Spesifikasi Drone ROX X3 - GPS Brushless

 Kalau beberapa waktu yang lalu admin omahdrones pernah membahas tentang drone ROX X9 yang dari spesifikasinya membuat drone tersebut jadi incaran para pembeli, ternyata drone dengan brandingan ROX seri lain juga tersedia di pasaran indonesia. Meski terkesan brand yang “dadakan” karena belum se independen seperti MJX, Syma, dan teman – temannya, namun berkat adanya ROX X9 yang ketika masih tersedia lalu jadi incaran, bisa jadi di pikiran calon pembeli, brand yang satu ini dianggap brand yang “ternama” atau “terkenal” atau bisa juga “dikenali” setidaknya.


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Dan pada kesempatan kali ini, omahdrones mau membahas salah satu drone yang dibawa oleh ROX lagi, tapi spesifikasinya lebih rendah daripada ROX X9, bisa dibilang ini adalah adiknya, dengan nama pasarnya ROX X3. Perlu di ketahui jenis drone rebrand seperti ini masih banyak dijumpai, sebuah drone lalu di pasarkan oleh berbagai brand misal SJRC, ROX, JJRC dan lain – lain, dan kebetulan kalau di indonesia dia datang dengan brand ROX.


Drone ini masih mengusung bentuk ala DJI Mavic, dan beserta lengan yang bisa dilipat alias foldable arm. Untuk mesinnya juga sudah menggunakan motor brushless yang dari segi ketahanannya tentu lebih baik daripada motor brushed. Di bagian sistem navigasi juga termasuk lengkap untuk drone entry level yang bukan sekedar bisa terbang aja. ROX X3 dilengkapi dengan GPS dan juga optical flow, meski untuk peforma optical flow nya tidak terlalu bagus, setidaknya bisa untuk mempertahankan posisi drone ketika tidak ada sinyal GPS. Tips untuk bisa stabil dengan sensor optical flow adalah dengan cara tidak terbang terlalu tinggi, sehingga kamera optical flow bisa lebih jelas melihat citra bawah drone dan mempermudah algoritma untuk mempertahankan posisinya.


Untuk spesifikasi teknis dari drone ROX X3 bisa anda simak dibawah ini:

Drone X3

Product color: Black

Battery charging time: 200 minutes

Folded size: 13*8*7.5CM

Open size: 23.5*25*7.5CM

Product Weight: 207G

Laser obstacle avoidance: Supports

Obstacle Avoidance Detection Direction: front, back, left, right, up

Obstacle avoidance detection range: 15-20 meters

Flight time: 21-22 minutes

GPS intelligent position return: Support

Optical flow fixed point: Supports

Image transmission reception method: 5G WiFi image transmission

Remote control distance: 1000-1200 meters

Image return distance: 400-600 meters

Brushless motor: Yes

Remote control battery capacity: 3.7V/400mAh

Remote control battery working time: 3 hours

Remote control battery charging time: 30 minutes

UAV intelligent lithium battery capacity: 7.6V/3000mAh or 7.6V/2200mAh

Obstacle avoidance device weight: 16g

Battery weight: 54G

APP and system name : Rx Drone

Camera: HD 4K

Photo: 3840*1920

Videos: 1920*1080

GPS Follow Me: Supports


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Baterai ROX X3 ini memiliki 2 varian, yang biasanya sebagai pembeda antara ROX X3 Pro dan ROX X3 MAX. Varian satu memiliki kapasitas sebesar 2200mAh dan varian kedua memiliki kapasitas sebesar 3000mAh, dengan baterai ini rata – rata anda bisa terbang antara 20 – 25 menit, tergantung kondisi angin dimana anda terbang dan juga tentu saja cara terbang anda. Untuk proses pengisian ulang baterai ini sudah mudah, karena di tiap baterai sudah tersedia port microUSB. Jadi anda bisa menggunakan phone charger atau kepala charger dengan kabel microUSB pilihan anda, dan bisa juga dengan kabel bawaan dari paket pembelian. Setidaknya gunakan charger 18W untuk melakukan pengisian ulang agar bisa charging secara optimal dan waktunya jadi tidak terlalu lama.


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Untuk remote controlnya termasuk lucu dan simple, kali ini tidak meniru controller dari DJI mavic lagi, dan lagi ditambah balutan ala kulit di bagian permukaannya. Penempatan tombol juga dibuat sejajar sehingga terlihat rapi dari sisi depan. Beserta LED Monochrome dengan backlight yang bisa menampilkan kondisi drone secara realtime. Tak cuma itu satu antenna nya juga merupakan antenna asli, jadi untuk jarak jangkauannya harusnya bisa lebih baik daripada drone sejenis yang masih menggunakan antenna internal. Kalau merujuk pada tabel spesifikasi, disitu tertulis bahwa anda bisa menerbangkan ROX X3 dalam radius hingga 1.2KM, tapi tentu jarak jangkauan akan mengecil ketika ada interferensi sinyal. Bagusnya lagi, remote ini juga sudah menggunakan baterai internal, jadi ketika baterai sudah habis, anda hanya perlu recharge melalui port microUSB juga.


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Lanjut ke bagian kamera, ini kalau admin omahdrones bilang adalah yang paling vital, karena hampir semua calon pembeli drone berharap kameranya “bagus”. Dan untuk ROX X3 ini kameranya masih ala kadarnya, meski tetap saja di iklannya selalu dituliskan kamera bisa 4K  6K dan seterusnya. Kenyataannya modul kameranya masih menggunakan sensor yang super dasar, yang penting kelihatan dan ngga terlalu buram. Ditambah pada iklannya ROX X3 tertulis image stabilization, tetapi mengingat kemampuannya juga alakadarnya, sehingga tidak terlalu kelihatan hasilnya. Jadi anggap saja kamera standar tanpa gimmick.


Kameranya memang bisa digerakkan tilt anglenya dari remote, ini yang bukan gimmick. Dan untuk FPV nya dia menggunakan Wi-Fi 5G alias Wifi 802.11ac, jadi sebelum membeli drone ini, ada baiknya untuk mengecek smartphone anda apakah sudah support Wi-Fi 5G atau belum, karena kalau belum, anda nanti tidak akan bisa menggunakan aplikasi Wi-Fi FPV nya. Dan juga karena di drone ROX X3 belum ada slot untuk MicroSD, jadi semua foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan pada memory smartphone anda. Jadi jangan terbang jauh – jauh agar mendapatkan video yang lancar, tanpa putus – putus karena koneksi Wi-Fi FPV yang tidak bagus.


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Untuk tiap pembelian ROX X3, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Drone

1 x Battery

1 x Remote Control

4 x Spare Propellers (1set)

1 x Screwdriver

1 x USB charging cable

1 x Manual Book

1 x Phone Adapter

1 x Bag


Untuk mendapatkan Drone ROX X3 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone ROX X3

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone ROX X3 - OmahDrones


Bisa dibilang ROX X3 ini salah satu drone nanggung, selain karena nasibnya yang mungkin bakal seperti Polltar JT1 yang cuma dijual sekali lalu barang habis tidak ada yang mau impor lagi, drone ini juga belum memiliki keunggulan yang bisa admin omahdrones sarankan kepada pembaca. Namun semua kembali ke anda, kalau memang sudah cocok sama drone ROX X3, semua keputusan ada di tangan anda.