Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12

 MJX sebagai brand drone yang sudah cukup lama berkecimpung dan bergelut di antara brand – brand pendatang memang masih terlihat berusaha memiliki tempat tersendiri di bangsa pasar mainan terbang yang satu ini. Meski beberapa serinya terlihat meniru drone professional, sebut saja meniru desain DJI yang menjadi patokan hampir semua drone kelas mainan. Tetapi terkadang MJX juga mengeluarkan drone dengan desain original, meski nanti kadang akhirnya juga ada juga dari brand lain yang memiliki bentuk dan spesifikasi mirip. Hanya bermain di branding dan aplikasi yang disesuaikan dengan nama brand nya saja sih kalau admin omahdrones perhatikan.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


Dan pada kesempatan kali ini, admin omahdrones akan coba mengulas sebuah drone dari MJX tapi kalau dilihat sekilas sih drone ini mirip dengan SJRC F11, ya admin bilang mirip karena admin sudah lebih dulu mengulas SJRC F11 di sini ya. Nah, baik dari bentuknya sih sekilas memang mirip, yang beda ada di bagian desain body nya walau hanya di beberapa bagian detail saja. Secara keseluruhan dia masih mirip mulai dari menggunakan sistem foldable arm, menggunakan motor brushless serta tentunya dilengkapi dengan GPS, bahkan juga terdapat optical flow sensor juga sehingga anda bisa terbang indoor tanpa GPS dan drone akan terbang stabil mempertahankan posisinya. Tak cuma itu, misalkan anda terbang di malam hari, di bagian bawah drone ini juga terdapat 2 buah LED putih yang bisa anda hidupkan, sehingga di beberapa kondisi fitur ini akan sangat berguna.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


Namanya adalah MJX B12 EIS, bisa juga disebut MJX Bugs 12 EIS, benar sekali ini masih termasuk ke dalam kelas Bugs di keluarga MJX. Drone ini pada dasarnya lebih memberi fitur portable nya dan juga durasi terbang yang lumayan lama. Belum lagi EIS yang dimiliki oleh drone ini bisa membuat video yang anda rekam bisa jadi halus layaknya menggunakan Gimbal Stabilizer. Untuk tabel spesifikasinya bisa anda simak dibawah ini:



 

 

Item Name Specification
MJX B12 

Brand: MJX

Item Name: B12 

Wheelbase: 330mm

Quadcopter Expand Size: 440*400*81mm

Quadcopter Folded Size: 174*105*81mm

 

Quadcopter Weight: 549g (Including Battery)

Max. Ascending Speed: 3m/s

Max. Descending Speed: 2m/s

Max. Flying Speed: 40km/h

Max. Flying Time: 22mins

Max. Limit Height: 120m

Wind resistance level: <4 level

Hovering Accuracy Range:

Vertical ±0.3m,Horizontal ±0.3m (Indoor routine environment, within 3 

meters height)

Vertical ±0.5m,Horizontal ±1.5m(Outdoor 3 meters above normal environment)

Motor: 2204 1500KV Brushless Motor

ESC: 4in 1 6A Brushless 

EIRP: 20dbm

Built-in Positioning Sensor: GPS/Optical Flow/Barometer

Remote Controller

Operating Frequency: 2.4G

Maximum Remote Control Distance: Above 600m

Transmitter Battery: 2*AA

Using Time: About 12h

4K HD Camera

Item Name: 4K 5G Wifi Camera

APP: M RC PRO

Effective Pixels: 4K 

Maximum Transmission Frame Rate: 720P@30FPS

Video Transmission System: 5G WiFi(802.11.ac)

Image Transmission Range: 450m

Lens Angle: 130°

Aperture: f/2.0

Focal Length: 2.8mm

Sensor: 1/3 inch  CMOS

Local Video Frame Rate: 3840x2160@30fps 1080P@60fps

File system: FAT32

Shutter speed: 1/30s-1/10000s

ISO range:100 - 3200 for Video/Photo

Camera Adjustable Angle: 0° to -90°

Max Photo Resolution: 3840*2160

Max Video Resolution: 3840*2160

Gimbal: Servo Gimbal

Supported SD Cards: Micro SD Card Class 10 And Above (Not included)

Max. Expansion: 128GB

Battery

Item Name: 7.6V 3400mAh Lipo Battery

Capacity: 3400mAh

Voltage: 7.6V 

Battery Weight: 170g

Operating temperature:5℃ to 40℃

Charging Time: About 5h (Single Battery)

