerja secara baik, karena ada beberapa drone yang penuh fitur tetapi ketika dicoba di lapangan, banyak fitur yang dijanjikan tidak bisa bekerja seperti seharusnya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Dan di kesempatan kali ini, admin Omahdrones akan coba bahas salah satu seri Bugs nya MJX yaitu MJX Bugs 18 Pro, atau bisa juga di panggil MJX B18 Pro. Drone ini tentu sudah menggunakan motor brushless, lalu desainnya masih mengusung drone foldable arm, sehingga untuk dibawa – bawa drone ini jadi lebih mudah, belum lagi di tiap pembelian kita juga akan mendapatkan sebuah carrying case, jadi tidak perlu cari tas lagi untuk membawa drone MJX Bugs 18 Pro ini. Di sisi navigasi, MJX Bugs 18 Pro sudah dilengkapi dengan GPS dan dibantu juga dengan optical Flow sensor yang terletak dibawah drone. Jadi untuk indoor atau terbang rendah tanpa GPS, harusnya MJX Bugs 18 Pro masih tetap stabil kalau optical flow sensornya bekerja dengan baik.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Deretan fitur yang disuguhkan pun tidak sedikit, ada banyak fitur yang ditawarkan oleh MJX Bugs 18 Pro seperti yang bisa anda simak dibawah ini:

- Max transmission range of 3KM.

- 3-Axis gimbal, electronic image stabilization.

- Video recording mode: 4K 3840 x 2160

- APP additional features: Follow, Surround, TapFly, Point of interest, electronic fence.

- Multiple sensors to ensure stable positioning in various environments: stable indoor and outdoor hovering, not affected by the environment (outdoor GPS positioning, high air pressure calculation; indoor light flow positioning);

- Smart battery-power display, directly charge through the Type C interface.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Untuk spesifikasi teknis lebih lengkap bisa anda lihat pada tabel dibawah ini:

Item Name Specification
Drone

Brand: MJX

Model: B18 PRO

Color: Black

Wheelbase: 265mm

Size: 355*305*70mm(Expanding), 165*90*70(Folded)

Drone Weight: About 400g (with battery)

Motor: 1506 2200KV Brushless

ESC: 8A

Frequency: 2.4G

EIRP: 20dbm

Max Flying Time: 25mins

Max Control Distance: 3000m

Max Flying Altitude: 120m

Max Ascension Speed: 3m/s

Max Descent Speed: 2m/s

Max Flying Speed: 40km/h

Hover Accuracy (Indoor): Vertical ± 0.3m, Horizonta ± 0.3m

Hover Accuracy (Outdoor): Vertical ± 0.5m, Horizonta ± 1.5m

Built-in Positioning Sensor: GPS/Optical Flow/Barometer

Wind Resistance: <Level 4

Camera & Gimbal

Item Name: 4K EIS 5G WiFi Camera

APP: X-Drone

EIS: Support

Photo Resolution: 3840x2160

Video Resolution: 3840x2160

Local Video Frame Rate: 3840x2160@30fps, 1920x1080@60fps

Max FPV Frame Rate: 720P@30fps

Image Transmission Frequency: 5G WIFI (802.11.ac)

Image Transmission Distance: 3000m

Lens Angle: 120°

Aperture: f/2.0

Focal Length: 2.96mm

Sensor: 1/3inch CMOS

ISO: 100-3200 (Automatic)

Shutter Speed: 1/30s-1/10000s

File System: FAT32

Expanded Memory: Max support 128GB

Recommended Memory Cards: Above C10 Micro SD

Gimbal Type: 3-Axis

Pitch Range: 0°to -75° (Remote Control Manual Adjustment)

Rolling Range: 30°to -30° (Automatic)