Input: 5V/2A or Above 2A

Charging Type: Type-c Charging Cable

Weight & Dimensions

Product weight: 549g

Package Size: 32.5*21.3*10.8cm

Package Weight:1.6kg

Type of Packaging: Color box

 

Untuk baterainya nih, MJX B12 menggunakan baterai bertegagan 7.6V yang kapasitasnya sebesar 3400mAh. Dengan satu buah baterai saja, MJX berkata kalau anda bisa terbang selama 22 menit. Namun balik lagi, lama terbang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi dimana anda terbang, dan juga cara anda terbang tentunya. Untuk mengisi ulang baterai, disini terdapat port USB Type-C, dan karena ini baterai kapasitasnya besar, minimal anda harus gunakan USB Wall Charger, atau kepala charger dengan arus 2Ampere, ya kalau lebih mudah nyarinya sih yang 18W biasanya sudah support QuickCharging 3.0 juga kalau di pasaran. Tujuannya ya supaya proses recharge baterai bisa lebih cepat dan optimal. Dan kalau bisa, jangan charge baterai ketika kondisinya masih panas sesudah terbang. Diamkan dulu, sampai suhunya normal, baru bisa recharge seperti biasa.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


Lanjut di bagian controller nya atau remotenya. Disini bentuk desain remote masih ala – ala DJI Mavic. Di tengah remote bahkan juga ada LCD yang akan menunjukkan beberapa data telemetri seperti status GPS, kekuatan sinyal, sisa baterai dan beberapa informasi lainnya. Nah, untuk jarak jangkauannya, anda bisa menerbangkan MJX B12 sejauh 600 meter kalau mengacu pada tabel spesifikasi. Masih tidak terlalu wah meski antenna yang ada di remote ini yang satu merupakan antenna asli, sedangkan yang satu hanya sebuah hiasan. Untuk phone holdernya, tentu ada juga di bagian atas sejajar dengan antenna, tinggal tarik keluar saja untuk memunculkan phone holdernya. Untuk sumber tenaganya, sayangnya masih menggunakan 2 buah baterai AA, meski kalau tau caranya kita bisa modif jadi pakai baterai Li-Po yang bisa di recharge sih.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


Di bagian kameranya, dalam iklan MJX B12 tercatat sanggup untuk mengambil video dengan resolusi 4K. Dan disini memang benar – benar bisa langsung mengambil video di resolusi 4K tanpa harus ada bantuan dari AI untuk Sretch atau merenggangkan video dari resolusi aslinya menjadi 4K. Namun, sekali lagi mengingat harga drone yang “budget friendly”. Lagi – lagi drone ini hanya menggunakan sensor kamera yang seadanya. Jadi mungkin “yang penting bisa record 4K Native”. Ya hasilnya bisa dibilang lebih bagus daripada kamera bawaan drone yang masih kaleng – kaleng sih, belum lagi karena ada bantuan dari EIS yang bisa membuat hasil videonya halus meski tanpa gimbal. Apabila anda merekam di resolusi 4K anda mendapatkan framerate 30fps, namun jika anda memilik record 1080p anda bisa mendapatkan framerate 60fps.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


Untuk penyimpanannya, di bagian bawah badan drone ada sebuah slot microSD untuk menyimpan file foto dan video original yang anda ambil. Untuk bisa menyimpan resolusi 4K, baiknya anda menggunakan MicroSD yang sudah support video 4K yakni minimal V30 U3, kalau masih bingung mungkin anda bisa membaca tips Memiliih MicroSD untuk Drone yang sudah admin omahdrones buat sebelumnya.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones



untuk informasi harganya sih, MJX B12 ini dibandrol sebesar 2jutaan, ya mirip – mirip juga harganya dengan SJRC F11. Kalau mau lihat harga terkini atau beli drone ini bisa lewat link afiliasi yang sudah admin sediakan dibawah ini:


Untuk mendapatkan MJX Bugs 12 EIS ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli MJX Bugs 12 EIS

Link mati? bisa Lapor Disini



Spesifikasi Drone MJX Bugs 12 EIS B12 - OmahDrones


untuk sebuah drone semi professional, MJX B12 mungkin bisa menjadi salah satu alternatif ketika banyaknya gempuran drone semi professional yang masih memiliki banyak kekurangan. Karena kalau di MJX B12 ini dari lama terbangnya sudah bisa bikin puas, kameranya juga halus berkat EIS, bahkan ada gimmick yang bisa berguna di beberapa situasi yaitu di bagian lampu terang dibagian bawah drone.