Battery

Capacity: 7.7V 2950mAh

Type: Li-po

Weight: 113g

Working Temperature: 5℃-40℃

Charging Time: About 270mins

Charging Input: above 2A or 5V/2A, ≤10W

Remote Controller

Frequency: 2.4G

Max Remote Distance: About 3000m

Built-in Battery: Li-po/3.7v 2000mAh

Charging Type: Type-C

Working Time: 2.5h

Charging Time: 1.5h

Charging Input: 5V/1.8A


Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Drone ini dibekali dengan baterai yang lumayan besar, yakni kapasitasnya sebesar 2950mAh dan bertegangan 7.7Volt. Dalam tabel spesifikasi tertulis dengan baterai ini anda akan mendapatkan waktu terbang selama 25 menit, walau kita harus ketahui lama terbang juga akan dipengaruhi oleh cara terbang anda, dan juga kondisi di tempat anda terbang, misalkan banyak angin atau tidak. Baterai ini juga desainnya simple serta untuk melakukan pengisian ulangnya, di badan baterai sudah tersedia port charging, dan disini anda hanya butuh kepala charger USB yang memiliki arus setidaknya 3 ampere kalau tegangannya flat di 5Volt.selain itu anda juga bisa pakai USB Charger universal minimal 18Watt untuk melakukan pengisian ulang secara optimal.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Lanjut di bagian remotenya, Mjx Bugs 18 memiliki bentuk remote yang lagi – lagi mirip dengan remote DJI Mavic generasi pertama. Hanya saja di bagian phone holdernya memiliki model lepas pasang, dan memiliki foldable grip yang difungsikan supaya kita bisa lebih nyaman ketika memegang remote. Untuk jangakauannya sendiri, dengan remote ini tertulis anda bisa menerbangkan MJX Bugs 18 Pro dalam radius 3KM. Tentu dalam praktiknya juga tidak akan bisa full sampai 3KM karena jangkauan terbang juga dipengaruhi oleh interferensi sinyal di tempat anda menerbangkan drone.


Antenna pada remote ini merupakan antenna asli jadi untuk jangkauan terbangnya bisa dibuktikan beserta jangkauan FPV nya. Selain itu, untuk sumber tenaganya MJX Bugs 18 Pro juga sudah menggunakan baterai internal rechargeable, jadi ketika baterai sudah habis, anda bisa dengan mudah mengisi ulang dengan kabel data bawaan yang anda hubungkan ke kepala Charger tentunya.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Untuk kameranya, MJX Bugs 18 Pro sudah memiliki kamera yang cukup bagus di kelasnya. Bukan sekedar kamera yang ditambahkan untuk pelengkap fitur drone, tapi benar – benar kamera yang bisa anda manfaatkan. Kamera ini juga sudah didukung 3 axis gimbal stabilizer dan masih ditambah dengan EIS juga, jadi disini harusnya anda sudah mendapatkan video yang halus tanpa goyang – goyang lagi. Tak sampai disitu saja, tentunya disini sudah ada slot microSD nya juga. Jadi semua gambar dan video yang anda ambil bisa langsung tersimpan di microSD dan akhirnya anda bisa mendapatkan media asli yang tentunya lebih tajam dan stabil framerate nya daripada media dari file cache pada smartphone anda.


Kamera ini juga sudah bisa mengambil video di resolusi 4K 30FPS, atau bisa juga di FHD 60fps. Jadi bisa sesuaikan dengan kebutuhan saja, karena kalau anda ingin mengambil video 4K, anda juga harus menggunakan microSD yang tepat supaya file video 4K nya bisa tersimpan dengan baik. Untuk itu omahdrones sudah menyiapkan postingan tentang cara memilih microSD untuk drone yang baik dan benar.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Koneksi Wifi-FPV nya juga menggunakan wifi 5G atau 802.11ac, yang nanti prosedurnya dari smartphone terhubung dengan remote, lalu dari remote akan terhubung ke drone. Jadi remote akan memancarkan dua buah transmisi sekaligus, satu transmisi sinyal untuk drone dan satu lagi transmisi sinyal untuk kamera. Itulah mengapa MJX Bugs 18 Pro berani klaim kalau FPV nya juga bisa sampai 3KM

Spesifikasi Drone MJX Bugs 18 Pro - OmahDrones


Dalam setiap pembelian MJX Bugs 18 Pro, umumnya anda akan mendapatkan item berupa

1 x B18 PRO Quadcopter (with camera)

1 x Remote Cotroller

4 x Spare Propeller

1 x Lipo Battery

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x Manual


Untuk mendapatkan Drone MJX Bugs 18 Pro ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone MJX Bugs 18 Pro

Link mati? bisa Lapor Disini



Kesimpulan untuk MJX Bugs 18 Pro menurut admin omahdrones, yaitu meski ini drone bukan murni dari MJX, bisa dilihat dari aplikasinya, yang seperti kita tau di seri MJX lain pasti memiliki nama aplikasi MJX juga, tapi kali ini karena dia seperti rebrand dari sebuah produk yang memiliki spesifikasi lumayan bagus dikelasnya. Menurut admin omahdrones, MJX Bugs 18 Pro masih layak untuk dimiliki. Terlebih kalau anda memiliki dana lebih, bisa sekalian beli yang 3 baterai sekaligus karena biasanya juga seller menawari paket dengan 1 2 atau 3 baterai.